Smelter dan Kantor Freeport Harus Dibangun di Papua

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 27 Januari 2017 - 14:31 WIB

PT Freeport Indonesia. (Ist)
PT Freeport Indonesia. (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Gubernur Papua Lukas Enembe mendesak PT Freeport Indonesia untuk membangun smelter dan kantor pusatnya berada tanah Papua.

"Kita mau dia (smelter Freeport) harus dibangun di tanah Papua. Tidak membangun di Gresik Jawa Timur, begitu pula dengan kantor pusatnya," kata Lukas dalam Konferensi Persnya di Hotel Pullman, Jumat (27/1/2018)

Kata Lukas, jika smelter dibangun di Tanah Papua maka dampak secara ekonomi dan sosial dapat dirasakan masyarakat, diantaranya terbukanya lapangan kerja baru serta warga memperoleh penghasilan dan Pemda bisa memperoleh pajak.

Menurutnya, Infrastruktur di Papua sudah amat mendukung pembangunan smelter Freeport, baik itu menyangkut perizinan, listrik, air atau lainnya. Apalagi ini sudah sesuai Undang-Undang sehingga Freeport wajib melaksanakannya.

"Dua daerah yang dapat dijadikan lokasi pembangunan smelter yakni kabupaten Bintuni, Papua Barat serta kabupaten Biak Numfor," tandasnya.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bus Uncal, Bus Wisata Bogor (Ist)

Senin, 23 Mei 2022 - 13:00 WIB

Keliling Bogor Gratis Naik Bus Uncal, Ini Rute dan Jadwalnya

Bagi kamu yang ingin berkeliling di Kota Bogor bisa naik bus Uncal. Ya, bus wisata gratis yang disediakan oleh Pemerintah Kota Bogor ini melayani wisatawan atau warga keliling kota hujan.

Artis Budhila

Senin, 23 Mei 2022 - 13:00 WIB

Budhila Mantan Manajer Aliando Syarief Kembali Ramaikan Industri Musik Nasional

Budhila bukan atas kemauannya berkat dorongan keluarga dan sahabatnya yang menyukai karakter suaranya.

MasterCard (ist)

Senin, 23 Mei 2022 - 12:20 WIB

Mastercard Ciptakan Mesin Konversi Poin Pertama di Dunia untuk Mata Uang Game

Mastercard meluncurkan Mastercard Gamer Xchange (MGX), solusi yang siap digunakan dan merupakan yang pertama untuk membantu konsumen mengubah poin reward yang belum digunakan menjadi mata…

Hasil dan torehan prestasi cabang olahraga di SEA Games 2021 Vietnam tetap menjadi catatan bagi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali untuk melakukan evaluasi, khususnya cabor yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). (foto:raiky/kemenpora.go.id)

Senin, 23 Mei 2022 - 12:18 WIB

Alhamdulilah! Indonesia Peringkat Tiga SEA Games 2021 Vietnam

Jakarta-Kontingen Indonesia berhasil masuk peringkat tiga besar SEA Games 2021 Vietnam. Indonesia bertengger di peringkat tiga dengan total perolehan 242 medali, yang terdiri dari 69 emas, 92…

Ilustrasi aset kripto

Senin, 23 Mei 2022 - 12:14 WIB

Optimistis Pasar Kripto Bakal Pulih, BitMEX Spot Diluncurkan

Beberapa bulan terakhir pasar kripto cenderung mengalami penurunan, meski begitu BitMEX optimistis pasar kripto akan berangsur pulih dan optimisme ini terlihat dari peluncuran BitMEX Spot sebagai…