Gapmmi Prediksi Pertumbuhan Industri Mamin Lebih Baik di 2017

Oleh : Hariyanto | Selasa, 27 Desember 2016 - 10:55 WIB

Industri Mamin
Industri Mamin

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (Gapmmi) berharap, industri makanan dan minuman (mamin) menjadi motor pertumbuhan industri dalam negeri di luar sektor minyak dan gas (migas) pada tahun depan.

Wakil Ketua Gapmmi, Rachmat Hidayat memprediksi, tahun depan pertumbuhan industri sektor mamin akan relatif lebih baik.

"Pada tahun depan, sektor mamin tetap akan tumbuh relatif lebih baik dari pertumbuhan ekonomi nasional. Kami prediksi, pertumbuhannya sekitar 9%," kata Rachmat di Jakarta, Selasa (27/12).

Rachmat menilai, hingga kuartal ketiga tahun ini, industri mamin mampu tumbuh 8,2% hingga 8,5%. Angka ini masih bisa meningkat karena pada kuartal keempat setiap tahun biasanya permintaan mamin naik menyusul perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Pemerintah diharapkan mampu menjaga pertumbuhan industri mamin ini dengan tidak dicederai lewat sejumlah kebijakan yang menghambat," ujarnya.

Beberapa hal yang dianggap akan menahan laju pertumbuhan industri mamin adalah impor bahan baku penolong, seperti gula rafinasi dan garam.

"Persoalan cukai plastik yang terus dibahas di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) juga menjadi kebijakan yang harus diteliti kembali. Plastik dianggap merusak lingkungan, terutama plastik keresek, dari 17% sampah plastik, 67% dari kantong plastik," kata Rachmat. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Waze Perkenalkan Fitur Baru untuk Para Wazers

Rabu, 19 Juni 2019 - 18:38 WIB

Alianz Partners Gandeng Waze Perluas Layanan Bantuan Pinggir Jalan di Asia Pasifik 

Sebanyak enam negara seluruh kawasan APAC, pengemudi yang membutuhkan bantuan di jalan akan dapat mengakses layanan bantuan pinggir jalan secara real-time melalui aplikasi Waze

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Rabu, 19 Juni 2019 - 18:20 WIB

Lewat 'The Big Start Season 4', Kemenperin Gembleng IKM Masuk Ranah Digital

Kemenperin semakin aktif bawa IKM masuk ke pasar digital, dalah satunya dengan kembali menyelenggarakan kompetisis 'The Big Start Season 4' yang menawarkan total hadiah Rp 1,3 miliar.

Direktur Strategic Portfolio Telkom Achmad Sugiarto (kedua dari kanan)

Rabu, 19 Juni 2019 - 18:02 WIB

Startup Portfolio Telkom Listing di Australia Stock Exchange

Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menghadiri acara pencatatan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) Whispir di Australian Securities Exchange (ASX) dengan kode…

e-Commerce Tokopedia (Ist)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:45 WIB

Sepanjang Bulan Mei 2019, Tokopedia Catat Transaksi Penjualan Hingga Rp 18,5 Triliun

Sepanjang bulan Mei 2019, Tokopedia mencatatkan nilai total transaksi (Gross Merchandise Value/GMV) sebesar US$1.3 miliar atau setara lebih dari Rp18,5 triliun.

Sun Life Financial Indonesia dan Muamalat Indonesia Menandatangani Peresmian Kerja Sama Strategis Bancassurance

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:35 WIB

Kerjasama Sun Life Financial Indonesia dan Bank Muamalat Indonesia

PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life”) perusahaan perencana keuangan keluarga tepercaya, hari ini mengumumkan komitmen kemitraan strategis bersama bank syariah pertama di Indonesia,…