Dari Istana Negara Hingga Kantor Presiden, MJEE Pasok Lift dan Eskalator di Sejumlah Gedung Utama IKN

Oleh : Hariyanto | Kamis, 02 Mei 2024 - 20:09 WIB

IKN Project Shipment and Conference
IKN Project Shipment and Conference

INDUSTRY.co.id - Karawang - PT Mitsubishi Jaya Elevator and Escalator (MJEE) telah memenangi tender yang dilaksanakan pemerintah untuk menyediakan lift dan eskalator untuk sejumlah gedung utama di Ibukota Nusantara (IKN). Jika sebelumnya pada 26 Februari 2024 principal MJEE yaitu Mitsubishi Electric Building Solutions Corporation (MEBS) di Tokyo mengumumkan bahwa MJEE telah berasil mendapatkan pesanan untuk 55 unit lift dan escalator bagi beberapa proyek penting di IKN, maka per Mei 2024 jumlahnya telah menjadi 90 unit.

“Kami mengucapkan terima kasih dan acara ini adalah bentuk apresiasi kami terhadap kepercayaan yang telah diberikan kepada kami, PT Mitsubishi Jaya Elevator and Escalator (MJEE), terutama pabrik kami di KIIC Karawang, untuk turut berperan serta dalam pembangunan IKN,” kata Presiden Direktur PT Mitsubishi Jaya Elevator & Escalator (MJEE) Christian Satrya dalam acara silaturahmi di pabrik MJEE di kawasan industri Karawang International Industry City (KIIC), Karawang, Kamis (2/5/2024).

Beberapa bangunan penting yang menggunakan produk MJEE yakni Istana Negara, Kantor Presiden, Bank Indonesia, Sekretariat Presiden, Sekretariat Negara juga Rusun ASN tahap 1. “Saat ini, sebagian besar proses fabrikasi unit-unit tersebut sudah selesai atau mencapai 70% dan pemasangan di proyek-proyek tersebut telah dimulai sejak Februari 2024,” jelas Satrya.

Satrya menjelaskan bahwa produk MJEE ber-TKDN hingga 40% dari keseluruhan system lift.  Dengan didukung penuh oleh pihak Mitsubishi Electric Building Solutions dan JAYA Group, MJEE akan terus meningkatkan kandungan lokal produk-produk lift Mitsubishi di Indonesia dan mendukung program P3DN pemerintah.

Pada tahun 2021 MJEE  telah mendapatkan sertifikasi TKDN untuk 4 tipe system lift dengan kandungan lokal 31.55% - 41.22%. “Saat ini kami dalam proses verifikasi untuk menambah sertifikasi TKDN dengan perluasan cakupan produk dan sekaligus meningkatkan capaian TKDN sebesar  40% atau lebih bagi semua sistem lift tersebut. Diperkirakan sertifikasi ini akan selesai di pertengahan tahun 2024,” jelasnya. 

Sertifikasi TKDN yang dicapai oleh pabrik MJEE di Karawang ini dinilai dan diverifikasi dari keseluruhan sistem lift. Hal ini berbeda dengan Sertifikasi TKDN yang dimiliki kebanyakan produk lift di pasar Indonesia yang memiliki Sertifikasi TKDN 40% atau lebih, namun hanya diperhitungkan dari sangkar (box) lift nya saja, yang mana porsinya sangat kecil dari keseluruhan sistem lift.

Dalam mengembangkan bisnisnya, MJEE tidak hanya mengandalkan Sertifikasi TKDN semata. Sebagai perwakilan dari Mitsubishi Electric Building Solutions di Indonesia, tentunya kualitas produk, ketepatan waktu dan pelayanan purna jual yang terbaik menjadi andalan guna mencapai tingkat kepuasan pelanggan yang tertinggi.

Hal ini terbukti dengan besarnya kepercayaan pasar kepada produk MJEE yang telah banyak digunakan untuk gedung-gedung perkantoran, apartemen, hotel & resort, pusat perbelanjaan, universitas, rumah sakit, fasilitas publik, Kedutaan Besar maupun kompleks perumahan.  Hingga saat ini akumulasi penjualan unit kami telah mencapai sekitar 10,000 unit dan sekitar 8,000 unit dalam perawatan oleh tim-tim servis kami yang tersebar di seluruh Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pegadaian Peduli Transformasi Sekolah di Bengkulu

Jumat, 17 Mei 2024 - 15:30 WIB

Dukung Kualitas Pendidikan Anak Indonesia, Pegadaian Peduli Transformasi Sekolah di Bengkulu

PT Pegadaian melaksanakan rangkaian program inisiatif Pegadaian Peduli Pendidikan melalui Transformasi Sekolah, berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu dan Badan Penjaminan…

Kolaborasi REI dan Rumah123

Jumat, 17 Mei 2024 - 15:17 WIB

Kolaborasi REI dan Rumah123, Akselerasi Pertumbuhan Developer Properti di Indonesia

Realestat Indonesia (REI) mempererat kolaborasinya dengan Rumah123. Kolaborasi ini didasarkan pada visi yang sejalan dalam memperkuat kualitas ekosistem industri sekaligus menghadirkan pengalaman…

Industrial Vocational Fair 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 14:58 WIB

Kemenperin Siapkan SDM Siap Kerja Lewat Industrial Vocational Fair Regional Jateng dan DIY

Industri pengolahan masih mendominasi perekonomian Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada triwulan I tahun 2024, sektor manufaktur memberikan…

Foto Ilustrasi Artificial Intelligiance (AI)

Jumat, 17 Mei 2024 - 13:40 WIB

Ini Kunci Sukses, Implementasi AI untuk Bisnis

Lebih dari 2000 profesional dari berbagai industri berkumpul di Indonesia Cloud & Data Center Convention 2024. Acara ini membahas pentingnya kolaborasi dan inovasi dalam memanfaatkan teknologi…

Foto Schneider Electric

Jumat, 17 Mei 2024 - 13:31 WIB

Schneider Electric Hadirkan Infrastruktur Cloud dan Data Center di Indonesia

Schneider Electric, pemimpin transformasi digital dalam pengelolaan energi dan otomasi, menghadirkan solusi komprehensif untuk mendukung infrastruktur data center yang AI-ready dan sustainable…