Ini Strategi Matahari Departement Store Hadapi Gempuran E Commerce

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 13 Oktober 2017 - 09:10 WIB

Merchandising Marketing and Store Operations Director PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) Christian Kurnia
Merchandising Marketing and Store Operations Director PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) Christian Kurnia

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Jelang penghujung tahun, sektor retail belum sepenuhnya pulih dari keterpurukan. Jatuhnya sektor yang paling dekat dengan konsumen ini, mulai tampak sejak tahun lalu.

Kondisi ini tidak dipungkiri oleh Merchandising Marketing and Store Operations Director PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) Christian Kurnia. Meskipun sudah ada tren positif, tapi sektor retail dikatakan Christian masih merangkak.

"Belum sepenuhnya rebound tapi sudah menunjukkan satu tren yang positif, sebetulnya kan secara keseluruhan dari menurut orang yang menganalisa setelah lebaran tahun lalu kan sedikit menurun atau mengalami angka yang cukup berat," ujar dia, Jumat (13/10/2017).

Ibarat jatuh tertimpa tangga, retail offline juga harus menghadapi gempuran dari bisnis retail online. Sehingga, Christian mengatakan pelaku retail offline harus melakukan adaptasi, hal ini pula yang diterapkannya pada Matahari dengan mengakomodasi layanan online melalui Mataharimall.com

"Kuncinya toko offline akan bisa terus bertahan kalau beradaptasi, kalau tidak ya akan susah untuk mengikutinya. Nah jadi supaya bisa bertahan di kondisi ini riteler harus beradaptasi,"kata dia.

Tetapi, kehadiran Mataharimall.com dikatakan Christian belum memberikan sumbangsih yang besar bagi sang induk. Hanya dia memastikan, angkanya terus tumbuh secara signifikan. "Online masih kecil, angka pasti enggak bisa berikan. Matahari harus bisa beradaptasi pengalaman belanja yang enggak bisa didapatkan di online," tukas dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penataan Goa Batu Cermin

Rabu, 08 Juli 2020 - 07:29 WIB

Kementerian PUPR Lakukan Penataan Goa Batu Cermin di KSPN Labuan Bajo

Goa Batu Cermin merupakan destinasi wisata "perut bumi" dengan pesona batu karang yang berkilau seperti cermin karena terkena sinar matahari.

Kementerian Perdagangan Terbitkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 62 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 63 Tahun 2020

Rabu, 08 Juli 2020 - 07:15 WIB

Terkait AHKFTA dan IA-CEPA, Mendag Agus Terbitkan Permendag Nomor 62 dan 63 Tahun 2020

Kementerian Perdagangan menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 62 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 63 Tahun 2020. Diterbitkannya dua Permendag tersebut bertujuan untuk…

Ilustrasi Sapi (Foto Ist)

Rabu, 08 Juli 2020 - 07:08 WIB

Berbobot Satu Ton Sapi Kurban dari Presiden Jokowi

Di hari raya Idul Adha 1441 Hijriah, Presiden Joko Widodo akan berkurban di Provinsi Jambi dengan bobot sapi kurban mencapai satu ton lebih.

Korps Marinir dan BNPT Tingkatkan Kerja Sama Penanggulangan Terorisme

Rabu, 08 Juli 2020 - 06:15 WIB

Korps Marinir dan BNPT Tingkatkan Kerja Sama Penanggulangan Terorisme

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han)., menghadiri undangan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (Ka BNPT) Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli…

Ilustrasi Pendaftar CPNS

Rabu, 08 Juli 2020 - 06:15 WIB

Jangan Sedih Ya! Kemenkeu "Setop" Lowongan CPNS Termasuk Lulusan STAN

Selain moratorium rekrutmen CPNS, Kemenkeu juga memutuskan untuk menutup sementara rekrutmen pegawai lulusan Politeknik Keuangan Negara (PKN) Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) pada 2020.