Jamkrida Sumsel akan Disuntik Modal Rp100 Miliar

Oleh : Herry Barus | Selasa, 16 Oktober 2018 - 11:50 WIB

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)
Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Palembang- PT Jamkrida Sumatera Selatan bakal mendapatkan suntikan modal dari Pemprov Sumatra Selatan untuk mencukupi modal dasar senilai Rp100 miliar.

Direktur Utama PT Jamkrida Sumsel Dian Askin Hatta di Palembang, Senin (15/10/2018) , mengatakan saat ini modal yang disetor pemprov selaku pemegang saham BUMD tersebut sudah mencapai Rp62,7 miliar.

"Penambahan modal jelas digunakan untuk ekspansi usaha, bisa meningkatkan kemampuan kami untuk melakukan penjaminan kredit sehingga bisa berkontribusi terhadap pendapatan daerah Sumsel," kata dia.

Askin mengatakan jika modal yang disetor Pemprov Sumsel telah mencapai Rp100 miliar maka Jamkrida diperkirakan mampu melakukan bisnis penjaminan kredit senilai Rp4 triliun.

Saat ini nilai penjaminan kredit baru separuhnya atau senilai Rp2,5 triliun sesuai dengan besaran modal yang dimiliki perusahaan saat ini.

Ia mengatakan sebetulnya, perusahaan menginginkan adanya perubahan atau peningkatan modal dasar untuk Jamkrida yang senilai Rp100 miliar tersebut. Besaran modal dasar itu tertuang dalam Perda Nomor 9 Tahun 2012 tentang pembentukan perseroan terbatas penjaminan  kredit daerah Sumsel.

"Kami sudah mengajukan tapi dari pembahasan bersama Pemprov sepertinya untuk modal dasar dipending dulu dan pemprov ingin fokus memenuhi pencapaian modal Rp100 miliar," ujar dia kepada Antara.

Menurut Askin pihaknya tidak mematok berapa besaran kenaikan modal dasar yang diajukan Jamkrida.

Ia menjelaskan perubahan modal dasar diperlukan untuk meningkatkan kapasitas penjaminan, supaya perbankan bisa masuk menjaminkan kreditnya ke Jamkrida Sumsel.

"Saat ini kami telah mencetak laba Rp2,1 miliar per September 2018, targetnya bisa mencapai realisasi yang sama seperti tahun lalu sekitar Rp3,6 miliar," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI Syariah. (Foto: IST)

Kamis, 23 Mei 2019 - 19:58 WIB

Dorong Bisnis Properti, BNI Syariah Gandeng Developer Deltacendana Citapersada

Jakarta - BNI Syariah melakukan perjanjian kerjasama dengan developer properti Tangerang, PT Deltacendana Citapersada. Kerjasama ini terkait dengan penyediaan fasilitas BNI Griya iB Hasanah.…

Perum Jamkrindo berbagi di Bali

Kamis, 23 Mei 2019 - 19:50 WIB

Safari Ramadan Perum Jamkrindo Digelar di Denpasar

Denpasar– Perum Jamkrindo melaksanakan Safari Ramadan di 10 kota sepanjang bulan Ramadan 1440 H. Pada Kamis, 23 Mei 2019, Safari Ramadan dilaksanakan di Kota Denpasar, Bali dengan kegiatan…

Festival Ramadhan Sinar Mas Land

Kamis, 23 Mei 2019 - 18:41 WIB

Sinar Mas Land Gelar Festival Ramadhan di BSD City

Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk., menggelar acara Festival Ramadan 2019 di MTsN 5 Tangerang Cijantra, Pagedangan, Tangerang, Banten. Festival Ramadhan tahun ini merupakan pelaksanaan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat memberikan bingkisan lebaran untuk pegawai lingkungan Kemenperin

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:50 WIB

Menperin Berikan 1.150 Bingkisan Lebaran untuk Pegawai Lingkungan Kemenperin

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyerahkan secara simbolis bingkisan Lebaran dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Perindustrian kepada pegawai golongan I dan II, tenaga honorer,…

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:11 WIB

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi di Medan

Sejumlah BUMN dan anak usaha BUMN yang akan bekerjasama dengan BGR Logistics yakni PT Nindya Karya (Persero), PT Indra Karya (Persero), PT Virama Karya (Persero), PT Industri Nuklir Indonesia…