Hari ini, Harga Minyak Mentah di Pasar Asia Relatif Stabil

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 08 Januari 2018 - 19:30 WIB

Kontraktor Pengeboran Pertambangan Minyak Mentah
Kontraktor Pengeboran Pertambangan Minyak Mentah

INDUSTRY.co.id, Singapura – Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) pada perdagangan hari ini di pasar Asia tercatat sebesar US$61,5 per barel, atau naik 6 sen dibandingkan sesi perdagangan sebelumnya.

Sementara itu, harga minyak mentah Brent naik tipis 4 sen ke posisi US$67,66 per barel dibandingkan sesi perdagangna sebelumnya.

Pekan lalu, harga WTI dan Brent di pasar Asia masing-masing sempat mencapai posisi US$62,21 per barel dan US$68,27 per barel. Harga kedua minyak mentah tersebut adalah yang teringgi sejak Mei 2015 lalu.

Harga kedua komoditas energi tersebut pada hari ini terlihat cukup stabil. Itu karena adanya penurunan jumlah rig pengeboran minyak yang beroperasi di Amerika untuk produksi baru. Menurut data perusahaan perminyakan Baker Hughes, total rig yang beroperasi turun lima unit menjadi tinggal 742 unit rig.

Karena itu, produksi minyak Amerika dalam waktu dekat diperkirakan dapat mencapai 10 juta barel per hari (bph). Itu berkat kenaikan produksi shale-oil. Pasalnya, hingga kini, hanya Rusia dan Arab Saudi saja yang dapat memproduksi minyak hingga di atas 10 juta bph.

Peningkatan produksi minyak Amerika akan membebani kebijakan pemangkasan produksi yang dilakukan Rusia dan berbagai negara Timur Tengah yang mendominasi Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC). Rencananya kebijakan yang telah dimulai Januari 2017 lalu itu akan dilanjutkan hingga akhir 2018.

“Pertarungan antara kebijakan OPEC langkah produksi minyak Amerika tersebut diprediksi berlangsung sengit pada tahun ini. Itu bakal menjadi faktor utama kenaikan harga minyak global,” ujar Stephen Innes, Kepala Perdagangan Pialang Berjangka Oanda utuk Asia-Pasifik di Singapura.

Kendati demikian, menurut Stephen, gejolak geopolitik di Timur Tengah akan tetap menjadi perhatian para pelaku pasar di pasar minyak internasional. Pasalnya, gejolak tersebut sangat berpotensi mengangkat harga minyak ke level lebih tinggi lagi. (Aaham Sihombing)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian PUPR dan K-Water Tandatangani MoU Kerjasama Manajemen Sumber Daya Air

Kamis, 20 September 2018 - 10:38 WIB

Kementerian PUPR dan K-Water Tandatangani MoU Kerjasama Manajemen Sumber Daya Air

Kementerian PUPR dengan Korea Water Resources Corporation (K-Water) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) kerjasama di bidang pengelolaan sumber daya air yang dilakukan oleh Dirjen Sumber Daya…

Ilustrasi Pendaftar CPNS

Kamis, 20 September 2018 - 10:35 WIB

878 Formasi untuk Lulusan SLTA, Kemenkumham Buka Rekrutmen 2.000 CPNS

Sesuai Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 42 Tahun 2018 tanggal 2018, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) membuka rekrutmen…

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. (Foto: IST)

Kamis, 20 September 2018 - 10:30 WIB

Masyarakat Harus Manfaatkan Teknologi Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan Indonesia harus bisa memanfaatkan teknologi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lebih tinggi.

Pemeliharaan Sistem Irigasi

Kamis, 20 September 2018 - 10:04 WIB

Kegiatan Operasi dan Pemeliharaan Sistem Irigasi Berperan Penting Wujudkan Ketahanan Pangan

Dalam upaya meningkatkan suplai air irigasi yang kontinu, pada periode 2015-2019, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melakukan pembangunan 65 bendungan yang terdiri dari 16 bendungan…

Department Head of Partnership and Smallholder PT Astra Agro Lestari Tbk, Tidar Bagaskara,

Kamis, 20 September 2018 - 10:00 WIB

Kemitraan Tingkatkan Produktivitas Petani Sawit

Produktivitas perkebunan kelapa sawit yang dikelola oleh petani swadaya masih tergolong rendah. Yakni berkisar 16-18 ton tandan buah segar (TBS) per hektar per tahun. Jika dirata-rata, TBS tersebut…