Timah Konsisten Implementasikan Strategi

Oleh : Arya Mandala | Sabtu, 23 Juni 2018 - 16:30 WIB

PT Timah (Persero) Tbk
PT Timah (Persero) Tbk

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sebagai bentuk implementasi strategi pengembangan bisnis hilir timah, PT Timah Tbk menandatangani kerjasama strategis dengan Yunnan Tin Group selaku produsen timah terbesar dunia dalam memasarkan produk hilir.

 
Bertempat di Hotel Borobudur Jakarta  pada pada April lalu, PT TIMAH Tbk , selaku anggota Holding BUMN Industri Pertambangan, menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan untuk Tahun Buku 2017.
 
RUPS tersebut  menetapkan, membagikan deviden sebesar 35 persen  kepada pemegang saham. 
 
Rapat juga memutuskan perubahan pengurus di Dewan Komisaris. 
 
Dimana Komisaris Mochtar Husein digantikan oleh Rudy Suhendar.
 
Dari sisi kinerjanya, PT TIMAH berhasil meningkatkan kinerja,  yang ditandai dengan peningkatan laba bersih akhir periode sebesar 99 persen dari tahun lalu menjadi Rp502 miliar.
 
Direktur Utama PT TIMAH Tbk Mochtar Riza Pahlevi Tabrani mengatakan, strategi yang telah disusun pada tahun sebelumnya telah dilaksanakan secara konsisten. 
 
Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kinerja keuangan maupun kinerja operasi.
 
Selama tahun 2017 PT TIMAH Tbk telah melakukan pembelanjaan modal (capital expenditure) sebesar Rp779,81 miliar, dimana dana tersebut dialokasikan untuk pembesaran kapasitas pada mesin dan instalasi, sarana pendukung produksi, rekondisi dan replacement serta pembangunan teknologi fuming. 
 
Belanja modal tersebut telah berhasil meningkatkan volume produksi bijih timah sebesar 29,26 persen dari 24,121 ton pada akhir tahun 2016 menjadi 31,178 ton pada akhir tahun 2017.
 
Selama tahun 2017, terdapat beberapa kejadian penting terkait implementasi strategi Perusahaan untuk mencapai visinya menjadi Perusahaan pertambangan terkemuka di dunia yang ramah lingkungan, antara lain:
 
Pertama, Penandatanganan kerjasama eksploitasi timah di Nigeria dengan Topwide Ventures Limited pada tanggal 7 Agustus 2017 sebagai implementasi strategi ekspansiinternasional bisnis timah dan menambah potensi jumlah sumber daya dan cadangan. 
 
Kedua, Penandatanganan kerjasama strategis dengan Yunnan Tin Group pada tanggal 14 September 2017 sebagai implementasi strategi pengembangan dan pemasaran bisnis hilir timah. 
 
Ketiga, Penerbitan Obligasi dan Sukuk Ijarah Tahap I sebesar Rp1,5 triliun pada tanggal 28 September 2017 sebagai implementasi strategi pembiayaan perusahaan yang efektif dan efisien. 
 
Keempat, menjadi anggota Holding BUMN Industri Pertambangan pada tanggal 29 Nopember 2017.
 
Industri Hilir
 
Sejak tahun 1998, PT TIMAH Tbk telah mengembangkan industri hilir logam timah melalui entitas anak yang dimiliki secara langsung yaitu PT Timah Industri dengah hasil produksi tin chemical dan tin solder. 
 
Sebagai bentuk implementasi strategi pengembangan bisnis hilir timah, PT Timah Tbk menandatangani kerjasama strategis dengan Yunnan Tin Group selaku produsen timah terbesar dunia dalam memasarkan produk hilir. 
 
Upaya ini membuahkan hasil dimana penjualan tin chemical dan tin solder mengalami peningkatan yang signifikan.
 
Sinergi dengan anggota Holding BUMN Industri Pertambangan dan BUMN lainnya untuk optimalisasi nilai BUMN. 
 
Dan, untuk mendukung perekonomian dan kesejahteraan rakyat, PT Timah Tbk juga bekerja sama dengan anggota Holding BUMN Industri Pertambangan maupun dengan BUMN lainnya. 
 
Sinergi yang dilakukan dengan anggota Holding BUMN Industri pertambangan yaitu PT Bukit Asam Tbk dan PT Aneka Tambang Tbk. 
 
Kerjasama tersebut untuk kegiatan eksplorasi dan pengadaan bahan baku.
 
Untuk kegiatan eksplorasi, PT Timah Tbk melakukan kerjasama dengan PT Aneka Tambang Tbk terkait jasa pemboran darat untuk pengembangan tambang timah primer. 
 
Adapun dalam proses peleburan logam timah, Perseroan bekerja sama dengan PT Bukit Asam Tbk untuk pengadaan antrasit.
 
Sedangkan sinergi dengan BUMN lainnya, Perseroan bekerja sama dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk untuk melakukan kerjasama layanan perbankan berupa pembayaran fasilitas bagi mitra perusahaan dalam bentuk kartu tambang yang bertujuan untuk mempermudah pembayaran imbal jasa kepada mitra tambang Perusahaan. 
 
Di samping itu Timah juga bekerja sama dengan Pertamina (Persero) dalam pengadaan bahan bakar HSD.
 
Kontribusi terhadap Negara.  Kinerja Timah  memberikan peningkatan kontribusi terhadap nilai tambah bagi pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya. 
 
Untuk kontribusi berupa pajak yang dibayarkan oleh Perseroan meningkat 120 persen yaitu sebesar Rp 409 miliar jika dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp185 miliar dan royalti naik sebesar 52 persen atau sebesar Rp263 miliar dari tahun sebelumya sebesar Rp173 miliar.
 
Untuk prospek usaha, berdasarkan data International Tin Association (ITA), pada tahun 2017 konsumsi logam timah dunia meningkat sebesar 3.2 persen. 
 
Dari data tersebut, penggunaan logam timah tidak hanya digunakan untuk elektronik dan tin plate saja, melainkan juga dikembangkan dalam pembuatan batere lithium, penggunaan komponen industri dan otomotif, PVC stabilizer yang lebih ramah lingkungan, dan lain sebagainya.
 
Seiring penggunaan timah yang terus berkembang tersebut, maka kebutuhan timah dunia pun diproyeksikan akan ikut meningkat sehingga industri pertimahan di tanah air dapat terus tumbuh dan berkembang.
 
PT TIMAH merupakan produsen dan eksportir logam timah, dan memiliki segmen usaha penambangan timah terintegrasi mulai dari kegiatan eksplorasi, penambangan, pengolahan hingga pemasaran. 
 
Ruang lingkup kegiatan Perusahaan meliputi juga bidang pertambangan, perindustrian, perdagangan, pengangkutan dan jasa. 
 
Kegiatan utama perusahaan adalah sebagai perusahaan induk yang melakukan kegiatan operasi penambangan timah dan melakukan jasa pemasaran kepada kelompok usaha mereka. 
 
Perusahaan memiliki beberapa anak perusahaan yang bergerak dibidang perbengkelan dan galangan kapal, jasa rekayasa teknik, penambangan timah, jasa konsultasi dan penelitian pertambangan serta penambangan non timah. 
 
Perusahaan berdomisili di Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung dan memiliki wilayah operasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Riau, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara serta Cilegon, Banten.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

Jumat, 26 April 2024 - 14:21 WIB

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan. PGE Area Kamojang berhasil…

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…