Ini Strategi Surya Biru Murni Acetylene Kembangkan Bisnis agar Konsisten Bertumbuh

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 18 Desember 2023 - 09:07 WIB

Kiri-Kanan : Jajaran Direksi PT Surya Biru Murni Acetylene Tbk (SBMA) Ingo Steil Direktur Keuangan, Rini Dwiyanti Direktur Utama dan Iwan Sanyoto Direktur Operasional. (Foto: Humas SBMA)
Kiri-Kanan : Jajaran Direksi PT Surya Biru Murni Acetylene Tbk (SBMA) Ingo Steil Direktur Keuangan, Rini Dwiyanti Direktur Utama dan Iwan Sanyoto Direktur Operasional. (Foto: Humas SBMA)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indonesia telah mengalami industrialisasi dan pembangunan infrastruktur yang signifikan. Tren ini menciptakan peningkatan permintaan gas industri dalam konstruksi, fabrikasi logam, dan proses manufaktur lainnya.

 

Tahun 2023 telah menjadi tahun pertumbuhan bagi PT Surya Biru Murni Acetylene Tbk (SBMA). Peluncuran komersial Proyek Pengembangan Pabrik ASP pada 26 Juni 2023, menandai era baru bisnis perseroan.

 

“Dengan kapasitas yang lebih tinggi, teknologi yang lebih maju dan efisiensi yang lebih tinggi, kami siap memberikan produk berkualitas tinggi kepada pelanggan Kami,” kata Rini Dwiyanti Direktur Utama SBMA kepada Media, Jumat (15/12/2023).

 

Pertumbuhan bisnis ini buah manis dari inisiatif strategi SBMA yang mencerminkan dedikasi terhadap inovasi, keberlanjutan, dan keunggulan operasional di bidang manufaktur gas industri.

 

Surya Biru Murni Acetylene memprioritaskan inovasi teknologi dalam Sistem Manajemen Silinder, Sistem Kontrol Terdistribusi, dan sistem pemetaan transportasi untuk memastikan pelacakan waktu nyata dan pengoperasian otomatis. Komitmen terhadap keberlanjutan ini ditunjukkan dalam praktik pemanfaatan limbah dengan tetap mematuhi peraturan lingkungan. Melanjutkan komitmen ini, SBMA juga terlibat dalam layanan pengujian gas untuk menjamin standar kualitas tertinggi.

 

“Kedepan, SBMA akan terus melanjutkan kemitraan strategis dengan sektor-sektor utama. Mencermati lebih lanjut lanskap kompetitif kehadiran pasar yang kuat di banyak industri dan memantapkan langkah dalam merebut peluang investasi memanfaatkan proyek pembangunan infrastruktur,” ujar Rini.

 

Sementara itu, Iwan Sanyoto, Direktur Operasional SBMA, mengatakan, secara strategis,  SBMA akan  lebih memasifkan lagi inovasi teknologi pada sistem terintegrasi sumber daya manusia, teknologi informasi dan distribusi serta transportasi untuk pelacakan real-time, optimalisasi rute, dan pemantauan berbasis IoT.

 

SBMA juga sudah merencanakan investasi strategis pada truk tangki dan fasilitas pendukung pabrik dengan tujuan memastikan transportasi gas yang aman dan efisien sekaligus mendukung fleksibilitas dalam produksi dan distribusi.

 

“Tak lupa, SBMA juga akan mempererat pendekatan yang berpusat pada pelanggan untuk memberikan solusi yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan spesifik klien dan memberikan layanan responsif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan,” ujar Iwan.

 

Keunggulan operasional SBMA adalah mampu dengan cepat beradaptasi dalam merespons dinamika pasar dan perubahan peraturan secara tanggap dan efisien dalam memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang, imbuh Iwan.

 

 

Pengembangan Bisnis 2024

 

Ingo Steil, Direktur Keuangan SBMA, menegaskan, perseroan akan memperluas jaringan dengan menambah stasiun pengisian bahan bakar, yang bertujuan untuk mengoptimalkan proses distribusi. SBMA juga telah memiliki Akreditasi ISO 17025 untuk laboratorium gas guna memastikan standar tertinggi dalam presisi dan keandalan pengujian sebagai bentuk pengembangan bisnis yang berkelanjutan.

 

Tak hanya itu, SBMA juga akan memiliki akreditasi ISO 17025 untuk laboratorium gas yang memastikan standar tertinggi dalam presisi dan keandalan pengujian.

 

Pengembangan bisnis SBMA akan merambah produk gas baru dan inovatif, yang didorong oleh kemajuan teknologi dan permintaan pasar terhadap gas khusus serta Sistem Manajemen Tabung terintegrasi untuk memitigasi perkiraan penjualan, produksi, dan pemeliharaan.

 

Selama enam tahun terakhir, perusahaan secara konsisten meningkatkan pendapatannya sebesar 11% setiap tahun, sambil mempertahankan keuntungan rata-rata 5%. Tantangan terkini muncul karena peralatan produksi yang tidak efisien.

 

Untuk mengatasi hal ini, perusahaan dengan bijak berinvestasi dalam meningkatkan alat-alat ini guna meningkatkan efisiensi dan memangkas biaya. Langkah strategis ini mencerminkan komitmen terhadap perbaikan dan diharapkan dapat mengembalikan laba ke rata-rata historisnya.

 

Pertumbuhan substansial pada 2023 dibandingkan tahun sebelumnya menunjukkan kemampuan untuk bangkit kembali dan bergerak maju secara positif dalam hal keuangan. Meskipun ada tantangan awal dalam Harga Pokok Penjualan (HPP), Q3-2023 menunjukkan peningkatan yang signifikan.

 

“Peningkatan yang signifikan itu menunjukkan penerapan langkah-langkah efisiensi produksi, mengantisipasi momentum positif yang berkelanjutan, fokus strategis kami pada posisi efisiensi operasional, dan mempersiapkan landasan bagi pertumbuhan berkelanjutan di masa depan,” tutur Ingo.***

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aksi donor darah di BRI Insurance

Sabtu, 27 April 2024 - 19:11 WIB

BRI Insurance Lakukan Aksi Donor Darah Sebagai Bentuk Kemanusiaan dan Kepedulian Sosial

Sebagai wujud kepedulian terhadap sosial lingkungan di momen HUT 35, BRI Insurance menggelar acara donor darah untuk Pekerja sebagai bentuk kegiatan kemanusiaan yang berlangsung di kantor pusat…

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Sabtu, 27 April 2024 - 17:20 WIB

Ini Harapan Pengusaha Kawasan Industri untuk Pemerintahan Prabowo - Gibran

Himpunan Kawasan Industri (HKI) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih.

Warung madura

Sabtu, 27 April 2024 - 14:15 WIB

KemenKopUKM Tak Pernah Larang Warung Madura Buka 24 Jam

Menanggapi pemberitaan yang beredar di tengah masyarakat terkait dengan jam operasional warung madura, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) tidak pernah melarang warung madura untuk beroperasi…

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…