Komitmen Produksi Baja Ramah Lingkungan, GRP Raih Sertifikat Green Label Indonesia

Oleh : Hariyanto | Rabu, 06 Maret 2024 - 11:34 WIB

GRP Raih Sertifikat Green Label Indonesia
GRP Raih Sertifikat Green Label Indonesia

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Gunung Raja Paksi Tbk (GRP) meraih sertifikat Green Label Indonesia dari Green Product Council Indonesia. Penilaian menyeluruh dari proses produksi hingga produk jadi mencakup 10 produk baja unggulan, seperti hot rolled plate, hot rolled coil, coil plate, cold rolled coil, steel pipe galvanize, carbon steel pipe, carbon steel square pipe, H-Beam, WF-Beam dan U Channel.   

Green Product Council Indonesia (GPCI) merupakan sebuah lembaga non-profit yang peduli terhadap lingkungan dalam hal penggunaan material industri khususnya produk bahan bangunan. GPCI didirikan untuk mengajak seluruh masyarakat memperhatikan aspek lingkungan dalam penggunaan produk bahan bangunan yang ramah lingkungan. Sementara itu, Sertifikat Green Label Indonesia disematkan pada produk ramah lingkungan yang telah memenuhi kriteria yang dipersyaratkan oleh auditor profesional.

"Sertifikasi yang diberikan ini bukan hanya mencerminkan komitmen perusahaan dalam menjaga dan meningkatkan standar lingkungan pada setiap tahap produksi, tetapi juga menggarisbawahi ketaatan transparan kami terhadap standar lokal yang ketat. Kami yakin bahwa pencapaian ini akan berkontribusi dalam membantu pemerintah mencapai target pengurangan emisi karbon dalam industri baja di tanah air.” kata Sheren Omega, GM Corporate Planning and Sustainability GRP di Cikarang, Selasa (5/3/2024). 

Dalam verifikasi yang dilakukan, GRP berhasil memperoleh nilai 95%, sehingga berhak atas predikat GOLD. Sebagai label ecolabel tipe I yang mengikuti proses penyusunan berdasarkan ISO 12024, Green Label Indonesia bertujuan untuk mencegah dan mengurangi dampak produk terhadap manusia, hewan, dan lingkungan, termasuk pencemaran tanah, air, dan udara. Hal ini sejalan dengan tujuan SDG No. 12 tentang produksi dan konsumsi yang bertanggungjawab. 

Sertifikasi ini mencakup penilaian komprehensif terhadap kualitas produk, efisiensi dalam konsumsi energi dan air, penerapan sistem manajemen lingkungan berkelanjutan, serta pengelolaan limbah yang baik. Penilaian terhadap 10 produk dilakukan dengan ketat sesuai kriteria Green Label Indonesia, yang mencakup persyaratan umum, sistem manajemen lingkungan, logam berat, karsinogenik, bahan berbahaya lainnya, konsumsi energi dan air, dampak terhadap ekosistem, pengemasan, serta pelabelan. 

”Dengan diperolehnya sertifikasi ini semakin menegaskan komitmen kami dalam memproduksi baja berkualitas tanpa melupakan lingkungan sekitar. Konsumen dapat mempercayai bahwa ketika mereka memilih produk kami, mereka memilih produk yang telah diverifikasi dan bersertifikasi secara independen. Kami mengundang Anda untuk bergabung dengan kami dalam perjalanan keberlanjutan kami dan merasakan perbedaan yang dapat diciptakan oleh manufaktur yang bertanggung jawab. Langkah-langkah proaktif ini diharapkan dapat menginspirasi industri lain untuk mengadopsi praktik ramah lingkungan,” tutup Sheren.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

UMKM yang mengikuti PackFest 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:40 WIB

PackFest 2024 Kembali Hadir, Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Melalui Kemasan Yang Kekinian

Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. PackFest merupakan program…

Festival Java jazz

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:31 WIB

Musisi Apresiasi BNI Java Jazz Festival

Pelaksanaan BNI Java Jazz Festival 2024 mendapatkan apresiasi dari kalangan musisi. Salah satunya datang dari Barry Likumahuwa yang juga menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran tahunan…

Ilustrasi Mobile Banking BNI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:01 WIB

Pengunjung Java Jazz Festival Didorong Gunakan M-Banking BNI

BNI Java Jazz Festival 2024 kembali hadir memanjakan telinga dengan alunan musik merdu dari musisi ternama dunia. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024…

Warga Mampang menerima bantuan BRI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:01 WIB

BRI Warung Buncit Serahkan Bantuan Sarana Kegiatan di 3 RT Wilayah Mampang

Kantor Cabang BRI (Bank Rakyat Indonesia) Warung Buncit Jaksel menyerahkan bantuan sarana dan prasarana perlengkapan untuk kegiatan warga kepada RT001, RT008, RT,009 RW001 Kelurahan Mampang…

 PT Gunung Bara Utama (GBU) memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir di Kutai Barat.

Sabtu, 25 Mei 2024 - 08:26 WIB

Gunung Bara Utama Kirim Bantuan Untuk Korban Banjir Kutai Barat

PT Gunung Bara Utama (GBU) memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir di Kutai Barat.