Begini Cara Tingkatkan Keamanan di Wilayah Pertambangan dan Perkebunan

Oleh : Herry Barus | Kamis, 28 Maret 2024 - 06:38 WIB

Begini Cara Tingkatkan Keamanan di Wilayah Pertambangan dan Perkebunan
Begini Cara Tingkatkan Keamanan di Wilayah Pertambangan dan Perkebunan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Wilayah pertambangan, perkebunan, hingga pertanian kerap menjadi wilayah yang sulit untuk dijaga keamanannya. Hal tersebut karena wilayahnya yang cukup luas mengakibatkan sulit untuk dipantau secara utuh. Akibatnya, wilayah ini kerap mengalami pencurian dan penjarahan yang dapat merugikan pelaku usaha.

Seperti yang dialami Agus Ismeiyanto, seorang warga Magetan, Jawa Timur, yang pada 29 Maret 2023 lalu menjadi sasaran aksi pencurian hasil pertaniannya, yaitu bawang merah. Tanaman bawang merah yang sudah waktunya masa panen ini, sebagian hilang dicuri oleh orang. Pencuri berhasil memanen bawang merah sekitar 80 kilogram.  Selain itu di Lampung pada 11 Oktober 2023, pencurian kelapa sawit di lahan seluas 85 hektar pun terjadi dan diduga berlangsung dalam jangka waktu yang lama, melibatkan beberapa individu termasuk kepala desa.

Untuk mengatasi tantangan keamanan ini, dibutuhkan suatu antisipasi serius untuk mengatasinya. Salah satu pendekatan yang dapat diambil adalah dengan memasang Close Circuit Television atau CCTV.  Namun, perlu CCTV dengan spesifikasi khusus untuk mengawasi wilayah pertambangan, perkebunan, hingga pertanian. Hal tersebut karena daerah-daerah ini terbilang cukup sulit untuk dijangkau oleh jaringan tradisional seperti instalasi kabel LAN, atau WiFi.

Salah satu CCTV yang cocok untuk kebutuhan ini adalah CCTV yang menggunakan sim card. Marketing Manager TP-Link Indonesia Defrie D Gunawan mengatakan, “CCTV berbasis sim card menjadi solusi bagi perusahaan yang memiliki daerah operasi yang luas hingga wilayah yang sulit dijangkau oleh CCTV pada umumnya. CCTV dengan teknologi 4G ini memungkinkan pemasangan yang mudah tanpa memerlukan infrastruktur jaringan kabel LAN  atau WiFi,  dengan kualitas video yang baik serta tahan terhadap cuaca ekstrem.”

TP-Link telah meluncurkan produk CCTV terbarunya, yaitu VIGI C540-4G. Perangkat ini dilengkapi dengan kamera 4MP berkualitas tinggi yang mampu merekam dengan full color selama 24 jam. CCTV 4G Sim card ini juga dilengkapi dengan IP66 weatherproof, memastikan ketahanan terhadap kondisi cuaca ekstrem. Selain itu, fitur rotasi 360 derajat dan automatic tracking memungkinkan pengawasan yang lebih efektif dan deteksi dini.

Untuk memastikan konektivitas internet yang stabil, perangkat ini mendukung  4G sim card dari sejumlah provider, seperti Telkomsel, XL, Indosat, hingga 3. Hal ini membuat perangkat tidak perlu menggunakan kabel LAN, maupun jaringan WiFi.

Fleksibilitas penyimpanan yang ditawarkan perangkat ini mencakup micro SD card berkapasitas hingga 256GB. Perangkat juga telah tersertifikasi postel, yaitu sertifikasi dari  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)  untuk alat dan perangkat telekomunikasi yang mentransmisi, atau mentransmisi dan menerima spektrum radio. TP-Link menjamin kepatuhan produk terhadap standar dan regulasi yang berlaku.

Lebih lanjut untuk memudahkan pengguna, perangkat juga dapat diatur dari jarak jauh menggunakan VIGI Apps, NVR, dan Vigi Security Manager.

"Fitur-fitur terbaru pada produk ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pengawasan di wilayah-wilayah yang memiliki tantangan tersendiri. Kami berharap kehadiran produk ini dapat memberikan rasa aman dan mengurangi kekhawatiran bagi perusahaan yang mengandalkannya," tambah Defrie.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Airlangga

Minggu, 21 Juli 2024 - 10:26 WIB

Fondasi Kuat, Menko Airlangga Prediksi Ekonomi RI Akan Tumbuh di Atas 5%

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengemukakan fondasi perekonomian nasional terus mengalami penguatan seiring dengan berbagai upaya yang telah dilakukan Pemerintah.…

Rakernas, ALDEI Mengakselerasi Industri Logistik Digital Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:33 WIB

Rakernas, ALDEI Mengakselerasi Industri Logistik Digital Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045

Jakarta-Rakernas ALDEI (Asosiasi Logistik Digital Economy Indonesia) tanggal 18 Juli di Paxel HQ, Jakarta yang dibuka dengan dukungan Dewan Pembina ALDEI, sekaligus Wakil Ketua Umum KADIN, Yukki…

Ilustrasi Guru Honorer (Photo by KlikPositif.com)

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:03 WIB

Seratus Guru Honorer Dipecat di Jakarta, Komisi X: Istilah ‘Cleansing’ Terlalu Sadis...

Komisi X DPR RI mengkritik kebijakan pemecatan lebih dari seratus guru honorer di DKI Jakarta secara sepihak melalui sistem ‘cleansing’ atau ‘pembersihan’. Wakil Ketua Komisi XI DPR…

Ketua DPR Puan Maharani

Minggu, 21 Juli 2024 - 08:59 WIB

Duh, MinyaKita Naik Harga dan Langka! Puan Maharani Minta Pemerintah Lakukan Ini...

Ketua DPR RI (H.C) Puan Maharani meminta Pemerintah untuk mengetatkan pengawasan terhadap distribusi minyak goreng bersubsidi merk MinyaKita yang harganya resmi mengalami kenaikan per Jumat…

Industri furnitur

Minggu, 21 Juli 2024 - 08:28 WIB

Gandeng Perusahaan Industri, Menperin Agus Terus Tingkatkan Kualitas SDM Penopang Industri Furnitur

Secara keseluruhan, kinerja industri pengolahan tercatat menunjukkan level ekspansi, yang tecermin dari capaian Prompt Manufacturing Index-Bank Indonesia (PMI-BI) sebesar 51,97 persen pada triwulan…