Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia
Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta. Pameran ini digagas akan menjadi pameran dagang (B2B) internasional terlengkap di Indonesia untuk sektor industri audio, video, musik, dan pencahayaan panggung yang menjadi cikal bakal titik temu tahunan produsen, distributor, penyedia layanan, dan profesional industri audio visual dan musik di Indonesia.

Perkembangan sektor industri audio, video, musik, dan pencahayaan panggung di Indonesia sendiri telah menjadi tulang punggung perkembangan beberapa sektor Industri seperti penata acara, hiburan, teknologi audio video untuk worship-hall, dan MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition), dan ini memberikan multiplier-effect ke berbagai sektor yang lain. Sebagai contoh, industri hiburan Indonesia sampai pertengahan 2023 telah memberikan penerimaan mencapai 640 milyar dari pajak acara-acara hiburan seperti festival musik saja. Untuk Industri MICE, tahun 2024 diprediksi akan mengalami peningkatan hingga 20%. Hal ini juga ditambah dengan hadirnya beberapa pasar internasional yang masuk ke Indonesia melalui berbagai kegiatan, ataupun pertandingan olahraga maupun konser musik berskala nasional dan internasional yang pada tahun 2023 bisa memberikan pergerakan ekonomi lebih dari 170 triliun. Segala perkembangan ini yang memantik kebutuhan adanya titik temu tahunan melalui Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) untuk bertukar pengetahuan mengenai perkembangan teknologi terbaru.

Dr. Mohamad Amin, M.Sn., M.A. Direktur Musik, Film, dan Animasi dari Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dalam sambutannya menyatakan bahwa, “Ketika kita bicara industri audio, video, musik, saya teringat betapa besarnya efek konser musik pada getaran ekonomi. Kita bisa lihat contohnya dari konser-konser selama tahun 2024, yang bisa memberikan lonjakan pemesanan hotel, pariwisata, dan penjualan lokal. Saya berharap, pameran ini adalah salah satu bagian untuk membentuk industri-industri kita, terutama untuk memajukan industri konser yang efeknya luar berharap terhadap ekonomi.”

Pameran Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) ini akan menempati area seluas kurang lebih 5,000 m2 menargetkan lima sub industri profesional dalam dan luar negeri diantaranya pro-audio, pro-media, pro-light, pro-stage, dan pro-music. Melengkapi pameran dagang, area outdoor dihadirkan sebagai demo area bagi produk-produk pro-audio. Area ini akan dimanfaatkan peserta pameran sebagai ajang merasakan langsung sensasi maksimal produk-produk yang ditawarkan.

Deny Yunus selaku direktur Songolas Exhibition Services (19 Events) penyelenggara Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 menyatakan, “Pameran ini adalah wujud kolaborasi kita bersama sub-sektor industri Pro Audio untuk kebutuhan audio, Pro Media untuk kebutuhan visual media, Pro Light untuk kebutuhan pencahayaan, Pro Stage untuk kebutuhan panggung, serta Pro Music untuk kebutuhan instrument dan musik. Kami juga mendapatkan dukungan penuh dari APAVMI selaku Asosiasi Penggiat Peralatan Audio Video Musik Indonesia”.

Hendry Kaihatu selaku Ketua Umum APAVMI (Asosiasi Penggiat Peralatan Audio Video Musik Indonesia) pun menyatakan dukungannya atas diselenggarakannya pameran berskala internasional ini. “Digelarnya acara JAVME untuk pertama kalinya ini tentu demi perkembangan industri audio visual dan musik Indonesia yang lebih berkualitas, dan sekaligus mendorong pertumbuhan komunitas pecinta musik dan audio visual serta mempromosikan produk audio visual berkualitas untuk para penggiat di Indonesia. Tentunya ini sejalan dengan situasi industri kreatif, terutama di bidang musik dan audio visual Indonesia yang semakin maju dari tahun ke tahun. Kita bisa melihat hal tersebut dari kesiapan Indonesia sebagai negara pemenang ASEAN Tourism Awards 2024 pada kategori ASEAN MICE Venue.”

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 mengedepankan konsep pameran dagang (B2B) yang ditujukan tidak hanya untuk buyer industri musik dan audio visual seperti berbagai organisasi, bisnis, dan komunitas yang memerlukan berbagai kebutuhan audio visual dan musik serta produk pendukungnya seperti kabel, sistem proyeksi, dan teknologi panggung. Berbagai profesional seperti konsultan, pemilik bisnis, DJ, manajer acara, production house, sound engineer, desainer, serta influencer juga bisa memenuhi kebutuhannya melalui kegiatan ini. Tidak hanya untuk memanfaatkan kebaruan teknologi yang dihadirkan, pengunjung juga bisa belajar banyak kemajuan industri ini dan membuka peluang untuk menjadi distributor, APM, ataupun mengembangkan kemampuan produksi lokal Indonesia. Kondisi ini diharapkan mampu membuka banyak peluang bisnis, serta kolaborasi antar bisnis seperti halnya produsen dan distributor yang dapat melakukan eksplorasi produk terbaru, jaringan untuk distribusi, konsultasi perizinan, serta kemitraan lainnya.

