Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Oleh : Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT | Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT
Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

INDUSTRY.co.id - Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik lima sampai empat kali lipat selama tahun 2021-2022, akan tetapi ternyata dalam motor listrik juga adanya penggunaan dinamo namun starter motor merupakan seperangkat yang penting untuk bisa memulai siklus hidup mesin kendaraan. 

Ketika kunci kontak diaktifkan arus listrik dari baterai dialirkan ke dinamo stater menyebabkan engkol putar di dalamnya dan nantinya yang kali ini bisa terhubung dengan roda gigi yang berinteraksi dengan roda gigi, mesin maupun pemicu pemutar mesin.

Dinamo motor listrik memiliki sebuah fungsi untuk bisa menggerakkan mekanisme switch dan menghubungkan aliran arus listrik dari aki ke starter motor maka dari itu fungsi dari dinamo motor listrik di sini merupakan aspek yang sangat fundamental khususnya bagi kendaraan, baik itu motor maupun mobil listrik. Hal yang menarik di sini adalah ketika dinamo alias motor listrik yang beredar mayoritas buatan dari luar negeri, akan tetapi sekarang sudah ada buatan lokalnya. 

Salah satunya yaitu adanya Dinamo AZN Motor yang merupakan hasil dari PT Mitrametal Perkasa, yang dimana merupakan faktor alumunium untuk otomotif yang kini mengembangkan usahanya menjadi benteng konferensi produsen komponen motor listrik. Terkadang bukan hal yang mudah bagi kita untuk bisa menciptakan sebuah produk yang nantinya bisa menyaingin produk luar negeri seperti dinamo listrik contohnya. 

Adapun strategi marketing yang dilakukan oleh pihak AZN motor di sini ternyata untuk mengembangkan suatu dinamika motor lokal ini tepatnya di tahun 2022 dan mulai di jual di tahun 2023. Hal yang menariknya juga disini adalah ketika kandungan lokal dinamo yang dicipatkan sudah mencapai hampir 62%. 

Dinamo motor yang dicipatkan oleh AZN ini berjenis Brushless Dircet Current dengan tipe mid dirve ataupun kurang lebih yang dipakai di Gesits. 

Bukan hanya itu fakta yang ternyata ada di lapangan juga adalah ketika dinamo ini mampu terjual dengan harga 3 juta untuk satu unit dan ternyata akan bisa lebih murah apabila konsumen di sini mengambil borongan. Dinamo ini juga sudah banyak yang memakai khususnya yang berada di daerah Surabaya maupun Jakarta juga Bali. 

Mengingat bahwa motor listrik kini sudah banyak yang menggunakan di tanah air khususnya di Indonesia, maka pihak dari AZN motor kini ternyata juga memiliki suatu cara cara ataupun strategi guna bisa memasarkan dari dynamo motor listrik yang mereka sudah ciptakan, adapun itu sebagai berikut:

1. Melakukan pengembangan saluran distribusi yang luas dan melakukan analisa untuk bisa mengintegrasi;

2. Hal yang sangat penting adalah memperluas jaringan penjualan dan layanan yang berkualitas,  nantinya bisa memastikan pelayanan yang bisa dapat dilakukan secara mudah dan juga nantinya terpercaya khususnya kepada produsen Motor Listrik;

3. Melakukan suatu pendekatan pada segmen pasar yang tepat, gunanya agar penjualan dinamo motor listrik bisa terjual secara tepat dikarenakan apabila tidak dilakukannya suatu riset pada segmen pasar nantinya hal ini bisa membuat penurunan pada penjualan;

4. Adanya suatu peningkatan edukasi. Hal ini para pihak penjual dari motor listrik mungkin juga bisa memberikan suatu informasi maupun edukasi, untuk bisa meningkatkan minat dari konsumen, maka dari itu strategi pemasaran harus bisa difokuskan untuk bisa meningkatkan kesadaran dan juga edukasi. Dengan adanya kampanye pemasaran yang kreatif dan juga informasi yang khusus. 

5. Melakukan Sosialisasi Motor Konversi ke daerah-daerah dan dibantu dengan program CSR dari Perusahaan sehingga dapat memberikan wawasan baru prihal energi baru terbarukan untuk sekolah-sekolah. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno saat mengajak delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference tanam Bakau

Sabtu, 04 Mei 2024 - 10:45 WIB

Menteri Sandiaga Uno Ajak Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference Tanam Bakau di Telaga Waja, Benoa

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengajak delegasi "The 2nd UN Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the…

Ilustrasi emas. (Ulrich Baumgarten/Getty Images)

Sabtu, 04 Mei 2024 - 09:58 WIB

Analisa Harga Emas Tahun 2024: Menyentuh Tempat Tertinggi

Tahun 2024 diprediksi menjadi tahun yang menarik bagi pasar emas. Dengan beberapa analis dan sumber berbagai institusi memperkirakan harga emas akan mencapai tingkat yang belum pernah terjadi…

Presiden saat meresmikan Bendungan Tiu Suntuk NTB

Sabtu, 04 Mei 2024 - 07:56 WIB

PTPP Selesaikan Proyek Bendungan Tiu Suntuk Paket II

PT PP (Persero) Tbk sebagai salah satu BUMN Konstruksi dan Investasi di Indonesia (“PTPP”) berhasil menyelesaikan pembangunan proyek Bendungan Tiu Suntuk Paket II dengan luas 464,63 Ha.

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:17 WIB

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) menggelar seremoni peletakan batu pertama (groundbreaking) Pembangunan Masjid JIEP Jayakarta yang akan menjadi salah satu Masjid terbesar di Jakarta…

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:06 WIB

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Festival kecantikan terbesar di Asia Tenggara, BeautyFest Asia 2024. Tahun ini, BeautyFest Asia siap memukau para penggemar kecantikan di lima kota! Acara perdana dimulai di hotel bergengsi…