Komitmen MIND ID Jalankan Bisnis Berkelanjutan Lewat ESG

Oleh : Nina Karlita | Senin, 26 Februari 2024 - 13:09 WIB

Strategi MIND ID Jalankan Bisnis Berkelanjutan Lewat ESG
Strategi MIND ID Jalankan Bisnis Berkelanjutan Lewat ESG

INDUSTRY.co.id - Jakarta - MIND ID (Mining Industry Indonesia) sebagai BUMN Holding Industri Pertambangan di Indonesia mendorong anggotanya untuk terus melaksanakan praktik pertambangan yang mengutamakan keberlanjutan dengan menerapkan prinsip-prinsip Environment, Social, and Governance (ESG). 

Di mana perusahaan berkomitmen membangun ekosistem pertambangan inovatif dan berkelanjutan.
 
Bersama dengan anggotanya, PT Aneka Tambang Tbk (Antam), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Timah Tbk., PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), dan PT Freeport Indonesia (PTFI), MIND ID bahu membahu menerapkan good mining practice sebagai bagian dari mewujudkan ESG.
 
“Berkelanjutan menjadi hal yang wajib bagi MIND ID. Strategi ESG kami kembangkan berdasarkan standar nasional dan mengadopsi standar industri pertambangan dan pengolahan global ICMM (International Council on Mining and Metals),” kata Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf.
 
Menurutnya, penerapan ESG yang dilakukan MIND ID ikut serta dalam memberikan nilai tambah bagi pemerintah dan masyarakat. MIND ID menetapkan target pengurangan emisi karbon 1,4 juta ton per tahun atau 15,8 persen dari proyeksi yang ditetapkan pemerintah terkait target nol emisi karbon pada 2030. 
 
Penerapan ESG erat kaitannya dengan transisi energi yang kini semakin keras disuarakan juga diimplementasikan pemerintah. MIND ID sendiri menargetkan penggunaan energi bersih pada 2030 hingga 40,2 juta Giga Joule (GJ) atau 20 persen dari realisasi 2021 yakni sebesar 33,5 juta GJ.

“Kami berharap energi bersih untuk operasional perusahaan terus mengalami pertumbuhan hingga 2030. Hal ini selaras dengan ESG dan target pemerintah untuk menggenjot transisi energi,” katanya. 

Selain itu, MIND ID juga menargetkan penggunaan energi bersih untuk operasional perusahaan menjadi 52,5 juta GJ pada 2060. Hal ini sangat penting guna menyokong ambisi pemerintah untuk mencapai nol emisi karbon pada 2060. 

“Digitalisasi peralatan tambang, elektrifikasi produk utama di industri pengolahan hasil tambang atau sektor hilirisasi, juga konversi bahan bakar berbasis fosil ke energi ramah lingkungan sedang dan terus ditingkatkan MIND ID ke depan,” ujarnya. 

Heri mengatakan penerapan ESG tidak hanya berkaitan dengan transisi energi semata, melainkan bagaimana bisa memanfaatkan sumber daya yang ada dengan cara etis agar lebih berkelanjutan untuk masa yang akan datang. “Ada aspek kemakmuran masyarakat di ESG, meski ini tidak mudah tapi MIND ID tetap berkomitmen mengubah tantangan jadi peluang,” ucap dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mobil listrik

Sabtu, 18 Mei 2024 - 17:57 WIB

Strategi Marketing Dalam Penjualan Kendaraan Listrik atau EV

Dunia transportasi tengah mengalami transformasi besar dengan kemunculan kendaraan listrik (EV) sebagai pemain utama. Hal ini menandakan pergeseran menuju era baru dalam mobilitas manusia, di…

Prescon HI Drone Dragrace 2 di PIK 2

Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:27 WIB

HOGERS Indonesia Gelar Balapan Motor Besar Harley Davidson

HOGERS Indonesia menggelar lomba balapan dan ketangkasan motor Harley terbesar di Indonesia. Event berskala Nasional buatan HOGERS Indonesia Drag Race of National Event 2 (HIDRONE2) ini dilaksanakan…

Implementasi IoT untuk pertanian

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:02 WIB

Jadi Mitra Kemkominfo, MSMB Implementasi Sistem Pintar Berbasis IoT untuk 7 Green House di Temanggung

PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), start up agritech dari Sleman, Yogyakarta, baru-baru ini menjadi mitra layanan implementasi teknologi berbasis IoT (Internet of Things) Kementerian…

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:37 WIB

Telkomsat dan Starlink Tandatangani Kerja Sama Layanan Segmen Enterprise di Indonesia

Telkomsat dan Starlink melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) untuk layanan segmen enterprise berbagai wilayah di Indonesia.

SUPER AIR JET Buka Rute Baru

Sabtu, 18 Mei 2024 - 13:39 WIB

Dukung IKN, SUPER AIR JET Buka Rute Baru!

SUPER AIR JET mulai 6 Juni 2024 perkenalkan penerbangan non-stop pertama dari Bandar Udara Dhoho, Kediri, Jawa Timur ke Bandar Udara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur,…