Inalum Terus Pacu BUMN Tambang Kuasai 100 Persen Cadangan Mineral Strategis

Oleh : Ridwan | Minggu, 18 Maret 2018 - 07:43 WIB

PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum)
PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum)

INDUSTRY.co.id -Pangkalpinang, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) terus melakukan upaya mendorong Badan Usaha Milik Negara pertambangan untuk menguasai seluruh cadangan mineral strategis.

Hal ini diupayakan mengingat kiprah BUMN yang masih kecil dibandingkan swasta dan perusahaan asing di Indonesia.

"Kita melalui pendanaan mendukung penuh upaya BUMN pertambangan untuk menguasai 100 persen cadangan mineral strategis di negeri ini," kata Direktur Keuangan PT Inalum Persero Oggy Ahcmad Kosasih seperti dilansir dari Antara, kemarin.

Ia menjelaskan salah satu tujuan pembentukan induk usaha (holding) BUMN pertambangan yaitu PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk dan PT Timah Tbk yaitu untuk menguasai cadangan mineral strategis.

"Mudah-mudahan dengan adanya holding ini dapat memberikan sumbangsih yang paling baik yang signifikan kepada BUMN pertambangan ini," katanya.

Oggy mengatakan saat ini cadangan mineral strategis di Indonesia masih didominasi perusahaan swasta nasional dan asing.

"Saat ini kiprah BUMN pertambangan menguasai cadangan mineral ini masih kecil dibandingkan perusahaan swasta di Indonesia," katanya.

Untuk itu, PT Inalum akan mendukung upaya-upaya yang dilakukan BUMN pertambangan dalam rangka menguasai cadangan mineral strategis ini.

"Kami berharap melalui kegiatan ini memberikan rekomendasi yang baik, sehingga apa yang menjadi tujuan pembentukkan holding ini terealisasi dengan baik," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Jumat, 21 September 2018 - 09:35 WIB

Hari Ini Rupiah Bakalan Menguat

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 14.848-14.835. Pergerakan Rupiah kembali mencoba menguat seiring masih adanya sentimen yang…

Layanan e-FLPP Kementerian PUPR Raih Penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik

Jumat, 21 September 2018 - 09:30 WIB

Layanan e-FLPP Kementerian PUPR Raih Penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik

Layanan e-FLPP yang dilaksanakan oleh PPDPP merupakan salah satu inovasi Kementerian PUPR untuk meningkatkan pelayanan penyaluran subsidi perumahan melalui program KPR Sejahtera FLPP (Fasilitas…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Jumat, 21 September 2018 - 09:28 WIB

IHSG Akan Bertahan Menghijau

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Diharapkan IHSG selanjutnya dapat bertahan di atas support 5896-5911 dan Resisten diharapkan dapat menyentuh kisaran 5950-5968. Kenaikan…

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. (Foto: IST)

Jumat, 21 September 2018 - 09:00 WIB

Urbanisasi Berdampak Positif Bagi Pertumbuhan Ekonomi

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan urbanisasi bisa berdampak positif bagi ekonomi apabila dikelola dengan baik.

World Bank (Foto Ist)

Jumat, 21 September 2018 - 08:45 WIB

Bank Dunia Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 5,2 Persen

Bank Dunia memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2018 akan mencapai 5,2 persen atau relatif sama dengan proyeksi pemerintah sebesar 5,14-5,21 persen.