Ini Strategi Matahari Departement Store Hadapi Gempuran E Commerce

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 13 Oktober 2017 - 09:10 WIB

Merchandising Marketing and Store Operations Director PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) Christian Kurnia
Merchandising Marketing and Store Operations Director PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) Christian Kurnia

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Jelang penghujung tahun, sektor retail belum sepenuhnya pulih dari keterpurukan. Jatuhnya sektor yang paling dekat dengan konsumen ini, mulai tampak sejak tahun lalu.

Kondisi ini tidak dipungkiri oleh Merchandising Marketing and Store Operations Director PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) Christian Kurnia. Meskipun sudah ada tren positif, tapi sektor retail dikatakan Christian masih merangkak.

"Belum sepenuhnya rebound tapi sudah menunjukkan satu tren yang positif, sebetulnya kan secara keseluruhan dari menurut orang yang menganalisa setelah lebaran tahun lalu kan sedikit menurun atau mengalami angka yang cukup berat," ujar dia, Jumat (13/10/2017).

Ibarat jatuh tertimpa tangga, retail offline juga harus menghadapi gempuran dari bisnis retail online. Sehingga, Christian mengatakan pelaku retail offline harus melakukan adaptasi, hal ini pula yang diterapkannya pada Matahari dengan mengakomodasi layanan online melalui Mataharimall.com

"Kuncinya toko offline akan bisa terus bertahan kalau beradaptasi, kalau tidak ya akan susah untuk mengikutinya. Nah jadi supaya bisa bertahan di kondisi ini riteler harus beradaptasi,"kata dia.

Tetapi, kehadiran Mataharimall.com dikatakan Christian belum memberikan sumbangsih yang besar bagi sang induk. Hanya dia memastikan, angkanya terus tumbuh secara signifikan. "Online masih kecil, angka pasti enggak bisa berikan. Matahari harus bisa beradaptasi pengalaman belanja yang enggak bisa didapatkan di online," tukas dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Legenda Sepak Bola Luis Figo

Minggu, 26 Januari 2020 - 18:30 WIB

Legenda Sepak Bola Luis Figo Ikut Promosikan UEFA EURO 2020 akan Tayang di RCTI

Untuk Ke 7 kalinya MNC group menjadi Official Broadcaster UEFA EURO 2020. MNC Group melalui RCTI dan PT MNC Vision Networks Tbk (MVN) dipercaya untuk menjadi Official Broadcaster UEFA EURO 2020…

Maskapai Garuda Indonesia

Minggu, 26 Januari 2020 - 18:00 WIB

Garuda Indonesia Tingkatkan Kewaspadaan Penyebaran Virus Pneumonia Wuhan

Maskapai nasional Garuda Indonesia meningkatan upaya antisipatif dan kewaspadaan atas merebaknya penyebaran virus pneumonia Wuhan atau novel coronavirus (nCoV) .

Diskusi Pencak Silat Betawi di TIM

Minggu, 26 Januari 2020 - 16:17 WIB

Ini Arah Pencak Silat Betawi Sebagai Warisan Budaya Dunia tak Benda

Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) telah menetapkan pencak silat sebagai salah satu Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Dunia dari Indonesia dalam…

Tol Hutama Karya

Minggu, 26 Januari 2020 - 16:00 WIB

Hutama Karya-BPJT dan ATI Gelar Aksi Keselamatan di Jalan Tol

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali melanjutkan kampanye peningkatan kesadaran keselamatan dalam berkendara di jalan tol yang dikelolanya. Kampanye bertajuk SETUJU yang merupakan…

Traktor untuk pertanian

Minggu, 26 Januari 2020 - 15:57 WIB

Kementan Dorong Pemanfaatan Lahan Di Wilayah Perhutanan Sosial

Kementan sejak tahun 2017 sudah mulai memanfaatkan lahan di perhutanan untuk pertanaman komoditas tanaman pangan.