Inti Sawit Lestari Akan Lakukan Peremajaan Kelapa Sawit Milik Petani Plasma di Kalimantan Barat

Oleh : Hariyanto | Kamis, 22 Maret 2018 - 10:22 WIB

Lahan Kelapa Sawit (Ist)
Lahan Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Ketapang - Setelah memiliki hak atas aset eks Banua Indah Group (BIG), PT Inti Sawit Lestari (ISL) salah satu anak usaha BGA group, berencana untuk melakukan peremajaan perkebunan (replanting) kelapa sawit milik petani plasma yang tersebar di 16 desa dan 3 kecematan.

Seperti dikutip dari infosawit, Rencana peremajaan kelapa sawit tersebut dimulai dari kebun sawit milik petani yang berlokasi di Desa Sengkaharak, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Manajer Kemitraan PT Inti Sawit Lestari (ISL), Welly Suprayono mengatakan, peremajaan kebun petani plasma ini dilakukan karena rata-rata pohon petani telah masuk masa peremajaan.

Kegiatan peremajaan ini juga supaya petani memiliki pendapatan lebih tinggi, lantaran kebun sawit milik petani bakal diganti dengan pohon sawit dari bibit unggul. “Kami sudah memiliki komitmen untuk melakukan peremajaan sawit,” kata Welly di Desa Sengkaharak belum lama ini.

Saat ini merujuk informasi dari perusahaan sudah mulai melakukan peremajaan kebun sawit milik petani seluas 150 ha, dari total lahan sekitar 18 ribu ha meliputi 16 desa dari tiga kecamatan. “Targetnya dalam satu tahun ini semua kebun sawit milik petani sudah bisa dilakukan peremajaan,” tutur Welly.

Dengan adanya kegiatan peremajaan, geliat ekonomi pun mulai nampak, seperti di salah satu areal kebun sawit plasma di Desa Sengkaharak.

Dalam kegiatan peremajaan ini masyarakak diikut sertakan, misalnya sebanyak 30 warga dari Desa Sengakaharak mulai diterima bekerja di perusahaan untuk kegiatan peremajaan kebun sawit petani.

“Dengan adanya kegiatan peremajaan ini mulai ada perbaikan ekonomi,” kata Ketua Koperasi Sandika Dwibakti, Suminto. (IS)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kode Promo dalam Pemasaran: Memahami Manfaatnya dan Mengoptimalkan Penggunaannya ala Ninja Xpress

Selasa, 07 Mei 2024 - 12:39 WIB

Kode Promo dalam Pemasaran: Memahami Manfaatnya dan Mengoptimalkan Penggunaannya ala Ninja Xpress

Kode promo telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling populer dan efektif dalam industri ritel modern. Dengan kode promo, konsumen dapat menikmati diskon, penawaran khusus, atau…

Ilustrasi Tambang Batu Bara PT Bukit Asam Tbk

Selasa, 07 Mei 2024 - 12:34 WIB

Triwulan I 2024, PTBA Catat Pendapatan Sebesar Rp 9,4 Triliun

PT Bukit Asam Tbk (PTBA), berhasil menjaga kinerja baik pada triwulan I 2024. Dalam 3 bulan pertama tahun 2024, Perseroan berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp 9,4 triliun dan EBITDA sebesar…

Buttonscarves hadir di Istanbul Modest Fashion Week (IMFW)

Selasa, 07 Mei 2024 - 12:27 WIB

Buttonscarves Hadir di Runway Istanbul Modest Fashion Week 2024

Tampil sebagai penutup Istanbul Modest Fashion Week 2024, Buttonscarves mencuri perhatian dengan menggandeng ikon global dan supermodel hijab pertama dunia yaitu, Halima Aden yang berhasil mendobrak…

Program literasi perdagangan komiditi yang digelar Didimax.

Selasa, 07 Mei 2024 - 12:12 WIB

Tingkatkan Pemahaman Masyarakat, Didimax Kembali Gelar Program Literasi Perdagangan Komoditi

Didimax kembali menggelar literasi perdagangan komditi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang perdagagnan berjangka komoditi, khususnya di pasar komoditi emas dan forex.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno

Selasa, 07 Mei 2024 - 11:43 WIB

Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara Turun Sebesar 1,91 Persen pada Maret 2024

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada…