Pengelolaan Konsentrat PT Freeport Bisa Gunakan Milik PT Amman

Oleh : Herry Barus | Kamis, 27 April 2017 - 13:44 WIB

Smelter Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg/Getty Images)
Smelter Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Anggota Komisi VII DPR RI Kurtubi mengusulkan PT Freeport Indonesia untuk mengolah konsentrat sebanyak 70 persen di fasilitas pemurnian "smelter" milik PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Ia mengatakan saat ini Freeport sudah melakukan pemurnian sebanyak 30 persen di Gresik, Jawa Timur, namun sebagian besar konsentrat harus diolah di smelter yang sedang dibangun oleh PT Amman.

"Saya tawarkan agar 70 persen yang tersisa dikirim ke Sumbawa, sebab sudah pasti eks Newmont (PT Amman) akan bangun smelter di Sumbawa. Agar terakomodasi yang 70 persen ini, desain smelter yang dibangun kapasitasnya bisa 'cover' dari Freeport," kata Kurtubi dalam diskusi bersama media di Jakarta, Rabu (26/4/2017)

Menurut dia, kemajuan Freeport membangun smelter di Gresik hampir mustahil karena kondisi lahan yang tidak memadai, bahkan saat ini baru mencapai 14 persen.

"Memaksa Freeport untuk bangun smelter di Gresik juga hampir mustahil. Mereka selalu cari alasan untuk tidak bangun, sampai kepada lokasi tanah yang berbeda, kalau di Sumbawa kan tanahnya luas sekali," kata dia.

Ia menjelaskan jika usulan tersebut disepakati, Freeport tidak melanggar sebagian dari kewajibannya, yakni membangun smelter seperti tertuang dalam UU No 4 Tahun 2009 tentang Mineral dan Batu bara.

Kurtubi berpendapat kegiatan tambang PT Freeport harus tetap berjalan, namun perusahaan tidak perlu memperjuangkan sistem Kontrak Karya (KK) karena tidak ada lagi payung hukum yang mengatur untuk perpanjang KK.

Dengan demikian, kontrak Freeport yang berakhir pada 2021 tidak bisa diperpanjang kecuali perusahaan mengubah sistem KK menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Saat ini, Freeport dan pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memiliki waktu 120 hari terhitung sejak 18 Februari 2017 untuk melakukan negosiasi, namun jika tidak tercapai solusi, Freeport akan mengambil jalan arbitrase

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pentas Seni dan Pameran Sastra Saraswati Sewana 2022 yang bertajuk "Nuwur Kukuwung Ranu" di Pura Segara Ulun Danu Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali (Foto: Kemenparekraf)

Senin, 16 Mei 2022 - 11:15 WIB

Bangkitkan Ekonomi, Pentas Seni Sastra Saraswati Sewana diharapkan Bisa digelar Tiap Tahun

Saat menghadiri Pentas Seni dan Pameran Sastra Saraswati Sewana 2022 yang bertajuk "Nuwur Kukuwung Ranu" di Pura Segara Ulun Danu Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali beberapa waktu lalu,…

Anthony Leong Pakar Digital

Senin, 16 Mei 2022 - 11:05 WIB

Ini Saran Pakar Agar Perang Digital di Pilpres 2024 Kondusif

Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 diprediksi masih akan diwarnai oleh perang buzzer atau pendengung. Fenomena perang buzzer sebelumnya terjadi pada Pilpres 2014 dan 2019.

Myanmar (iStock)

Senin, 16 Mei 2022 - 10:30 WIB

Myanmar Mulai Menerima Visa untuk Wisatawan Asing

Myanmar sekarang akan mengizinkan wisatawan untuk mengajukan visa, setelah menutup perbatasannya selama dua tahun. Dengan demikian, negara ini akan segera mengizinkan wisatawan untuk melakukan…

 Presiden Jokowi menghadiri KTT Khusus ASEAN-AS, di Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Washington DC, Jumat (13/05/2022). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Senin, 16 Mei 2022 - 10:10 WIB

Indonesia Kian Disegani Dunia! Menlu Retno Beberkan Isi KTT ASEAN-AS

Jakarta-Menteri Luar Negeri RI (Menlu RI) Retno Marsudi mengungkapkan Konferensi Tingkat Tinggi Khusus ASEAN-Amerika Serikat (AS) atau ASEAN-US Special Summit di Washington DC menghasilkan ASEAN-US…

IndiHome meraih tiga penghargaan prestisius di bidang customer service dalam ajang internasional, The Stevie Award 2022.

Senin, 16 Mei 2022 - 10:04 WIB

IndiHome Raih 3 Penghargaan The Stevie Award 2022

Pengalaman terbaik bagi pelanggan menjadi fokus utama TelkomGroup dalam menghadirkan berbagai produk dan layanannya.