Inalum Terus Pacu BUMN Tambang Kuasai 100 Persen Cadangan Mineral Strategis

Oleh : Ridwan | Minggu, 18 Maret 2018 - 07:43 WIB

PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum)
PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum)

INDUSTRY.co.id -Pangkalpinang, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) terus melakukan upaya mendorong Badan Usaha Milik Negara pertambangan untuk menguasai seluruh cadangan mineral strategis.

Hal ini diupayakan mengingat kiprah BUMN yang masih kecil dibandingkan swasta dan perusahaan asing di Indonesia.

"Kita melalui pendanaan mendukung penuh upaya BUMN pertambangan untuk menguasai 100 persen cadangan mineral strategis di negeri ini," kata Direktur Keuangan PT Inalum Persero Oggy Ahcmad Kosasih seperti dilansir dari Antara, kemarin.

Ia menjelaskan salah satu tujuan pembentukan induk usaha (holding) BUMN pertambangan yaitu PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk dan PT Timah Tbk yaitu untuk menguasai cadangan mineral strategis.

"Mudah-mudahan dengan adanya holding ini dapat memberikan sumbangsih yang paling baik yang signifikan kepada BUMN pertambangan ini," katanya.

Oggy mengatakan saat ini cadangan mineral strategis di Indonesia masih didominasi perusahaan swasta nasional dan asing.

"Saat ini kiprah BUMN pertambangan menguasai cadangan mineral ini masih kecil dibandingkan perusahaan swasta di Indonesia," katanya.

Untuk itu, PT Inalum akan mendukung upaya-upaya yang dilakukan BUMN pertambangan dalam rangka menguasai cadangan mineral strategis ini.

"Kami berharap melalui kegiatan ini memberikan rekomendasi yang baik, sehingga apa yang menjadi tujuan pembentukkan holding ini terealisasi dengan baik," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

EXO-CBX membintangi iklan mobil Hyundai UV KONA Electric. (Source: Soompi)

Rabu, 25 April 2018 - 19:00 WIB

Gara-Gara EXO-CBX, Hyundai Hentikan Pre-Order Mobil Terbaru

Perusahaan mobil Korea Selatan terkenal, Hyundai baru-baru ini menghentikan pre-order mobil Hyundai bertipe UV KONA Electric, dikarenakan mobil tersebut mendadak sangat populer dikalangan publik.

OJK

Rabu, 25 April 2018 - 19:00 WIB

OJK Ungkap Kasus Penyelewengan BPR KAS Bali

Otoritas Jasa Keuangan mengungkap kasus tindak pidana perbankan yang dilakukan Direktur Utama BPR KS Bali Agung Sedana berinisial NS terkait pemberian kredit kepada 54 debitur dengan nilai Rp24,225…

Lampu Hias Jelang Hari Jadi Kota Surabaya (Foto: enciety.co)

Rabu, 25 April 2018 - 19:00 WIB

Jelang Hari Jadi Kota Surabaya, Ratusan dan Lampion Hiasi Jalan di Kota

Menjelang Hari Jadi Kota Surabaya (HKJS) yang ke-725 pada bulan Mei mendatang, ratusan lampu hias dan lampion dengan berbagai macam bentuk serta warna mulai menghiasi kawasan tengah Kota Surabaya…

Kepala Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian, Banun Harpini saat melepas ekspor perdana pisang Mas Tanggamus ke Cina

Rabu, 25 April 2018 - 18:54 WIB

Ekspor Produk Pertanian Asal Lampung Terus Meningkat

Lampung- Kementerian Pertanian melalui Kepala Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian Banun Harpini menyebutkan layanan karantina untuk menjamin keamanan dan kesehatan produk pertanian…

Alsintan dari Kementan

Rabu, 25 April 2018 - 18:46 WIB

Kementan Melakukan Pelatihan Alsintan, Petani Antusias

Subang-Balai Desa Bojong Jaya mendadak ramai sejak pukul 07:00 pada Rabu pagi (25/4), para petani dari seantero Kecamatan Pusaka Jaya antusias untuk mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) penggunaan,…