Pajak CPO Terbukti Sanggup Sumbang PAD Rp2 Triliun

Oleh : Herry Barus | Selasa, 18 September 2018 - 17:15 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Pontianak- Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan menyatakan, pajak dari sektor CPO (Crude Palm Oil) mampu menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) sekitar Rp2 triliun per tahunnya.

"Kontribusi jasa atau pajak dari sektor CPO per tahunnya nantinya bisa menyumbang pada PAD Kalbar sekitar Rp2 triliunan, kalau Pelabuhan Internasional Kijing di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah beroperasi," kata Wagub Kalbar, Ria Norsan di Pontianak, Senin (17/9/2018)


Ia menjelaskan, dengan dioperasionalkannya Pelabuhan Internasional Kijing tersebut, maka CPO bisa langsung diekspor ke Singapura dan Tiongkok.

Sehingga dengan demikian, yang tadinya pajak CPO tersebut tidak masuk ke Kalbar, maka dengan dioperasionalkannya Pelabuhan Internasional Kijing nantinya, pajak tersebut masuk ke PAD Kalbar, katanya.

Ia menambahkan, pembangunan fisik tahap awal pelabuhan internasional di wilayah Kalbar itu akan dilakukan dalam waktu dua hingga tiga tahun anggaran.
 

"Untuk biaya pengerjaannya sebesar Rp14 triliun khusus konstruksi, itu akan menjadi pelabuhan termegah lah di Kalbar," katanya.

Norsan menjelaskan, pada tahapan pertama, kontraktor akan melakukan pembangunan trestle (jembatan) tiga jalur, sepanjang 2,7 kilometer dengan lebar masing-masing 90 meter.

"Kemudian pembangunan dermaga, panjangnya sekitar 500 meter, lebar sekitar 90 meter. Kita berharap agar pekerjaan dapat selesai cepat dan tepat waktu, agar segera dapat difungsikan," katanya.

Dirinya memastikan, dengan adanya pelabuhan internasional ini, berbagai keuntungan lain akan tumbuh, seperti investasi dan sebagainya juga akan banyak masuk ke Mempawah.

"Yang pada gilirannya dapat menekan angka kemiskinan dan pengangguran. Kalau pelabuhan sudah ada, otomatis, ibaratkannya pelabuhan itu gula, tanpa diundang semut akan datang, ekonomi akan tumbuh, kemiskinan akan berkurang, karena masyarakat dapat lapangan pekerjaan," kata Ria Norsan

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Umum dan Hukum LPDB-KUMKM Jaenal Aripin

Sabtu, 07 Desember 2019 - 00:14 WIB

LPDB Dorong KUKM Manggarai Barat Hasilkan Produk Premium

Jakarta-Lembaga Pengelola Dana Bergulir - Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB - KUMKM) bersinergi dengan sejumlah stakeholder dan lembaga terkait untuk meningkatkan kualitas koperasi…

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (ketiga dari kiri) dan Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana

Jumat, 06 Desember 2019 - 23:07 WIB

Grand Final IndiHome eSports League Lahirkan Pemain eSports Profesional Indonesia

Jakarta – Setelah berjalan hampir satu tahun terakhir, IndiHome eSports League telah sampai pada babak grand final yang digelar pada 6-8 Desember 2019 di Telkom Landmark Tower.

Peresmian Tol Kunciran-Serpong (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:26 WIB

Tol Kunciran-Serpong Diresmikan, Kawasan Industri Jakarta dan Banten Akan Terintegrasi

Dengan diresmikanya tol ini, Presiden Jokowi mengharapkan akan memberi dampak pada percepatan investasi dan daya saing nasional meskipun ruas tol ini berada di Banten.

realme X2 Pro

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:00 WIB

Ini Fitur-Fitur Yang Menjadikan realme X2 Pro The Real Flagship King

Setelah sukses meluncurkan produk-produk terbaik di segmen kelas menengah, 27 November lalu realme resmi bertarung ke pasar smartphone premium dengan meluncurkan realme X2 Pro.

Boyband EXO

Jumat, 06 Desember 2019 - 18:01 WIB

Menelisik 7 Tahun Perjalanan Karier dari Boyband EXO

Setelah tiga tahun lamanya, boyband ternama asal Korea Selatan, EXO kembali menggelar konser di Indonesia pada tanggal 23 November 2019 kemarin. Tak pelak, konser bertajuk EXO PLANET #5 EXplOration…