Kabar Gembira Buat Pelaku Industri! Menteri ESDM Pastikan Program HGBT US$ 6 Lanjut....

Oleh : Hariyanto | Selasa, 07 Mei 2024 - 17:42 WIB

Menteri ESDM Arifin Tasrif
Menteri ESDM Arifin Tasrif

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan program Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) US$ 6 per MMBTU untuk industri akan terus berlanjut. Hal ini selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam meningkatkan daya saing industri RI.

Menteri Arifin mengatakan, dilanjutkannya program ini akan dapat mendorong pertumbuhan sektor industri. Adapun program HGBT sudah berjalan sejak 2020 dan akan berakhir pada 2024. Insentif HGBTU US$ 6 per MMBTU ini diberikan kepada tujuh sektor industri mulai dari pupuk, petrokimia, oleochemical, baja, keramik, kaca, hingga sarung tangan karet. 

"Ini insya Allah akan dilanjutkan. Dan kita juga sedang berupaya membangun lagi infrastruktur gas, supaya bisa dimanfaatkan," ujar Menteri Arifin di JCC Senayan, Jakarta, Senin (6/5/2024).

Menteri Arifin mengatakan, harga gas bumi sangat berpengaruh pada beban produksi industri. Maka dari itu, pemberian insentif harga gas murah diharapkan bisa mendukung produksi industri sehingga semakin kompetitif dan berkembang. Hal itu sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin ada taktis yang bisa mendorong industri Indonesia lebih berdaya saing dengan negara lainnya. 

"Kita harapkan industri terus berkembang. Dengan harga tenaga (gas) itu kan competitiveness (daya saing) juga. Pak Presiden kan harapnya begini, kita harus kompetitif kan. Harus punya rencana taktis yang bisa meningkatkan competitiveness. Itulah salah satu idenya dengan harga gas," jelas Menteri Arifin. 

Menteri Arifin menambahkan, seiring dengan pembangunan infrastruktur gas yang saat ini dilakukan untuk mendukung distribusi gas, maka nantinya bisa dimanfaatkan untuk program jaringan distribusi gas (jargas) rumah tangga. Dengan demikian, pemanfaatan gas alam melalui jargas tersebut akan mengurangi impor LPG, yang kemudian berdampak pada penghematan devisa negara. 

"Jadi nanti juga bisa jadi jargas itu. Jargas itu bisa gantiin impor LPG. Kalau enggak kan, devisa kita abis semua. Sedangkan kita produksi gasnya akan banyak," kata Menteri Arifin. 

Adapun pembahasan kebijakan perpanjangan harga gas murah sedang dibahas Kementerian ESDM bersama Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Sebelumnya Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita sudah berikirim surat kepada Menteri ESDM agar melanjutkan program HGBT. Menperin Agus kembali menegaskan, pihaknya bertekad untuk terus memperjuangkan agar kebijakan Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) dapat dinikmati oleh seluruh sektor industri agar bisa mendongkrak daya saingnya. 

Oleh karena itu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah mengirimkan surat evaluasi program tersebut ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"HGBT selalu kami akan perjuangkan. Kita semua paham manfaat dari HGBT. Jadi, kami berharap ESDM segera mengeluarkan kebijakan untuk memberikan HGBT sesuai dengan Perpres,” ujar Menperin Agus di Jakarta, Kamis (2/5/2024) lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kiri ke kanan: ignasius arrie setiawan, komisaris, melly elita, direktur, tjia tjhin hwa komisaris, kiki sadrach dirut

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:29 WIB

Top! KKES Ekspansi ke Timur Indonesia, Targetkan Pertumbuhan Penjualan di Atas 11% dan Laba di Atas 14% pada 2024

Jakarta– PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk (KKES) distributor dan importir bahan kimia maupun bahan baku untuk pertanian dan industri baru saja melaksanakan RUPST & paparan publik. Dalam kegiatan…

MenKopUKM Teten Masduki

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:13 WIB

Orasi Ilmiah di UMMI, Menteri Teten Tekankan Pentingnya Bangun Industri UMKM Berbasis Keunggulan Domestik

Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki menekankan pentingnya membangun industri UMKM berbasis keunggulan domestik, serta mengolah sumber daya alam hasil perkebunan dan pertanian…

Kika: Warit Jintanawan, Direktur PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (kedua dari kiri). Budyanto Totong, Founder dan Dirut PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (tengah) Andy Totong, Direktur Utama Mitra10 (kedua dari kanan)

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:05 WIB

Perkuat Pasar di Jawa Barat, Mitra10 & Atria Ekspansi ke Sawangan Depok

Depok– Mitra10 memperkuat penetrasi pasar ritel modern bahan bangunan dan pelengkapan rumah, bersama dengan Atria yang menguasai pasar ritel modern furnitur dan matras, membuka flagship store…

Jajaran direksi PT Mora Telematika Indonesia Tbk.

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:55 WIB

Absen Tebar Deviden, Moratelindo Bakal Gencar Ekspansi Jaringan Telekomunikasi

PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) atau Moratelindo menetapkan untuk menggunakan laba bersih senilai Rp678,17 miliar sebagai laba ditahan. Kemudian, sisanya, laba bersih yang senilai Rp1…

6IXTY8IGHT

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:37 WIB

Sepanjang 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. Catat Kenaikan Penjualan Bersih Sebesar 23%

Sepanjang tahun 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (Perseroan) berhasil mencatatkan kenaikan penjualan bersih sebesar 23% menjadi Rp3,7 triliun dengan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik…