Investor Asal China Berbondong-bondong 'Beli' Lahan di Subang Smartpolitan

Oleh : Ridwan | Rabu, 08 Mei 2024 - 16:50 WIB

Subang Smartpolitan
Subang Smartpolitan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) terus menggenjot pembangunan infrasturktur kawasan industri Subang Smartpolitan. 

Hal tersebut dilakukan mengingat semakin gencarnya investor asing yang ingin menanamkan modalnya di kawasan industri yang terintegrasi dengan berbagai infrastruktur strategis nasional ini.

"Semua pengembangan infrastruktur terus kita percepat. Kemungkinan kuartal IV-2024 kita sudah bisa beroperasi," kata Abednego Purnomo, VP Sales, Marketing & Tenant Relations Subang Smartpolitan di Jakarta, Rabu (8/5).

Menurutnya, saat ini, investor asing sudah mulai melihat Indonesia sebagai destinasi usaha yang menarik. "Ini memang terbukti, setelah pandemi Covid-19, banyak investor asing yang mulai masuk ke Indonesia," jelasnya.

Untuk di Subang Smartpolitan sendiri, lanjutnya, memang sebagian besar didominasi investor asal Tiongkok. Meski demikian, investor asing lainnya pun juga telah menjajakan kakinya di Subang Smartpolitan.

"Kita lihat untuk Subang Smartpolitan ini didominasi perusahaan dari China. Pipeline kita sebagian besar dari China dengan industri kendaraan listrik," tutur Abednego.

Dirinya mengungkapkan bahwa permintaan lahan di Subang Smartpolitan sudah mengalir deras sejak tahun 2023, terlebih khusus dari investor asal China. 

"Investor asal China memang lagu besar saat ini, kita sudah ada permintaan dari sejak tahun 2023," ungkapnya.

Meski demikian, jika dilihat dari segi jumlah, otomotif menjadi sektor yang paling besar, diikuti sektor FMCG (Fast Moving Consumer Goods), elektronik, dan garmen Hitech.

Sedangkan, jika dilihat dari ukuran atau volume, sektor otomotif tetap menjadi yang terbesar diikuti sektor garmen Hitech.

"Memang kalau dilihat dari segi jumlah dan volume, sektor otomotif menjadi yang paling terbesar. Kami juga kemarin baru mengumumkan tenant terbaru yaitu BYD yang akan segera membangun pabrik mobil listrik di Subang Smartpolitan," katanya.

Saat ini, terang Abednego, Subang Smartpolitan sedang menangani banyak inquiry dari industri kendaraan listrik dan sebagian besar berasal dari negara Tiongkok. 

"Ini menunjukkan kepercayaan investor terhadap potensi besar industri mobil listrik di Indonesia," terang dia.

Oleh karena itu, dirinya menargetkan penjualan lahan Subang Smartpolitan akan mencapai 160 hektare (ha) hingga akhir tahun 2024. 

"Target kami sampai kahir tahun itu 160 ha penjualan lahan Subang Smartpolitan. Kemarin kan sudah masuk yang dari BYD 108 ha. Kami optimis target tersebut akan tercapai," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

(kiri-kanan). Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna (dua dari kiri), Direktur Sales PT Telekomunikasi Selular Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur PT Pertamedika Bali Hospital Mochamad Sonny Irawan, Direktur PT Adi Sarana Armada Tbk dan PT Adi Sarana Transportasi Jerry Fandy Tunjungan (paling kanan)

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:36 WIB

Perkuat Ekosistem Halal, BSI Gandeng Mitra Strategis

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus menunjukkan komitmennya dalam memajukan ekosistem halal di Indonesia.

Dari ki-ka: Vice Grand Sheikh of University Al Azhar Cairo Mesir HE. Prof. Dr. Mohammed Abdel Rahman Al-Duweiny, Direktur Utama BSI Hery Gunardi, Komisaris Utama BSI Muliaman D. Hadad, dan Direktur Eksekutif BSI Maslahat Sukoriyanto Saputro saat setelah Seminar International "Collaborative Framework for Holistic Islamic Ecosystem" pada gelaran BSI International Expo di JCC Senayan Jakarta

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:17 WIB

BSI dan Al-Azhar Mesir Satukan Visi untuk Ekosistem Islam yang Berkelanjutan di BSI International Expo

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pengembangan ekosistem Islam di sektor pendidikan melalui kolaborasi strategis dengan Al-Azhar Cairo Mesir.

Membaca nyaring untuk bangun kegemaran anak sejak dini.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:44 WIB

Bangun Kegemaran Membaca Anak Sejak Dini Dengan Membaca Nyaring

Orang tua sebagai model pertama bagi anak-anak dapat mendorong mereka untuk membaca dengan cara yang menyenangkan dan membangun minat terhadap literasi sejak dini lewat membaca nyaring.

BRI masuk 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang dinilai berdasarkan revenue, profit dan aset.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:23 WIB

Kembali Torehkan Prestasi Elite, BRI Jadi Institusi Keuangan No.1 di Indonesia dan Peringkat 4 di Asia Tenggara Dalam Daftar Fortune Southeast Asia 500

Media ekonomi terkemuka dunia, Fortune pada hari Selasa (18/06) mengumumkan daftar Fortune Southeast Asia 500 untuk pertama kalinya. Daftar ini berisikan 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara…

Panandatanganan MoU Sarana Jaya dengan KONI

Jumat, 21 Juni 2024 - 19:15 WIB

Sarana Jaya - KONI Teken MoU Dukung Para Atlet Menuju PON XXI/2024 Aceh - Sumut

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pembangunan Sarana Jaya resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang perekrutan atlet berprestasi peraih…