Komitmen MIND ID Jalankan Bisnis Berkelanjutan Lewat ESG

Oleh : Nina Karlita | Senin, 26 Februari 2024 - 13:09 WIB

Strategi MIND ID Jalankan Bisnis Berkelanjutan Lewat ESG
Strategi MIND ID Jalankan Bisnis Berkelanjutan Lewat ESG

INDUSTRY.co.id - Jakarta - MIND ID (Mining Industry Indonesia) sebagai BUMN Holding Industri Pertambangan di Indonesia mendorong anggotanya untuk terus melaksanakan praktik pertambangan yang mengutamakan keberlanjutan dengan menerapkan prinsip-prinsip Environment, Social, and Governance (ESG). 

Di mana perusahaan berkomitmen membangun ekosistem pertambangan inovatif dan berkelanjutan.
 
Bersama dengan anggotanya, PT Aneka Tambang Tbk (Antam), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Timah Tbk., PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), dan PT Freeport Indonesia (PTFI), MIND ID bahu membahu menerapkan good mining practice sebagai bagian dari mewujudkan ESG.
 
“Berkelanjutan menjadi hal yang wajib bagi MIND ID. Strategi ESG kami kembangkan berdasarkan standar nasional dan mengadopsi standar industri pertambangan dan pengolahan global ICMM (International Council on Mining and Metals),” kata Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf.
 
Menurutnya, penerapan ESG yang dilakukan MIND ID ikut serta dalam memberikan nilai tambah bagi pemerintah dan masyarakat. MIND ID menetapkan target pengurangan emisi karbon 1,4 juta ton per tahun atau 15,8 persen dari proyeksi yang ditetapkan pemerintah terkait target nol emisi karbon pada 2030. 
 
Penerapan ESG erat kaitannya dengan transisi energi yang kini semakin keras disuarakan juga diimplementasikan pemerintah. MIND ID sendiri menargetkan penggunaan energi bersih pada 2030 hingga 40,2 juta Giga Joule (GJ) atau 20 persen dari realisasi 2021 yakni sebesar 33,5 juta GJ.

“Kami berharap energi bersih untuk operasional perusahaan terus mengalami pertumbuhan hingga 2030. Hal ini selaras dengan ESG dan target pemerintah untuk menggenjot transisi energi,” katanya. 

Selain itu, MIND ID juga menargetkan penggunaan energi bersih untuk operasional perusahaan menjadi 52,5 juta GJ pada 2060. Hal ini sangat penting guna menyokong ambisi pemerintah untuk mencapai nol emisi karbon pada 2060. 

“Digitalisasi peralatan tambang, elektrifikasi produk utama di industri pengolahan hasil tambang atau sektor hilirisasi, juga konversi bahan bakar berbasis fosil ke energi ramah lingkungan sedang dan terus ditingkatkan MIND ID ke depan,” ujarnya. 

Heri mengatakan penerapan ESG tidak hanya berkaitan dengan transisi energi semata, melainkan bagaimana bisa memanfaatkan sumber daya yang ada dengan cara etis agar lebih berkelanjutan untuk masa yang akan datang. “Ada aspek kemakmuran masyarakat di ESG, meski ini tidak mudah tapi MIND ID tetap berkomitmen mengubah tantangan jadi peluang,” ucap dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Sabtu, 27 April 2024 - 17:20 WIB

Ini Harapan Pengusaha Kawasan Industri untuk Pemerintahan Prabowo - Gibran

Himpunan Kawasan Industri (HKI) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih.

Warung madura

Sabtu, 27 April 2024 - 14:15 WIB

KemenKopUKM Tak Pernah Larang Warung Madura Buka 24 Jam

Menanggapi pemberitaan yang beredar di tengah masyarakat terkait dengan jam operasional warung madura, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) tidak pernah melarang warung madura untuk beroperasi…

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…

HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 10:29 WIB

Ciptakan Ruang Rekreasi Kolaboratif, HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan kepuasan penghuni apartemennya, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo (HKR) menjalin kerjasama dengan PT All Play Indonesia (All…