Kode Promo dalam Pemasaran: Memahami Manfaatnya dan Mengoptimalkan Penggunaannya ala Ninja Xpress

Oleh : Herry Barus | Selasa, 07 Mei 2024 - 12:39 WIB

Kode Promo dalam Pemasaran: Memahami Manfaatnya dan Mengoptimalkan Penggunaannya ala Ninja Xpress
Kode Promo dalam Pemasaran: Memahami Manfaatnya dan Mengoptimalkan Penggunaannya ala Ninja Xpress

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kode promo telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling populer dan efektif dalam industri ritel modern. Dengan kode promo, konsumen dapat menikmati diskon, penawaran khusus, atau bahkan hadiah gratis saat berbelanja secara online maupun langsung di toko offline.

Berdasarkan survei Indonesia E-Commerce Trends untuk semester kedua tahun 2022 yang diterbitkan oleh Jakpat, tercatat tiga teratas program promo yang digemari konsumen saat berbelanja daring, yakni gratis ongkos kirim (free shipping) dengan 89 persen, diikuti diskon sebesar 81 persen, dan uang kembali (cashback) dengan 70 persen. Dalam era digital saat ini, kode promo sering kali menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Ninja Xpress mengungkapkan empat manfaat penggunaan kode promo untuk UKM.

1. Penjualan meningkat dari pelanggan baru Tentu saja, salah satu manfaat paling signifikan dari kode promo adalah peningkatan konversi atau penjualan. Hal ini dapat terjadi karena adanya peningkatan jumlah pelanggan baru yang tertarik pada suatu brand.

2. Meningkatkan loyalitas pelanggan dalam berbelanja Kode promo juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan yang sudah ada dengan menawarkan keuntungan khusus, membuat mereka kembali berbelanja di masa mendatang. Hal ini juga membantu pelanggan merasa dihargai dan diperhatikan.

3. Mendorong pelanggan untuk langsung membeli tanpa ragu-ragu Kode promo juga dapat memotivasi pelanggan untuk langsung berbelanja tanpa ragu-ragu. Dengan potongan harga produk atau ongkir yang menarik, kode promo menciptakan urgensi belanja yang sulit untuk dilewatkan.

4. Meningkatkan Brand Awareness Pelanggan yang puas dengan penawaran kode promo dapat merekomendasikan produk atau brand tersebut kepada orang lain di sekitarnya, yang pada gilirannya meningkatkan brand awareness.

Memberikan kode promo harus dilakukan dengan hati-hati. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu UKM dalam penggunaan kode promo yang efektif.

1. Tetapkan batas waktu untuk kode promo agar mendorong pelanggan untuk berbelanja dengan segera.

2. Sesuaikan kode promo dengan tujuan bisnis, apakah itu untuk meningkatkan penjualan produk tertentu, menghabiskan stok, atau menarik pelanggan baru.

3. Promosikan kode promo secara jelas melalui berbagai saluran pemasaran seperti email, media sosial, situs web, atau yang lainnya. Hal ini memudahkan pelanggan dalam mengakses kode promo.

Dengan menerapkan kode promo secara tepat dan sesuai strategi, Anda dapat meningkatkanpenjualan sambil juga meningkatkan keterlibatan dan kepuasan pelanggan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wahdah Islamiah dukung Palestina merdeka

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:24 WIB

Wahdah Islamiyah Kecam Israel atas Genosida Rakyat Palestina

Ormas Islam Wahdah Islamiyah ikut mengecam penjajahan dan genosida yang dilakukan zionis Israel di Gaza Palestina, yang kini telah memasuki hari ke 225 sejak oktober 2023 yang lalu.

Emak emak aksi palestina

Minggu, 19 Mei 2024 - 15:10 WIB

Emak-Emak Ikut Aksi Bela Palestina di Kedubes Amerika Serikat

Aksi Damai didepan kedubes Amerika Serikat, dan di rumah Dubes Mesir, dari pagi hingga siang hari, diikuti sejumlah Kekuatan Masa dari berbagai Wilayah Jakarta dan sekitarnya. Nampak yang turut…

Anak-anak diperiksakan matanya

Minggu, 19 Mei 2024 - 15:09 WIB

Peringati Myopia Week, HOYA Gencarkan Kampanye Kesehatan Mata

Progresivitas kasus Myopia atau yang lebih dikenal dengan rabun jauh atau mata minus pada anak usia sekolah dilaporkan terus meningkat. Salah satu pemicunya adalah transformasi digital dalam…

Mitra British Propolis Jumpa Keluarga Toyota Group di Jepang

Minggu, 19 Mei 2024 - 13:40 WIB

Penuh Kesan, Mitra British Propolis Jumpa Keluarga Toyota Group di Jepang

Motivator, penulis dan founder British Propolis Ipho Santosa mengungkap suasana haru dan penuh inspirasi saat mengajak mitra British Propolis bertemu keluarta pendiri Toyota di Jepang.

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang diadakan di Pendopo Agrowisata, Komplek Pabrik Sido Muncul, Kabupaten Semarang (15/5/2024).

Minggu, 19 Mei 2024 - 11:27 WIB

Tren Kinerja Positif, Sido Muncul (SIDO) Bagi Dividen Rp540 Miliar

PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan membagikan dividen final dengan total nilai Rp540 miliar.