Hari ini, Harga Minyak Mentah di Pasar Asia Relatif Stabil

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 08 Januari 2018 - 19:30 WIB

Kontraktor Pengeboran Pertambangan Minyak Mentah
Kontraktor Pengeboran Pertambangan Minyak Mentah

INDUSTRY.co.id, Singapura – Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) pada perdagangan hari ini di pasar Asia tercatat sebesar US$61,5 per barel, atau naik 6 sen dibandingkan sesi perdagangan sebelumnya.

Sementara itu, harga minyak mentah Brent naik tipis 4 sen ke posisi US$67,66 per barel dibandingkan sesi perdagangna sebelumnya.

Pekan lalu, harga WTI dan Brent di pasar Asia masing-masing sempat mencapai posisi US$62,21 per barel dan US$68,27 per barel. Harga kedua minyak mentah tersebut adalah yang teringgi sejak Mei 2015 lalu.

Harga kedua komoditas energi tersebut pada hari ini terlihat cukup stabil. Itu karena adanya penurunan jumlah rig pengeboran minyak yang beroperasi di Amerika untuk produksi baru. Menurut data perusahaan perminyakan Baker Hughes, total rig yang beroperasi turun lima unit menjadi tinggal 742 unit rig.

Karena itu, produksi minyak Amerika dalam waktu dekat diperkirakan dapat mencapai 10 juta barel per hari (bph). Itu berkat kenaikan produksi shale-oil. Pasalnya, hingga kini, hanya Rusia dan Arab Saudi saja yang dapat memproduksi minyak hingga di atas 10 juta bph.

Peningkatan produksi minyak Amerika akan membebani kebijakan pemangkasan produksi yang dilakukan Rusia dan berbagai negara Timur Tengah yang mendominasi Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC). Rencananya kebijakan yang telah dimulai Januari 2017 lalu itu akan dilanjutkan hingga akhir 2018.

“Pertarungan antara kebijakan OPEC langkah produksi minyak Amerika tersebut diprediksi berlangsung sengit pada tahun ini. Itu bakal menjadi faktor utama kenaikan harga minyak global,” ujar Stephen Innes, Kepala Perdagangan Pialang Berjangka Oanda utuk Asia-Pasifik di Singapura.

Kendati demikian, menurut Stephen, gejolak geopolitik di Timur Tengah akan tetap menjadi perhatian para pelaku pasar di pasar minyak internasional. Pasalnya, gejolak tersebut sangat berpotensi mengangkat harga minyak ke level lebih tinggi lagi. (Abraham Sihombing)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:00 WIB

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung penuh gelaran Super League Triathlon 2019, ajang unjuk kebugaran melalui olahraga multicabang yang digelar di Pulau Dewata, Bali, pada 23 – 24 Maret…

Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. (Foto: Agung/Humas)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 20:00 WIB

Jelang GP 2021, Presiden Jokowi Tingkatkan Pembangunan Jalan-Runway Bandara

Balapan MotoGP akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Jelang ajang kejuaraan dunia balap motor itu, Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga…

Askrindo Peduli

Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:22 WIB

Askrindo Peduli Lingkungan Bersama Kelurahan Kwitang

JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT BUMN Bersama, dan HUT PT Askrindo (Persero) yang ke-48 dilaksanakan kegiatan peduli lingkungan bersama di wilayah Kelurahan Kwitang.

kiri-Kanan) Ketua Forwarker–PWKI Edi Hardum, Direktur Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia(Padma) Indonesia Gabriel Goa dan Pengamat Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Timboel Siregar.

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:32 WIB

Kartu Prakerja, Jurus Jokowi Selamatkan Pengangguran

Ciloto- Program calon Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengenai kartu prakerja yang akan diluncurkan jika terpilih kembali menjadi Presiden di pemilihan Presiden 17 April 2019, patut didukung…

IKIMURA GROUP (Industry/foto: Herlambang)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:20 WIB

Gemilang di Tahun Lalu, PT Ikimura Group Bidik Pertumbuhan Bisnis Hingga 30 Persen di Tahun 2019

Imbas meningkatnya permintaan akan produk komponen otomotif juga dirasakan oleh salah satu perusahaan anak bangsa, PT Ikimura Group yang saat ini mendistribusikan dan memproduksi mettal cutting…