Bisa Ekspor Lagi, ARLI Sidak Pasar Amerika Serikat

Oleh : Ridwan | Senin, 21 Mei 2018 - 10:40 WIB

Petani Rumput Laut (Foto: BD)
Petani Rumput Laut (Foto: BD)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Asosiasi Rumput Laut Indonesia (ARLI) kembali melakukan konsolidasi dan pemantauan lapangan menyusul telah dikeluarkannya Surat Keputusan Pemerintah Amerika Serikat (AS), melalui United States Department of Agriculture (USDA) tanggal 4 April 2018 tentang penetapan kembali Agar-agar dan Carrageenan masuk dalam daftar produk organik di AS. Keputusan tersebut berlaku efektif per tanggal 29 Mei 2018.

“Kami sangat mengapresiasi atas upaya kerja keras semua pihak yang telah bekerjasama bersama kami,” ungkap Ketua ARLI, Safari Azis di Jakarta (20/5/2018).

Dia menyebutkan upaya tersebut didukung penuh oleh Kedutaan Besar RI Washington DC yang bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, China Algae Industry Association (CAIA), the Seaweed Industry of the Philippines, International Food Additives Council (IFAC) serta para importir dan pengguna hasil olahan rumput laut di AS.

"Kami terus meyakinkan pihak-pihak di AS bahwa rumput laut yang dibudidayakan oleh masyarakat pesisir dan pulau-pulau dilakukan secara alami tanpa menggunakan unsur-unsur kimia ataupun merusak lingkungan," ungkapnya.

Dalam lawatannya ke AS, pihaknya juga telah memastikan produk-produk olahan rumput laut Indonesia dapat beredar di pasaran Amerika. Sehingga,para eksportir tidak perlu ragu untuk mengekspor produk-produk mereka.

Seperti diketahui, rumput laut setelah diolah dapat menjadi Agar-agar untuk jenis Gracilaria dan menjadi Carrageenan untuk jenis Eucheuma yang digunakan sebagai salah satu bahan pencampur (Ingredients) umumnya pada produk makanan dan minuman sebagai pengemulsi, pengental, pengenyal dan lain-lain.

"Kami telah melakukan pemantauan lapangan, dapat ditemui sejumlah produk-produk makanan, minuman dan kesehatan yang menggunakan Agar-Agar dan Carrageenan sebagai salah satu bahan penolongnya,” ungkap Safari.

Dia juga mengatakan, semua pihak perlu mendukung warga Indonesia yang bermukim di AS untuk lebih banyak membuka toko atau pasar swalayan seperti Indonesian and Asian Market agar produk-produk Indonesia lebih banyak dijual.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk AS Budi Bowoleksono mengatakan, pihaknya akan terus mendukung membangun citra positif produk agar-agar dan carrageenan Indonesia. Hal ini dikarenakan menyangkut upaya Pemerintah RI dalam mengentaskan kemiskinan, khususnya di daerah pesisir dan pulau-pulau.

Menurutnya, pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui rumput laut berkontribusi dalam penciptaan lapangan kerja, pengembangan ekonomi daerah dan perolehan devisa negara.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ki-ka; Meta Wijaya (direktur), Ricky Surya Prakasa (presiden direktur), Merry Prakasa (komisaris), Ferry Salim (spokeperson)

Rabu, 21 Agustus 2019 - 16:59 WIB

Tambah Kapasitas Produksi, MECCAYA Targetkan Investasi Rp 50 Miliar

Jakarta-MECCAYA Pharmaceutical terus melakukan investasi di penambahan kapasitas produksi terutama dengan penambahan mesin-mesin yang termodern dan perluasan fasilitas produksi sehingga di tahun…

Booth PT Fajar Gelora lnti atau lebih dikenal dengan nama Fagetti di IndoBuildTech 2019, JCC.(Andi Mardana)

Rabu, 21 Agustus 2019 - 16:07 WIB

Datang ke IndoBuildTech, Arsitek Bisa Diskusi dengan Master of Art Stone

Beberapa kreasi teknologi marmer tersebut akan ditampilkan di booth Fagetti di IndoBuildTech yang mengambil tema "Determining the Latest Trends in Marble Architecture".

President Director PT. Fajar Gelora Inti, Ferdinand Gumanti (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:54 WIB

Rubah Marmer Lebih Artistik, Fagetti Hadirkan Teknologi Terbaru IndoBuildTech 2019

PT Fajar Gelora Inti (Fagetti) meluncurkan teknologi marmer terbaru di lndoBuildTech 2019 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada tanggal 21-25 Agustus 2019.

Arsitek Delution, hadir di acara IndoBuildTech Jakarta The 2nd Phase di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (21/8).(Andi Mardana)

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:36 WIB

Jakarta Architecture Installation Festival 2019 Hadir di JCC

Sebuah pameran mahakarya instalasi arsitek terkemuka di Hall A Jakarta Convention Center (JCC).

BNI Syariah di Islamic Tourism

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:36 WIB

BNI Syariah Gelar Acara Islamic Tourism Expo 2019

Jakarta - BNI Syariah menebar promo umroh murah dan beragam program menarik pada perhelatan Islamic Tourism Expo 2019. Pameran Umroh Haji & Wisata Halal terbesar dan terlengkap ini diselenggarakan…