Hari ini, Harga Minyak Mentah di Pasar Asia Relatif Stabil

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 08 Januari 2018 - 19:30 WIB

Kontraktor Pengeboran Pertambangan Minyak Mentah
Kontraktor Pengeboran Pertambangan Minyak Mentah

INDUSTRY.co.id, Singapura – Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) pada perdagangan hari ini di pasar Asia tercatat sebesar US$61,5 per barel, atau naik 6 sen dibandingkan sesi perdagangan sebelumnya.

Sementara itu, harga minyak mentah Brent naik tipis 4 sen ke posisi US$67,66 per barel dibandingkan sesi perdagangna sebelumnya.

Pekan lalu, harga WTI dan Brent di pasar Asia masing-masing sempat mencapai posisi US$62,21 per barel dan US$68,27 per barel. Harga kedua minyak mentah tersebut adalah yang teringgi sejak Mei 2015 lalu.

Harga kedua komoditas energi tersebut pada hari ini terlihat cukup stabil. Itu karena adanya penurunan jumlah rig pengeboran minyak yang beroperasi di Amerika untuk produksi baru. Menurut data perusahaan perminyakan Baker Hughes, total rig yang beroperasi turun lima unit menjadi tinggal 742 unit rig.

Karena itu, produksi minyak Amerika dalam waktu dekat diperkirakan dapat mencapai 10 juta barel per hari (bph). Itu berkat kenaikan produksi shale-oil. Pasalnya, hingga kini, hanya Rusia dan Arab Saudi saja yang dapat memproduksi minyak hingga di atas 10 juta bph.

Peningkatan produksi minyak Amerika akan membebani kebijakan pemangkasan produksi yang dilakukan Rusia dan berbagai negara Timur Tengah yang mendominasi Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC). Rencananya kebijakan yang telah dimulai Januari 2017 lalu itu akan dilanjutkan hingga akhir 2018.

“Pertarungan antara kebijakan OPEC langkah produksi minyak Amerika tersebut diprediksi berlangsung sengit pada tahun ini. Itu bakal menjadi faktor utama kenaikan harga minyak global,” ujar Stephen Innes, Kepala Perdagangan Pialang Berjangka Oanda utuk Asia-Pasifik di Singapura.

Kendati demikian, menurut Stephen, gejolak geopolitik di Timur Tengah akan tetap menjadi perhatian para pelaku pasar di pasar minyak internasional. Pasalnya, gejolak tersebut sangat berpotensi mengangkat harga minyak ke level lebih tinggi lagi. (Abraham Sihombing)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Pegadaian (Persero)

Rabu, 21 November 2018 - 14:35 WIB

Perkembangan Kinerja Pegadaian Selama Lima Tahun Terakhir Positif

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk, Harianto Widodo mengatakan, perkembangan kinerja Pegadaian selama 5 tahun belakangan ini selalu menunjukkan hal yang positif.

Pegadaian Raih Penghargaan Winner of The Best Marketing

Rabu, 21 November 2018 - 14:16 WIB

Tumbuh Dengan Produk Inovatif, Pegadaian Raih Penghargaan Winner of The Best Marketing

PT Pegadaian (persero) menerima penghargaan sebagai Winner of The Best Marketing untuk Chief Marketing Officer pada acara BUMN Branding & Marketing Award 2018, yang di selenggarakan oleh Majalah…

Pameran kuliner internasional Sial Interfood 2018 yang dibuka hari ini Rabu 21 hingga 24 November 2018 di JIExpo Kemayoran (Foto: INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 November 2018 - 13:52 WIB

Sial Intefood Dongkrak Kuliner Nusantara Tembus Pasar Internasional

Pameran Sial Interfood 2018 resmi dibuka hari ini. Pameran kuliner internasional ini diharapkan memperkenalkan dan semakin mempopulerkan kuliner khas Indonesia. Pameran yang berlangsung empat…

PIK Avenue hadirkan program Disneys Ralph Breaks The Internet: Wreck-It-Ralph 2

Rabu, 21 November 2018 - 13:30 WIB

Serunya Rangkaian Christmas Experience di PIK Avenue

Memeriahkan perayaan Natal dan Tahun Baru, PIK Avenue kembali menggelar rangkaian acara dan program belanja menarik untuk para pengunjung setianya mulai dari November 2018 hingga Januari 2019.

Pameran kuliner internasional Sial Interfood 2018 yang dibuka hari ini Rabu 21 hingga 24 November 2018 di JIExpo Kemayoran (Foto: INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 November 2018 - 13:24 WIB

Kembali Digelar, Pameran Kuliner Internasional Sial Interfood 2018 Targetkan Transaksi Rp 2 Triliun

Kabar gembira bagi Anda pecinta kuliner atau bahkan yang ingin memulai bisnis kuliner, sebabnya kini kembali hadir pameran Sial Interfood 2018 yang dibuka hari ini Rabu 21 hingga 24 November…