Tanpa Dukungan Dana Freeport, Persipura Jayapura Tetap Ikut Kompetisi Liga 1

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 Maret 2017 - 09:30 WIB

Persipura- Foto IST
Persipura- Foto IST

INDUSTRY.co.id - Jayapura- Tim juara Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, Persipura Jayapura, pastikan tetap mengikuti kompetisi Liga 1 yang akan bergulir dalam waktu dekat ini meski tanpa dukungan dana dari PT Freeport Indonesia.

Ketua Umum Persipura Jayapura Benhur Tommy Mano yang akrab disapa BTM ketika dihubungi awak media dari Kota Jayapura, Papua, Minggu malam (20/3/2017) membenarkan kepastian tersebut sekaligus menepis kabar bahwa Boaz TE Solossa dan kawan-kawan tidak bisa berlaga karena kurangnya dukungan dana dari sponsor.

"Sabtu (18/3) malam saya dihubungi Ketua Persipuramania, saudara Wilson Samonsabra. Dia bertanya kondisi terkini Persipura seperti apa, saya sampaikan bahwa puji Tuhan akhirnya Persipura bisa kita pastikan ikut kompetisi. Dasarnya adalah kami dibantu pihak-pihak swasta, walaupun tidak besar tetapi masuk hitungan atau batas aman untuk operasional dan gaji pemain," katanya.

Menurut dia, ketua Persipuramania Wilson Samonsabra ingin membantu soal sponsor bagi tim Mutiara Hitam agar tetap berlaga di Liga 1.

"Kepentingan ketua Persipuramania adalah mereka mau berupaya membantu juga, tapi saya sampaikan tidak perlu. Kami sudah rapat manajemen dan manajer sudah sampaikan hitung-hitungannya ke saya, jadi kesimpulannya kita sudah bisa bernafas," katanya.

Persoalan ini juga, kata BTM, bukan saja dari Persipuramania yang ingin membantu tetapi sudah sejak lama beberapa kepala daerah dari Papua dan Papua Barat sampaikan keinginan mereka untuk menyokong Persipura.

"Tapi tidak bisa kami terima karena klub profesional tidak diperbolehkan menggunakan APBD. Ini uang dalam jumlah besar jadi kami tidak boleh gegabah, kami juga sudah jelaskan ke mereka dan mereka mengerti," katanya.

"Beberapa tahun lalu ada juga pejabat daerah yang menawarkan uluran tangannya untuk bantu Persipura, tetapi kami lihat ada kepentingan lain jadi kami tolak. Yah, kami senang juga banyak yang mau bantu tapi kami juga harus taat aturan," sambungnya.

BTM yang juga ketua Asprov PSSI Provinsi Papua menegaskan bahwa intinya tim kebanggaan warga Kota Jayapura dan Papua itu tetap bisa berkompetisi meskipun dengan dana yang tergolong minim.

"Intinya untuk berkompetisi musim ini manajemen sudah pastikan bisa, dukungan dana datang dari sponsor dan upaya yang dilakukan oleh manajer serta ada pihak lain juga yang membantu kami, nanti kita akan sampaikan," kata BTM

Sementara itu, Ketua Persipuramania, Wilson Samonsabra yang dihubungi terpisah meminta kepada manajemen Persipura agar tidak membuka pintu bagi PT Freeport Indonesia untuk membantu pada musim ini karena sejumlah alasan.

"Terkait tanggapan Freeport bahwa pintu dukungan dari mereka masih terbuka, saya rasa lucu sekali baca tanggapan itu. Menurut saya itu seperti anak kecil saja, mereka kirim surat resmi ke manajemen Persipura bahwa tidak bisa sponsor, tapi ke media dan publik mereka bicara lain, itu maksudnya apa? Seakan-akan mereka keras ke manajemen Persipura tetapi ke publik mereka mau tunjukkan lain," katanya.

"Saya selaku ketua Persipuramania minta kepada manajemen Persipura untuk tutup saja pintu permintaan sponsor dari Freeport. Kalau sudah ada sponsor lain, ya jalan dengan itu saja. Kalau Freeport mau bantu ya tahun depan saja, ini bukan saatnya untuk tarik ulur, kalau mau bantu ya bantu saja, jangan surat lain tapi bicara lain," sambungnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelombang tinggi (Foto Sindonews)

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:44 WIB

BMKG: Gelombang Laut Laut Sawu NTT Diprediksi Capai 3,5 Meter

Badan Meteorologi, Klimatologi dan dan Geofisika (BMKG) menyatakan gelombang tinggi yang terjadi pada beberapa wilayah perairan laut di Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini, akibat siklon tropis…

Kondisi Jalan Pasca Banjir Bandang Sentani Jayapura

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:37 WIB

11.156 Orang Pengungsi Banjir Jayapura Papua

Jumlah pengungsi yang terdampak banjir bandang di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, hingga Kamis (21/3/2019) mencapai 11.156 orang.

Mbak Tutut (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:29 WIB

Mbak Tutut : Perbedaan Memperkaya Indonesia Kita

Siti Hardijanti Rukmana, putri sulung Presiden Soeharto yang akrab disapa Mbak Tutut mengatakan, perbedaan dan keanekaragam di berbagai aspek di nusantara tercinta, justru akan memperkaya Indonesia.

Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 21:00 WIB

Capres Prabowo dan AHY Dijadwalkan Kampanye Akbar di Makassar

Calon Presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dijadwalkan melaksanakan kampanye akbar pada Minggu, 24 Maret 2019 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Eksplorasi Budaya Betawi Dalam Desain Kontemporer di Superdesign Show Milan 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:52 WIB

Delapan Ikon Betawi Pamer Budaya di Milan Design Week 2019

Setelah melewati proses kurasi, Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) oleh Artura kembali menampilkan karya desain kontemporer kreatif dalam ajang Super Design Show, yang merupakan bagian…