PAPDI Perbarui Rekomendasi Vaksin Dewasa Dengan Menambahkan PCV15

Oleh : Nina Karlita | Senin, 29 April 2024 - 21:00 WIB

 PAPDI Umumkan Pembaruan Rekomendasi Jadwal Vaksinasi Dewasa 2024
PAPDI Umumkan Pembaruan Rekomendasi Jadwal Vaksinasi Dewasa 2024

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) mengumumkan pembaruan rekomendasi jadwal vaksinasi dewasa di tahun 2024 dengan menambahkan vaksin Pneumokokal Konjugat 15-valent (PCV15). 

Selain diberikan kepada bayi dan anak-anak, vaksin PCV15 juga telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk diberikan kepada dewasa guna memberikan perlindungan terhadap 15 serotipe bakteri pneumokokus. 

Penambahan vaksin PCV15 melengkapi 22 jenis vaksin yang direkomendasikan PAPDI bagi kalangan dewasa mulai dari 18 tahun hingga lansia, sebagai bagian dari upaya memperkuat perlindungan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. 

“Pemberian vaksin merupakan langkah penting dalam upaya perlindungan kesehatan masyarakat. Memahami hal ini, PAPDI berkomitmen untuk terus menyedikan rekomendasi vaksin yang terkini dan berbasis bukti ilmiah, untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Indonesia," kata Ketua Umum PB PAPDI, Dr. dr. Sally Aman Nasution SpPD, K-KV, FINASIM, FACP . 

MSD Indonesia terus mengembangkan berbagai solusi kesehatan inovatif yang bertujuan untuk memajukan pencegahan dan pengobatan penyakit, guna menyelamatkan dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Indonesia.

Salah satu penyakit yang dapat dicegah penyebarannya melalui vaksinasi adalah pneumonia. Pneumonia merupakan peradangan jaringan paru yang utamanya disebabkan oleh berbagai virus, bakteri, dan jamur. 

Saat ini di Indonesia, pneumonia menjadi salah satu dari sepuluh kasus rawat inap terbanyak  dengan perkiraan biaya pengobatan rata-rata lebih dari 18 juta rupiah untuk rawat inap selama 6 hari.  

Sementara berdasarkan data BPJS, pneumonia menjadi salah satu penyakit dengan beban biaya tertinggi.  Salah satu langkah penting yang perlu dilakukan untuk menekan tingginya tingkat kasus dan sebagai upaya pencegahan terhadap pneumonia adalah dengan melakukan vaksinasi PCV.

"Selain mencegah pneumonia, vaksinasi PCV juga dapat membantu mencegah beberapa penyakit lain, seperti radang selaput otak (meningitis), infeksi darah (bakteremia) dan radang telinga (otitis) yang disebabkan oleh bakteri pneumokokus,” jelasAnggota Bidang Pengembangan Profesi dan Penelitian PAPDI, dr. Ceva Wicaksono Pitoyo, SpPD, K-P, FINASIM, KIC. 

Inilah mengapa, PCV menjadi salah satu vaksin yang direkomendasikan PAPDI untuk diberikan ke masyarakat populasi dewasa, guna menekan angka penularan pneumonia. 

Urgensi pemberian vaksin pneumonia bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan dalam negeri seperti mudik, serta luar negeri, dianjurkan untuk mendapatkan setidaknya 1 dosis vaksin PCV, selain vaksin meningitis dan polio (untuk area tertentu) yang memang telah diwajibkan.

Vaksin PCV tidak memerlukan booster kecuali diperlukan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan para jamaah dan melindungi mereka dari risiko pneumonia, sebagai penyakit yang sering ditemukan selama musim Haji. Diharapkan, perlindungan yang lebih efektif dapat tercapai melalui kehadiran PCV15.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direksi PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG

Kamis, 16 Mei 2024 - 18:51 WIB

Saratoga Tebar Dividen Rp22 per Lembar Saham

PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (“Saratoga” dengan kode saham:SRTG) akan membagikan dividen tunai sebanyak-banyaknya sebesar Rp298,43 miliar atau sekitar Rp22 per lembar saham untuk tahun…

Green Marketing (Ilustrasi)

Kamis, 16 Mei 2024 - 18:50 WIB

Green Marketing and Toyota's Green Marketing Practices

Green marketing, also known as environmental marketing, is a market marketing strategy that is guided by environmental protection. It focuses on how to integrate environmental factors into all…

Chief Executive Officer Telin, Budi Satria Dharma Purba (kiri) dan Chief Executive Officer BW Digital, Ludovic Hutier usai penandatanganan nota kesepahaman (MoU) untuk pengembangan dan pembangunan bersama Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Hawaiki Nui 1 di Washington DC

Kamis, 16 Mei 2024 - 18:40 WIB

Telin dan BW Digital Jalin Kolaborasi Percepat Konektivitas di Wilayah Indonesia dan Australia

Anak perusahaan Telkom Indonesia, PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) dan BW Digital mengumumkan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) untuk pengembangan dan pembangunan bersama…

Ilustrasi AI

Kamis, 16 Mei 2024 - 18:24 WIB

Red Hat OpenShift AI Hadirkan Fleksibilitas AI Prediktif dan AI Generatif di Hybrid Cloud

Dari pusat data on-premise, di public cloud, hingga ke edge, Red Hat OpenShift AI menghadirkan individualisasi dan pilihan untuk membantu enterprise mengimbangi lonjakan beban kerja cerdas

Foto : Stavian Industrial Metal SEAISI Conference Exhibition

Kamis, 16 Mei 2024 - 16:43 WIB

Stavian Industrial Metal Siap Dorong Pertumbuhan berkelanjutan Industri Baja Asia Tenggara

Stavian Industrial Metal Joint Stock Company bergabung sebagai sponsor dan berpartisipasi di SEAISI 2024 Conference & Exhibition yang berlangsung pada 13-16 Mei 2024 di Ariyana Convention Center,…