Tingkat Hunian Hotel Sumbar Libur Lebaran Capai 90 Persen

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 24 Juni 2018 - 15:00 WIB

Tari Indang, Tarian dari Minang, Pariaman, Provinsi Sumatera Barat (Foto: Ist)
Tari Indang, Tarian dari Minang, Pariaman, Provinsi Sumatera Barat (Foto: Ist)

INDUSTRY.co.id - Padang- Ketua DPD Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI)  Sumatera Barat Maulana Yusran mengatakan tingkat hunian hotel di daerah itu dalam periode libur bersama Idul Fitri 1439 Hijriah mencapai 90 persen.

"Hal ini terjadi merata di seluruh hotel yang ada di Sumatera Barat mulai dari Kota Padang, Bukittinggi, Sawahlunto, Payakumbuh, Pesisir Selatan, Batusangkar dan lainnya," kata dia di Padang, Sabtu (23/6/2018)

Menurut dia peningkatan hunian hotel itu telah terjadi sejak empat hari sebelum lebaran 2018 dan terus berlanjut hingga saat ini. Pihaknya mengharapkan periode ini terus berlanjut mengingat siswa sekolah masih menjalani liburan sehingga peluang keterisian kamar hotel masih ada.

"Kami berharap jumlah keterisian kamar hotel tetap tinggi hingga awal bulan Juli 2018 nanti," ujarnya.

Maulana mengatakan sebagian besar wisatawan yang datang ke Sumatera Barat merupakan wisatawan domestik yang datang dari provinsi tetangga seperti Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Selatan dan Bengkulu yang berkeliling di daerah itu melalui jalur darat.

Mereka ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu tidak melakukan pemesanan secara daring atau telepon kepada pihak hotel, namun mereka datang langsung ke hotel untuk menginap.

Hal ini menyebabkan jumlah ketersediaan kamar hotel yang pagi harinya masih banyak kosong dan tiba-tiba akan penuh pada siang atau sore harinya.

"Biasanya yang melakukan pemesanan melalui internet atau telepon adalah wisatawan yang datang ke Sumbar menggunakan maskapai penerbangan," kata dia.

Terkait dengan tarif kamar hotel yang naik ketika libur lebaran, dirinya mengatakan manajemen hotel profesional tidak akan pernah menaikkan tarif hotel karena mereka telah mengeluarkan tarif resminya kepada publik.

Namun ketika musim sepi kunjungan, manajemen hotel biasanya memberikan potongan harga kepada mayarakat yang menginap di hotel mereka sedangkan saat musim ramai kunjungan tarif tersebut kembali normal.

"Kalau manajemen hotel tersebut profesional tidak akan menaikkan tarif hotel saat libur tapi mereka mengembalikan ke harga normal tanpa ada potongan harga," kata dia. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

Selasa, 23 April 2019 - 01:35 WIB

Bank BTN Gelar Akad Kredit Massal untuk 8.500 Unit Rumah Bernilai Rp1 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menggelar akad massal untuk 8.500 unit rumah yang digelar secara serentak di seluruh kantor cabang perseroan dengan total nilai mencapai lebih…

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Senin, 22 April 2019 - 21:01 WIB

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Presiden Jordan Medical Aid For Palestinians (MAP), Prince El Hassan Bin Talal, meresmikan klinik bantuan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk pengungsi Palestina di Yordania. “Klinik…

Traveloka Epic Sale 2019

Senin, 22 April 2019 - 20:46 WIB

Mudahkan Pengguna Wujudkan Impian Liburan Hari Raya, Traveloka Hadirkan EPIC Sale 2019

Para pengguna Traveloka sebentar lagi akan dapat menikmati potongan harga terbatas yang luar biasa melalui program khusus Traveloka Epic Sale. Program yang akan berlangsung pada tanggal 24-27…

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:30 WIB

Capres Prabowo Sakit, Tak Bisa Bertemu Utusan Capres Jokowi

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo menyebutkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak bisa bertemu…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:15 WIB

Kejar Target Pertumbuhan Industri 5,4 Persen, Ini Program Strategis Menperin

Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompeten terutama yang siap menghadapi era industri 4.0.