Gapmmi Prediksi Pertumbuhan Industri Mamin Lebih Baik di 2017

Oleh : Hariyanto | Selasa, 27 Desember 2016 - 10:55 WIB

Industri Mamin
Industri Mamin

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (Gapmmi) berharap, industri makanan dan minuman (mamin) menjadi motor pertumbuhan industri dalam negeri di luar sektor minyak dan gas (migas) pada tahun depan.

Wakil Ketua Gapmmi, Rachmat Hidayat memprediksi, tahun depan pertumbuhan industri sektor mamin akan relatif lebih baik.

"Pada tahun depan, sektor mamin tetap akan tumbuh relatif lebih baik dari pertumbuhan ekonomi nasional. Kami prediksi, pertumbuhannya sekitar 9%," kata Rachmat di Jakarta, Selasa (27/12).

Rachmat menilai, hingga kuartal ketiga tahun ini, industri mamin mampu tumbuh 8,2% hingga 8,5%. Angka ini masih bisa meningkat karena pada kuartal keempat setiap tahun biasanya permintaan mamin naik menyusul perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Pemerintah diharapkan mampu menjaga pertumbuhan industri mamin ini dengan tidak dicederai lewat sejumlah kebijakan yang menghambat," ujarnya.

Beberapa hal yang dianggap akan menahan laju pertumbuhan industri mamin adalah impor bahan baku penolong, seperti gula rafinasi dan garam.

"Persoalan cukai plastik yang terus dibahas di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) juga menjadi kebijakan yang harus diteliti kembali. Plastik dianggap merusak lingkungan, terutama plastik keresek, dari 17% sampah plastik, 67% dari kantong plastik," kata Rachmat. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kembalinya The Winner (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 22:00 WIB

Kembalinya The Winner Band

Meski industri musik belum menunjukan gairahnya, ini ditandai belum maraknya para musisi dan penyanyi meluncurkan karya-karyannya. Namun hal itu tidak membuat para musisi muda yang tergabung…

Konferensi pers RedDoorz buka peluang jelajahi Indonesia melalui program 'Tenaga Kerja Impian' di Jakarta, Kamis (22/8).(Ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 21:12 WIB

Buka Peluang Jelajahi Indonesia Melalui Program 'Tenaga Kerja Impian'

Tiga orang terpilih akan berkesempatan menjelajahi Indonesia selama tiga bulan dan mewujudkan mimpi menjadi travel influencer.

First Media Luncurkan First Warriors (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 20:05 WIB

Siapkan Atlet eSport Handal, First Media Hadirkan First Warriors Berhadiah Total Rp1,3 Miliar

Dalam upayanya membangun ekosistem eSports, First Media bersama dengan para mitranya menyelenggarakan First Warriors melalui kompetisi di enam kota besar, yaitu Jakarta, Medan, Batam, Surabaya,…

Ilustrasi ekonomi.(Ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 20:01 WIB

Desas-desus Tentang Stimulus Fiskal Menguat

Kekhawatiran resesi dunia meningkat menyusul perpindahan dana dari ekuitas ke obligasi.

Narada melakukan literasi keuangan terhadap anggota PKK Kota Administrasi Jakarta Barat, yang terdiri dari anggota delapan TP PKK Kecamatan Se-Jakbar, dan 56 Ketua PKK Kelurahan Se-Jakbar.(Ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 19:47 WIB

Cetak Duta Investasi dan Ibu Cerdas Keuangan

Kelas tersebut dihadiri oleh 73 anggota PKK Kota Administrasi Jakarta Barat, yang terdiri dari anggota delapan TP PKK Kecamatan Se-Jakbar, dan 56 Ketua PKK Kelurahan Se-Jakbar.