“Kehadiran JAVME 2024 ini tentu saja dapat menambah wawasan kami sebagai penggiat event untuk bisa terus memperbarui teknologi yang bisa kami tawarkan di industri kami. Kami bisa mendapat banyak hal baru untuk dipelajari demi mengembangkan Teknologi Penata Cahayaan yang nantinya akan sangat berguna untuk berbagai event di Indonesia. Ini bisa menjadi efek jangka panjang yang simultan kepada sektor-sektor lain yang aktif menggunakan jasa penata cahaya pada setiap kegiatan mereka,” tambah Donie Debirkud, Owner / Founder PECAHIN (Komunitas Penata Cahaya Indonesia).

Dengan proyeksi kehadiran pengunjung mencapai 20 ribu orang selama 4 hari penyelenggaraan, kegiatan ini akan dimeriahkan dengan berbagai demonstrasi produk, lokakarya, preview eksklusif dan perilisan produk, seminar tentang tren industri, dan forum business matching yang sesuai dengan kebutuhan buyer. Selain itu, kegiatan pameran ini menyediakan collaboration zone untuk berdiskusi dengan berbagai asosiasi dan komunitas, seperti APAVMI, PECAHIN, Komunitas RI (Rental Indonesia), RMI (Rental Muslim Indonesia), Invendo (Industri Event Indonesia) dan sebagainya.

Pameran B2B Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 akan diselenggarakan selama empat hari, mulai 27 hingga 30 November 2024. Bertempat di Hall B3 JIExpo Kemayoran, Jakarta. JAVME akan diselenggarakan co-located bersama dengan China HomeIife Indonesia 2024 dan Jakarta Pet Expo (JPE) 2024 pada tanggal dan tempat yang sama. Untuk informasi lebih lanjut tentang JAVME 2024, kunjungi www.javmeindonesia.com

Songolas Exhibition Services, PT (19 Events) merupakan anak perusahaan dari Amara Pameran Internasional (AMARA GROUP). AMARA GROUP merupakan perusahaan induk yang memiliki lebih dari lima anak perusahaan, tiga di antaranya telah bekerja sama dengan penyelenggara internasional ternama dunia. Amara Group memiliki lebih dari 15 portofolio pameran B2B dan B2C, menjadikannya pemimpin di setiap sektor.

Beberapa pameran luar biasa yang diadakan di bawah anak perusahaan AMARA GROUP adalah GAIKINDO International Auto Show, GAIKINDO Commercial Vehicle Expo, Indonesia Motorcycle Show, Jakarta Auto Week, Indonesia Dental Exhibition & Conference, Bali International Airshow, Mozaik Design Expo, dan masih banyak lagi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelanggan yang menerima hadiah Mobil dari Castrol

Senin, 17 Juni 2024 - 15:19 WIB

Ini Strategi Castrol Kerek Penjualan

Rangkaian program Ganti Sekarang Pakai Oli Castrol atau GASPOL Castrol yang telah berlangsung sejak 3 bulan lalu, telah berakhir.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi (kiri) menyerahkan secara simbolik hewan potong kepada duafa di Jakarta.

Senin, 17 Juni 2024 - 12:21 WIB

Sambut Idul Adha 1445 Hijriah, BSI Salurkan 9.390 Hewan Potong ke Seluruh Indonesia

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mendistribusikan 9.390 hewan potong yang sehat dan aman konsumsi bagi masyarakat duafa di berbagai wilayah Indonesia pada Idul Adha 1445 H.

Hutama Karya Group Salutkan 196 Hewan Kurban Sabut Idul Adha 1445 H

Senin, 17 Juni 2024 - 10:13 WIB

Hutama Karya Group Salutkan 196 Hewan Kurban Sabut Idul Adha 1445 H

Peringati Hari Raya Idul Adha 1445 H (2024), PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) bersama anak perusahaan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yakni HK Peduli Sosial,…

POLYTRON Hadir di PRJ dengan Promo Diskon Sampai Rp3 Juta: Solusi Perangkat Elektronik Modern

Senin, 17 Juni 2024 - 09:22 WIB

POLYTRON Hadir di PRJ dengan Promo Diskon Sampai Rp3 Juta: Solusi Perangkat Elektronik Modern

POLYTRON, salah satu merek elektronik terkemuka di Indonesia, dengan bangga mengumumkan partisipasinya di Pekan Raya Jakarta (PRJ) kali ini sebagai bagian dari upayanya untuk terus memenuhi…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat bertemu jajaran direksi Hozon Energy Automobile Co., Ltd. (Hozon),

Senin, 17 Juni 2024 - 07:40 WIB

Menperin Agus Temui Bos Neta Sampaikan Hal Ini

Pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi kepada perusahaan otomotif asal China, Hozon Energy Automobile Co., Ltd. (Hozon), yang telah merealisasikan investasinya melalui bendera PT Neta Auto…