Kode Promo dalam Pemasaran: Memahami Manfaatnya dan Mengoptimalkan Penggunaannya ala Ninja Xpress

Oleh : Herry Barus | Kamis, 02 Mei 2024 - 11:24 WIB

Ninja Xpress
Ninja Xpress

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kode promo telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling populer dan efektif dalam industri ritel modern. Dengan kode promo, konsumen dapat menikmati diskon, penawaran khusus, atau bahkan hadiah gratis saat berbelanja secara online maupun langsung di toko offline.

Berdasarkan survei Indonesia E-Commerce Trends untuk semester kedua tahun 2022 yang diterbitkan oleh Jakpat, tercatat tiga teratas program promo yang digemari konsumen saat berbelanja daring, yakni gratis ongkos kirim (free shipping) dengan 89 persen, diikuti diskon sebesar 81 persen, dan uang kembali (cashback) dengan 70 persen.

Dalam era digital saat ini, kode promo sering kali menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Ninja Xpress mengungkapkan empat manfaat penggunaan kode promo untuk UKM.

1. Penjualan meningkat dari pelanggan baru

Tentu saja, salah satu manfaat paling signifikan dari kode promo adalah peningkatan konversi atau penjualan. Hal ini dapat terjadi karena adanya peningkatan jumlah pelanggan baru yang tertarik pada suatu brand.

2. Meningkatkan loyalitas pelanggan dalam berbelanja

Kode promo juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan yang sudah ada dengan menawarkan keuntungan khusus, membuat mereka kembali berbelanja di masa mendatang. Hal ini juga membantu pelanggan merasa dihargai dan diperhatikan.

3. Mendorong pelanggan untuk langsung membeli tanpa ragu-ragu

Kode promo juga dapat memotivasi pelanggan untuk langsung berbelanja tanpa ragu-ragu. Dengan potongan harga produk atau ongkir yang menarik, kode promo menciptakan urgensi belanja yang sulit untuk dilewatkan.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Pelanggan yang puas dengan penawaran kode promo dapat merekomendasikan produk atau brand tersebut kepada orang lain di sekitarnya, yang pada gilirannya meningkatkan brand awareness.

Memberikan kode promo harus dilakukan dengan hati-hati. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu UKM dalam penggunaan kode promo yang efektif.

1. Tetapkan batas waktu untuk kode promo agar mendorong pelanggan untuk berbelanja dengan segera.

2. Sesuaikan kode promo dengan tujuan bisnis, apakah itu untuk meningkatkan penjualan produk tertentu, menghabiskan stok, atau menarik pelanggan baru.

3. Promosikan kode promo secara jelas melalui berbagai saluran pemasaran seperti email, media sosial, situs web, atau yang lainnya. Hal ini memudahkan pelanggan dalam mengakses kode promo.

Dengan menerapkan kode promo secara tepat dan sesuai strategi, Anda dapat meningkatkan penjualan sambil juga meningkatkan keterlibatan dan kepuasan pelanggan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Foto ACT Abu Dhabi

Jumat, 17 Mei 2024 - 13:20 WIB

ACT Abu Dhabi Telah Beroperasi, Kapasitas 100.000 CBM

Dengan bangga, Arabian Chemical Terminals LLC in Abu Dhabi (ACTAD) mengumumkan telah memulai pengoperasian di terminal penyimpanan tangki bahan kimia yang baru dibangun di Pelabuhan Khalifa,…

Foto Aion Electric

Jumat, 17 Mei 2024 - 13:11 WIB

Inovasi Hijau Aion Siap Dukung Industri Kendaraan Listrik di Indonesia

Permintaan terhadap kendaraan listrik di Indonesia terus meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, seiring dengan pergeseran tren kendaraan hemat energi dan ramah lingkungan.…

Ricky Thio, COO PT Eurokars Motor Indonesia

Jumat, 17 Mei 2024 - 13:09 WIB

Penjualan Mazda Moncer Berkat Sentuhan Ricky Thio, Ini Sosoknya....

Ricky Thio merupakan sosok pejuang tangguh di sektor otomotif tanah air. Dedikasinya yang cukup panjang di sektor ini membuat namanya cukup disegani.

Tetap Sejuk dan Segar: Kulkas Side by Side untuk Hidup Modern Solusi di Musim Panas

Jumat, 17 Mei 2024 - 12:44 WIB

Tetap Sejuk dan Segar: Kulkas Side by Side untuk Hidup Modern Solusi di Musim Panas

Terkait dengan kondisi musim tropis di Indonesia yang kini mulai memasuki musim panas, pengunaan kulkas side by side menjadi semakin relevan dan penting dalam menjaga kesegaran makanan dan minuman…

Karnaval SCTV Menggelar Panggung Hiburan Langsung di Majalengka

Jumat, 17 Mei 2024 - 12:34 WIB

Karnaval SCTV Menggelar Panggung Hiburan Langsung di Majalengka

SCTV kembali menghadirkan Karnaval SCTV, acara yang penuh kemeriahan, melalui serangkaian konser musik dan aktivitas menarik di Kota Majalengka. Karnaval ini akan berlangsung selama dua hari…