Bisa Ekspor Lagi, ARLI Sidak Pasar Amerika Serikat

Oleh : Ridwan | Senin, 21 Mei 2018 - 10:40 WIB

Petani Rumput Laut (Foto: BD)
Petani Rumput Laut (Foto: BD)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Asosiasi Rumput Laut Indonesia (ARLI) kembali melakukan konsolidasi dan pemantauan lapangan menyusul telah dikeluarkannya Surat Keputusan Pemerintah Amerika Serikat (AS), melalui United States Department of Agriculture (USDA) tanggal 4 April 2018 tentang penetapan kembali Agar-agar dan Carrageenan masuk dalam daftar produk organik di AS. Keputusan tersebut berlaku efektif per tanggal 29 Mei 2018.

“Kami sangat mengapresiasi atas upaya kerja keras semua pihak yang telah bekerjasama bersama kami,” ungkap Ketua ARLI, Safari Azis di Jakarta (20/5/2018).

Dia menyebutkan upaya tersebut didukung penuh oleh Kedutaan Besar RI Washington DC yang bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, China Algae Industry Association (CAIA), the Seaweed Industry of the Philippines, International Food Additives Council (IFAC) serta para importir dan pengguna hasil olahan rumput laut di AS.

"Kami terus meyakinkan pihak-pihak di AS bahwa rumput laut yang dibudidayakan oleh masyarakat pesisir dan pulau-pulau dilakukan secara alami tanpa menggunakan unsur-unsur kimia ataupun merusak lingkungan," ungkapnya.

Dalam lawatannya ke AS, pihaknya juga telah memastikan produk-produk olahan rumput laut Indonesia dapat beredar di pasaran Amerika. Sehingga,para eksportir tidak perlu ragu untuk mengekspor produk-produk mereka.

Seperti diketahui, rumput laut setelah diolah dapat menjadi Agar-agar untuk jenis Gracilaria dan menjadi Carrageenan untuk jenis Eucheuma yang digunakan sebagai salah satu bahan pencampur (Ingredients) umumnya pada produk makanan dan minuman sebagai pengemulsi, pengental, pengenyal dan lain-lain.

"Kami telah melakukan pemantauan lapangan, dapat ditemui sejumlah produk-produk makanan, minuman dan kesehatan yang menggunakan Agar-Agar dan Carrageenan sebagai salah satu bahan penolongnya,” ungkap Safari.

Dia juga mengatakan, semua pihak perlu mendukung warga Indonesia yang bermukim di AS untuk lebih banyak membuka toko atau pasar swalayan seperti Indonesian and Asian Market agar produk-produk Indonesia lebih banyak dijual.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk AS Budi Bowoleksono mengatakan, pihaknya akan terus mendukung membangun citra positif produk agar-agar dan carrageenan Indonesia. Hal ini dikarenakan menyangkut upaya Pemerintah RI dalam mengentaskan kemiskinan, khususnya di daerah pesisir dan pulau-pulau.

Menurutnya, pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui rumput laut berkontribusi dalam penciptaan lapangan kerja, pengembangan ekonomi daerah dan perolehan devisa negara.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fadel Muhammad Wakil Ketua MPR

Jumat, 15 November 2019 - 17:29 WIB

Perbankan Sehat Beri Keuntungan ke Stakeholder

Jakarta - Pentingnya peran perbankan membuat industri ini diatur secara ketat oleh regulator (highly regulated). Di tengah kondisi makro yang rentan bergejolak (volatility), penuh ketidakpastian…

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 15 November 2019 - 17:10 WIB

Oktober 2019 Neraca Perdagangan Surplus, Airlangga Sebut Program Pemerintah Dijalan yang Benar

Neraca perdagangan Indonesia pada Oktober 2019 menunjukkan performa yang meningkat dibanding bulan lalu. Hal ini tertuang dalam laporan Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis Jumat, (15/11). 

Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.,

Jumat, 15 November 2019 - 17:00 WIB

KASAL Pimpin Upacara Peringatan HUT ke 74 Korps Marinir

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., selaku Inspektur Upacara memimpin langsung upacara peringatan HUT ke 74 Korps Marinir tahun 2019, di lapangan apel…

BCA Torehkan Prestasi Gemilang di Ajang CECT Sustainability Awards 2019

Jumat, 15 November 2019 - 15:00 WIB

BCA Torehkan Prestasi Gemilang di Ajang CECT Sustainability Awards 2019

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menorehkan prestasi atas keberhasilannya melakukan tanggung jawab sosial perusahaan dalam hal ini penerapan strategi Corporate Social Responsibility (CSR) yang…

Lenovo Legion

Jumat, 15 November 2019 - 14:31 WIB

Juara Legion of Champions Seri 4 Siap Melaju diGrand Final Legion of Champions Bangkok

Lenovo Legion telah sukses menggelar kompetisi lokal final Legion of Champions Seri 4 (LoC IV) yang dilaksanakan di Mall Taman Anggrek – Jakarta pada tanggal 9 –10 November 2019. Kompetisi…