Menperin Apresiasi Program 10 Juta Ton Kluster Baja Cilegon

Oleh : Ridwan | Selasa, 23 Mei 2017 - 13:29 WIB

Menperin di krakatau steel Cilegon - foto Dok Kemenperin
Menperin di krakatau steel Cilegon - foto Dok Kemenperin

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menyambut baik acara Konferensi Baja Indonesia 2017: Jalan Menuju 10 juta Ton Klaster Baja Cilegon. Diharapkan dapat memberikan manfaat bagi industri baja nasional dan perekonomian nasional.

"Sebagai komponen utama bagi pembangunan nasional, industri baja adalah tulang punggung bagi kegiatan sektor industri lainnya, seperti permesinan dan peralatan pabrik, otomotif, maritim dan elektronika," ungkap Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto dalam acara Steel Conference di Jakarta (23/5/2017).

Disamping itu, produk baja merupakan komponen utama dalam sektor infrastruktur secara luas yang meliputi bangunan dan properti, jalan dan jembatan, telekomunikasi, dan ketenagalistrikan.

Berdasarkan data World Economic Forum, Indonesia menduduki peringkat 62 dalam ketersediaan infrastruktur, masih berada di bawah negara ASEAN lainnya.

Sementara itu, pada tahun 2017 tercatat alokasi anggaran belanja pemerintah Indonesia untuk infrastruktur sebesar Rp387,3 triliun, angka ini meningkat 80 persen jika dibandingkan tahun lalu.

"Ini merupakan peluang bagi industri baja dalam negeri untuk dapat terus tumbuh dan berkembang, dimana sebagian besar pembangunan sektor infrastruktur memerlukan produk-produk baja," terangnya.

Menurut Airlangga, untuk memenuhi kebutuhan baja kasar (crude steel) nasional yang saat ini mencapai 14 juta ton, Indonesia masih harus melakukan impor sebesar 6 juta ton, dikarenakan industri baja dalam negeri hanya mampu memperoduksi 8 juta ton crude steel.

"Apabila ini terus dibiarkan tanpa adanya upaya peningkatan kapasitas produksi, maka defisit atas pasokan crude steel akan mencapai 8,9 juta ton pada tahun 2020 dan meningkat menjadi 15,9 juta ton pada tahun 2025," imbunya

Disis lain, adanya ovesupply baja dari Tiongkok menyebabkan banjirnya produk baja impor, sehingga mengancam keberlangsungan produsen baja dalam negeri.

"Diharapkan dengan program 10 juta ton kluster baja Cilegon,mampu menambah kapasitas produksi dan untuk memenuhi kebutuhan akan baja di dalam negeri," tutup Airlangga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rektor UISI Prof.Dr.Ing.Herman Sasongko menjelaskan tentang instalasi virtual ekstraksi minyak Atsiri di laboratorim virtual UISI.

Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:29 WIB

Keren! UISI Kembangkan Laboratorium Virtual yang Dapat di AksesMahasiswa Melalui Website dan Aplikasi Secara Online

Jakarta – Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang berlokasi di Kompleks PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Jalan Veteran Gresik, Jawa Timur terus berinovasi memberikan fasilitas…

CEO Ohana Enterprise Peter Chandra Gunawan (Kanan)

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:56 WIB

Transisi Menuju Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

Membaiknya penanganan pandemi covid-19 disambut baik oleh para pelaku usaha industri pernikahan. Relaksasi ijin acara keramaian yang dikeluarkan oleh pemerintah berdampak positif terhadap bangkitnya…

 ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:47 WIB

Dukung Kehidupan Modern yang Lebih Sehat dan Berkualitas, ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

ASYA, township premium di kawasan Jakarta Timur garapan PT Astra Land Indonesia yang merupakan anak perusahaan ASTRA Property dan Hongkong Land, memperkenalkan rangkaian hunian mewah dua dan…

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:51 WIB

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Palembang – Law Intellectual Society (Lawcus) Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (FH Unsri) melalui Department of Public Relations, menyelenggarakan kegiatan Public Relations Talk #2 dengan…

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:38 WIB

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Jakarta, Kominfo Newsroom – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan bahwa teknologi digital telah merambah berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali…