Gapmmi Prediksi Pertumbuhan Industri Mamin Lebih Baik di 2017

Oleh : Hariyanto | Selasa, 27 Desember 2016 - 10:55 WIB

Industri Mamin
Industri Mamin

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (Gapmmi) berharap, industri makanan dan minuman (mamin) menjadi motor pertumbuhan industri dalam negeri di luar sektor minyak dan gas (migas) pada tahun depan.

Wakil Ketua Gapmmi, Rachmat Hidayat memprediksi, tahun depan pertumbuhan industri sektor mamin akan relatif lebih baik.

"Pada tahun depan, sektor mamin tetap akan tumbuh relatif lebih baik dari pertumbuhan ekonomi nasional. Kami prediksi, pertumbuhannya sekitar 9%," kata Rachmat di Jakarta, Selasa (27/12).

Rachmat menilai, hingga kuartal ketiga tahun ini, industri mamin mampu tumbuh 8,2% hingga 8,5%. Angka ini masih bisa meningkat karena pada kuartal keempat setiap tahun biasanya permintaan mamin naik menyusul perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Pemerintah diharapkan mampu menjaga pertumbuhan industri mamin ini dengan tidak dicederai lewat sejumlah kebijakan yang menghambat," ujarnya.

Beberapa hal yang dianggap akan menahan laju pertumbuhan industri mamin adalah impor bahan baku penolong, seperti gula rafinasi dan garam.

"Persoalan cukai plastik yang terus dibahas di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) juga menjadi kebijakan yang harus diteliti kembali. Plastik dianggap merusak lingkungan, terutama plastik keresek, dari 17% sampah plastik, 67% dari kantong plastik," kata Rachmat. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Evan Dimas Persija

Kamis, 09 Juli 2020 - 16:00 WIB

Jangan Lupakan Jasa Orang Tua, Nasehat Evan Dimas Bagi Pemain Muda Persija

Dari tahun ke tahun Persija terus melahirkan pemain muda berbakat. Tahun ini contohnya, sebanyak tiga pemain mengikuti pemusatan latihan Timnas U-16. Mereka adalah Raka Cahyana Rizky, Fiore…

Gerbang Tol Pekanbaru

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:26 WIB

Sudah 99,07 Persen, Tol Pekanbaru-Dumai Siap Tingkatkan Konektivitas Kawasan Industri di Provinsi Riau

Saat ini progres fisik tol ini telah mencapai 99,07% dan ditargetkan dapat beroperasi penuh dalam waktu dekat. Kehadiran tol ini akan meningkatkan konektivitas antara Ibu Kota Provinsi riau…

Escavator di lahan rawa

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:20 WIB

Enggak Bakalan Kelaparan, Lumbung Pangan Digalakkan

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dampingi Presiden Joko Widodo saat meninjau langsung titik-titik lokasi lahan rawa pengembangan food estate atau lumbung pangan dan saluran primer induk…

Menteri BUMN Erick Thohir (ist)

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:15 WIB

Sukses di Basket dan Sepak Bola, Erick Thohir Calon Ketum PBSI?

Masa bakti ketua umum (ketum) Pengurus Pusat Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) periode 2016-2020 Wiranto akan berakhir dan nama Erick Thohir muncul menjadi salah satu kandidat…

Kawasan Industri Kendal ,Jawa Tengah (jababeka)

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:10 WIB

Kawasan Industri Kendal Siap Menjadi Rumah Industri Manufaktur Dunia

Presiden Direktur Kawasan Industri Kendal (KIK) Stanley Ang mengungkapkan bahwa pihaknya siap menerima investor yang akan merelokasi pabriknya ke Indonesia.