Inti Sawit Lestari Akan Lakukan Peremajaan Kelapa Sawit Milik Petani Plasma di Kalimantan Barat

Oleh : Hariyanto | Kamis, 22 Maret 2018 - 10:22 WIB

Lahan Kelapa Sawit (Ist)
Lahan Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Ketapang - Setelah memiliki hak atas aset eks Banua Indah Group (BIG), PT Inti Sawit Lestari (ISL) salah satu anak usaha BGA group, berencana untuk melakukan peremajaan perkebunan (replanting) kelapa sawit milik petani plasma yang tersebar di 16 desa dan 3 kecematan.

Seperti dikutip dari infosawit, Rencana peremajaan kelapa sawit tersebut dimulai dari kebun sawit milik petani yang berlokasi di Desa Sengkaharak, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Manajer Kemitraan PT Inti Sawit Lestari (ISL), Welly Suprayono mengatakan, peremajaan kebun petani plasma ini dilakukan karena rata-rata pohon petani telah masuk masa peremajaan.

Kegiatan peremajaan ini juga supaya petani memiliki pendapatan lebih tinggi, lantaran kebun sawit milik petani bakal diganti dengan pohon sawit dari bibit unggul. “Kami sudah memiliki komitmen untuk melakukan peremajaan sawit,” kata Welly di Desa Sengkaharak belum lama ini.

Saat ini merujuk informasi dari perusahaan sudah mulai melakukan peremajaan kebun sawit milik petani seluas 150 ha, dari total lahan sekitar 18 ribu ha meliputi 16 desa dari tiga kecamatan. “Targetnya dalam satu tahun ini semua kebun sawit milik petani sudah bisa dilakukan peremajaan,” tutur Welly.

Dengan adanya kegiatan peremajaan, geliat ekonomi pun mulai nampak, seperti di salah satu areal kebun sawit plasma di Desa Sengkaharak.

Dalam kegiatan peremajaan ini masyarakak diikut sertakan, misalnya sebanyak 30 warga dari Desa Sengakaharak mulai diterima bekerja di perusahaan untuk kegiatan peremajaan kebun sawit petani.

“Dengan adanya kegiatan peremajaan ini mulai ada perbaikan ekonomi,” kata Ketua Koperasi Sandika Dwibakti, Suminto. (IS)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fahira Idris

Kamis, 09 Juli 2020 - 13:45 WIB

Fahira Idris DukungVonis Hukuman Seumur Hidup Bagi Pelaku Dugaan Pelecehan Sex

Anggota DPD RI yang juga pemerhati persoalan anak Fahira Idris geram mendengar terjadinya dugaan kejahatan seksual (perkosaan) yang dilakukan Pejabat UPT UPT Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan…

Gudang Beras

Kamis, 09 Juli 2020 - 13:37 WIB

KBI E-Ducentre Proyeksikan Resi Gudang Gabah dan Beras Akan Tumbuh di Smester II-2020

KBI e-ducentre merupakan lembaga yang diinisiasi oleh PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero), yang dalam kegiatan operasionalnya adalah menerbitkan hasil riset yang dilakukan, baik itu terkait…

Inovasi Informatika Indonesia

Kamis, 09 Juli 2020 - 13:30 WIB

Inovasi Informatika Indonesia Kembangkan Avvan untuk Mengelola MultiCloud

Tren cloud computingsemakin meningkat setiap tahun. Menurut Gartner, pada tahun 2020, sekitar 75% perusahaan akan menggunakan multicloudataupun hybrid cloud. Angka tersebut diperkirakan akan…

Dompet Dhuafa Waspada dan Sun Life Bagikan Paket Sembako Kepada Masyarakat Kota Medan di Tiga Kecamatan

Kamis, 09 Juli 2020 - 13:15 WIB

DD Waspada-Sun Life & Sun Life Syariah Bagikan Sembako Sasar 3 Kecamatan di Medan

Dompet Dhuafa (DD) Waspada dan Sun Life membagikan paket sembako kepada masyarakat kota Medan di tiga Kecamatan, yakni di Kecamatan Medan Baru, Medan Area dan Medan Polonia.

Presiden Joko Widodo

Kamis, 09 Juli 2020 - 13:10 WIB

Ekonomi Global Diprediksi Minus Hingga 7,6 Persen, Jokowi: Kalau Kita Tidak Ngeri, Waduh Bahaya Banget

Menurut informasi yang diterima Presiden dari Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD), kontraksi ekonomi global diprediksi mencapai minus 6 hingga 7,6 persen.