Tingkat Hunian Hotel Sumbar Libur Lebaran Capai 90 Persen

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 24 Juni 2018 - 15:00 WIB

Tari Indang, Tarian dari Minang, Pariaman, Provinsi Sumatera Barat (Foto: Ist)
Tari Indang, Tarian dari Minang, Pariaman, Provinsi Sumatera Barat (Foto: Ist)

INDUSTRY.co.id - Padang- Ketua DPD Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI)  Sumatera Barat Maulana Yusran mengatakan tingkat hunian hotel di daerah itu dalam periode libur bersama Idul Fitri 1439 Hijriah mencapai 90 persen.

"Hal ini terjadi merata di seluruh hotel yang ada di Sumatera Barat mulai dari Kota Padang, Bukittinggi, Sawahlunto, Payakumbuh, Pesisir Selatan, Batusangkar dan lainnya," kata dia di Padang, Sabtu (23/6/2018)

Menurut dia peningkatan hunian hotel itu telah terjadi sejak empat hari sebelum lebaran 2018 dan terus berlanjut hingga saat ini. Pihaknya mengharapkan periode ini terus berlanjut mengingat siswa sekolah masih menjalani liburan sehingga peluang keterisian kamar hotel masih ada.

"Kami berharap jumlah keterisian kamar hotel tetap tinggi hingga awal bulan Juli 2018 nanti," ujarnya.

Maulana mengatakan sebagian besar wisatawan yang datang ke Sumatera Barat merupakan wisatawan domestik yang datang dari provinsi tetangga seperti Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Selatan dan Bengkulu yang berkeliling di daerah itu melalui jalur darat.

Mereka ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu tidak melakukan pemesanan secara daring atau telepon kepada pihak hotel, namun mereka datang langsung ke hotel untuk menginap.

Hal ini menyebabkan jumlah ketersediaan kamar hotel yang pagi harinya masih banyak kosong dan tiba-tiba akan penuh pada siang atau sore harinya.

"Biasanya yang melakukan pemesanan melalui internet atau telepon adalah wisatawan yang datang ke Sumbar menggunakan maskapai penerbangan," kata dia.

Terkait dengan tarif kamar hotel yang naik ketika libur lebaran, dirinya mengatakan manajemen hotel profesional tidak akan pernah menaikkan tarif hotel karena mereka telah mengeluarkan tarif resminya kepada publik.

Namun ketika musim sepi kunjungan, manajemen hotel biasanya memberikan potongan harga kepada mayarakat yang menginap di hotel mereka sedangkan saat musim ramai kunjungan tarif tersebut kembali normal.

"Kalau manajemen hotel tersebut profesional tidak akan menaikkan tarif hotel saat libur tapi mereka mengembalikan ke harga normal tanpa ada potongan harga," kata dia. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Konferensi Pers Kinerja Industri Asuransi Jiwa Kuartal III 2019

Minggu, 15 Desember 2019 - 21:01 WIB

Total Pendapatan Industri Asuransi Jiwa Naik Sebesar 14,7%

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) memaparkan kinerja industri asuransi jiwa pada kuartal 2019, dengan menghimpun data dari 59 perusahaan dari 60 total anggota. Hasil data tersebut menunjukkan…

Asuransi Ilustrasi

Minggu, 15 Desember 2019 - 19:30 WIB

Literasi Dorong Industri Asuransi Syariah

Jakarta - Perkumpulan Ahli Asuransi Syariah (Islamic Insurance Society) atau IIS melakukan kegiatan literasi untuk mempromosikan dan mensosialisasikan ilmu dan pengetahuan tentang perasuransian…

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (tengah) bersama Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana (kedua dari kiri), Direktur Wholesale and International Business Telkom Edwin Aristiawan (kedua dari kanan), dan Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin (paling kanan)

Minggu, 15 Desember 2019 - 19:15 WIB

Indigo Game Startup Incubation Dukung Pengembangan Ekosistem Game di Indonesia

Jakarta – Setelah diluncurkan pada September 2019 lalu, rangkaian kegiatan Indigo Game Startup Incubation yang diiniasi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) secara resmi berakhir yang…

Dukung Industri Pariwisata, Wings Air Terbang dari Sorong ke Nabire

Minggu, 15 Desember 2019 - 18:00 WIB

Dukung Industri Pariwisata, Wings Air Terbang dari Sorong ke Nabire

Apa yang terlintas dibenak ketika mendengar Papua Barat? Mayoritas yang terpikir ialah nama Raja Ampat dengan surga bawah laut sebagai tujuan popular berwisata dari berbagai penjuru dunia.

Perum Jamkrindo tanam pohon di Ciletuh

Minggu, 15 Desember 2019 - 17:18 WIB

Jamkrindo Ikut Hijaukan Geopark Ciletuh

Sukabumi - Perum Jamkrindo ikut berpartisipasi menghijaukan kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark sebagai bagian upaya perusahaan dalam mendukung pelestarian alam. Program itu…