Pupuk Indonesia Lakukan Riset Kembangkan Pertanian di Merauke

Oleh : Hariyanto | Senin, 08 Mei 2017 - 12:31 WIB

Petani Ilustrasi (ist)
Petani Ilustrasi (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Pupuk Indonesia (Persero) tengah melakukan riset untuk pengembangan pertanian di Merauke, yaitu dengan melakukan  pengelolaan sawah di atas lahan seluas 200 hektar di SP 9, Distrik Tanah Miring, Papua. Kepala Komunikasi Korporat, Wijaya Laksana mengatakan, tujuan riset tersebut adalah meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Merauke.

"Untuk tahap awal, kami telah mengelola lahan pertanian seluas 25 hektar, untuk tahap selanjutnya kita perluas lagi hingga memenuhi target 200 hektar," kata Wijaya.

Ia menambahkan, saat ini tengah dilakukan survei lanjutan untuk mencari lahan-lahan yang sesuai dan cocok untuk ditanami padi.

"Proses kegiatan riset ini sebenarnya telah berlangsung cukup lama, yaitu sejak Maret 2015 yang didahului dengan kegiatan-kegiatan survey dan pengukuran lahan," ujarnya.

Ia melanjutkan, pihaknya telah melakukan studi kelayakan, focus group discussion dan berbagai survei lainnya sebelum memutuskan menjalankan program riset ini. Program ini sejalan dengan penugasan dari pemerintah melalui Kementerian BUMN, agar Pupuk Indonesia turut memajukan perekonomian Papua, khususnya melalui bidang pertanian.

Pada Januari 2017, telah dilaksanakan Tanam Perdana di lahan di SP9 distrik Tanah Miring seluas 20 hektar. Menurut rencana, riset ini akan dilaksanakan selama 4 (empat) musim tanam, sampai 2018 mendatang.

Dalam pendukung mengembangan pertanian di Merauke ini, Pupuk Indonesia juga memastikan pasokan pupuk sesuai kebutuhan dalam upaya peningkatan produktivitas pertanian di Distrik Tanah Miring.

"Untuk tahap awal, kita tanam perdana di Tanah Miring ini, lengkap dengan pembangunan sarana pendukungnya, seperti pengairan dan lain sebagainya. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk perluasan lahan tanam kita mencari lokasi lain yang lebih baik kondisi tanahnya," jelasnya.

Dalam riset ini, Pupuk Indonesia tidak hanya melakukan penanaman dan pengolahan sawah, tapi juga sekaligus melakukan kegiatan-kegiatan penelitian dan kajian terkait aspek pemupukan, teknologi pertanian, produktivitas, hingga aspek pemasaran.

"Kami melakukan Riset bagaimana mengelolah lahan hingga pemupukan yang tepat di lahan-lahan tertentu seperti lahan-lahan gambut, lahan yang pasang surut, serta treatment apa yang dilakukan," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, Pemerintah Daerah memberikan dukungan yang sangat baik terhadap program ini.

"Juga Kementerian BUMN sangat mendukung upaya kami memajukan perekonomian Indonesia Timur, sesuai dengan fungsi BUMN sebagai agent of development," tuturnya.

Dalam pelaksanaan riset ini, Pupuk Indonesia juga menugaskan anak perusahaannya, Pupuk Indonesia Pangan, untuk melakukan pengelolaan lahan sawah, serta bekerjasama dengan koperasi. Pupuk Indonesia mendukung penuh upaya pemerintah dalam menjadikan Merauke sebagai salah satu lumbung pangan nasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ki Manteb Soedharsono (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 18 Agustus 2019 - 06:02 WIB

Ki Manteb Soedarsono Tampil Pada Perayaan HUT Ke-44 SENAWANGI

Dalam rangka ulang tahun ke 44 Sena Wangi Menggelar Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk dengan menghadirkan dalang kondang Ki Manteb Soedharsono dengan menyuguhkan lakon Sri Sadana. Updi Gedung…

Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner OJK saat upacara HUT RI ke 74

Minggu, 18 Agustus 2019 - 05:40 WIB

HUT RI ke 74, OJK Tekankan SDM Unggul, Indonesia Maju

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah melaksanakan upacara peringatan HUT RI ke 74 kemarin. Tema peringatan hari Kemerdekaan tahun ini yaitu “SDM UNGGUL INDONESIA MAJU”.

Seni Wayang Harus Mampu Menjangkau Kaum Milenial

Minggu, 18 Agustus 2019 - 04:15 WIB

Seni Wayang Harus Mampu Menjangkau Kaum Milenial

Wayang, sebagai warisan seni budaya yang sudah diakui oleh dunia, harus terus dijaga kelestariannya. Untuk itu wayang harus bisa menjangkau kaum milenial yang saat ini tumbuh dalam dunia yang…

Buku Orang Lumpuh Naik Haji karya Mulyanto Utomo

Minggu, 18 Agustus 2019 - 04:05 WIB

Buku Orang Lumpuh Naik Haji karya Mulyanto Utomo

Penerbit Smart Media menyelenggarakan acara Launching dan Bedah Buku terbaru karya Mulyanto Utomo berjudul ‘Orang Lumpuh Naik Haji’, di Rumah Makan Taman Sari, Jalan Adi Sucipto, Colomadu,…

Tarian Caci bisa disebut permainan adu ketangkasan antara dua orang laki-laki. Keduanya mencambuk dan menangkis cambukan lawan secara bergantian. Atraksi mencambuk yang selingi dengan tarian ini terlihat begitu heroik dan indah.

Minggu, 18 Agustus 2019 - 00:50 WIB

Perempuan Manggarai Jakarta, Sukses Meriahkan HUT RI dengan Atraksi Budaya Manggarai

Jakarta-Anjungan Nusa Tenggara Timur (NTT) Taman Mini Indonesia Indah (TMI) bergemuruh. Tepuk tangan menggema dari penonton yang jumlahnya lebih dari 3000-an orang. Mereka terdiri dari Diaspora…