Pasca Pengeboman, Hotel di Mataram Mulai Tingkatkan Keamanan

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 15 Mei 2018 - 12:30 WIB

Pariwisata Lombok
Pariwisata Lombok

INDUSTRY.co.id, Mataram - Pasca pengeboman yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo, Asosiasi Hotel Mataram di Nusa Tenggara Barat mulai meningkatkan keamanan di sejumlah wilayah Surabaya, Jawa Timur.

"Asosiasi Hotel Mataram (AHM) sudah berkoordinasi untuk meningkatkan keamanan di hotel masing masing," kata Ketua AHM Ernanda Agung Dewobroto di Mataram, Senin (14/5/2018).

Ia mengatakan, pasca kejadian bom Surabaya, hingga saat ini okupansi (tingkat hunian) hotel-hotel di Mataram belum terpengaruh karena kebanyakan wisatawan yang datang adalah lokal dan menjelang bulan puasa.

"Sampai sekarang belum berpengaruh, apalagi jelang bulan puasa biasanya ada penurunan tingkat hunian hotel," ujarnya.

Terkait koordinasi dengan kepolisian untuk penjagaan hotel, Ernanda mengatakan hingga kini belum ada karena polisi juga masih disibukkan dengan penanganan teror tersebut.

"Kita tentu mengutuk aksi itu. Apalagi kita lihat polisi masih bekerja mengatasi teror bom. Namun kami tetap akan membantu polisi jika ada hal yang perlu dikoordinasikan," ucap Ernanda.

Disinggung dampak teror bom tersebut, ia mengaku pasti ada kekhawatiran karena akan mengganggu, terlebih lagi sejumlah negara telah mengeluarkan "travel advice" ke Indonesia.

"Pasti kita khawatir dengan kondisi tersebut karena akan mengganggu, apalagi ada lima negara sudah mengeluarkan `travel advice` yang akan berpengaruh terhadap pariwisata," katanya.

Kendati demikian, lanjutnya, yang paling penting bisa memberikan rasa aman di hotel-hotel, termasuk berkoordinasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Indonesia Hotel General Manager (IHGM) untuk mengambil langkah lebih lanjut pascateror bom di Surabaya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pariwisata Bali (Foto Dok Instagram)

Minggu, 16 Juni 2019 - 21:00 WIB

Ready, Set, Summer!

Menjelang liburan musim panas, Agoda, salah satu platform perjalanan digital yang paling cepat berkembang di dunia, mengungkapkan bahwa Tokyo, London dan Las Vegas masih terus merajai sebagai…

Bantuan Kemensos untuk Sultra Terus Bergulir (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 20:00 WIB

Bantuan Kemensos untuk Sultra Terus Bergulir

Pengiriman dan penyaluran bantuan sosial dari Kementerian Sosial terus bergulir bagi korban bencana banjir di sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Tenggara.

BNI Dukung Peningkatan Ekspor Seafood ke Amerika Serikat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 17:34 WIB

BNI Dukung Peningkatan Ekspor Seafood ke Amerika Serikat

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) melalui Kantor Cabang Luar Negeri New York, Amerika Serikat memberikan dukungan fasilitas pembiayaan kepada Crystal Cove Seafood Corp. (Crystal Cove),…

Mendikbud, Muhadjir Effendy

Minggu, 16 Juni 2019 - 16:46 WIB

Rawan Jual Beli Kursi, Mendikbud Lakukan Penataan Sejumlah Sekolah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan pemetaan sejumlah sekolah yang dinilai rawan terhadap praktik jual beli kursi dalam Penerimaan Peserta Didik (PPDB).

Ilustrasi Desa Wisata

Minggu, 16 Juni 2019 - 12:30 WIB

Kemenpar Gandeng Udinus Latih Warga Temanggung Majukan Desa Wisata

Kementerian Pariwisata dan Universitas Dian Nuswantara Semarang memberikan pelatihan memajukan potensi daerah sebagai desa wisata baru pada warga Kelurahan Walitelon Utara Kecamatan Temanggung,…