Naikan Kapasitas Produksi Air Minum Kemasan, CLEO Akan Bangun Dua Pabrik Baru

Oleh : Hariyanto | Senin, 08 Mei 2017 - 13:00 WIB

Cleo Air Minum (Ist)
Cleo Air Minum (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) akan menaikkan kapasitas produksi air minum kemasan, sebesar 5% hingga 10% menjadi sekitar 1,6 miliar liter per tahun, dengan melakukan ekspansi membangun dua pabrik baru pada tahun ini.

"Pabrik baru dengan target operasi Juni tahun ini akan dibangun di Ungaran, Jawa Tengah. Sedangkan pabrik lainnya dibangun di Kendari, Sulawesi Tenggara Utara, dengan target pengoperasian setelah pabrik Ungaran, biaya ekspansi kedua pabrik ini senilai Rp20 miliar akan diambil dari dana hasil penawaran umum perdana atau intial public of fering (IPO) saham perseroan," kata Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan Sariguna Primatirta, Lukas Setio Wongso di Jakarta, Senin (8/5).

Sebelumnya, perseroan berhasil meraup dana senilai Rp51,75 miliar dari penawaran umum sebanyak 20,45% atau 450 juta lembar saham dengan harga pelaksanaan Rp115 per lembar saham. Bertindak selaku penjamin pelaksana emisi saham perseroan adalah PT Lautandhana Securindo.

Terkait penambahan pabrik tersebut, diharapkan berkontribusi terhadap peningkatan kinerja keuangan perseroan tahun ini. Perusahaan produsen air minum kemasan dengan merek Cleo tersebut menargetkan penjualan sebesar Rp751 miliar tahun ini, naik 43,3% dari penjualan tahun lalu Rp524 miliar.

Laba bersih diproyeksikan meningkat menjadi Rp47 miliar, dibandingkan tahun lalu sebesar Rp39 miliar. Masih besarnya pasar penjualan air minum kemasan ditambah peningkatan kapasitas produksi akan menjadi faktor utama pendongkrak kinerja keuangan tersebut.

"Perseroan membidik peningkatan pangsa pasar sebesar 1% tahun ini, bandingkan dengan posisi pasar perseroan saat ini mencapai 3% hingga 4%," ungkap Lukas. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 20:31 WIB

Masuk Tahun Kelima Jokowi-JK, Moeldoko Ajak Kembangkan Politik Cinta Kasih

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan, seandainya saja bangsa kita dikelola dengan cinta kasih, maka politik kita pun akan menjadi politik yang sejuk, jauh dari rasa kebencian dan memusuhi.…

FOUNDA Startup Baru Ajak Milennials Berbisnis (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 18:00 WIB

FOUNDA Startup Baru Ajak Milennials Berbisnis

Dalam rangka meningkatkan kesadaran berwirausaha pada kalangan milennials, FOUNDA sebagai perusahaan rintisan atau startup hadir dengan tujuan untuk menciptakan founder muda (Founda) dengan…

Direktur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih saat berfoto bersama 27 pelaku usaha kreatif dalam program Creative Business Incubator (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 17:30 WIB

Ciptakan Pengusaha Muda di Sektor Ekonomi Kreatif, Kemenperin Gelar Creative Business Incubator

Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian melalui Bali Creative Industry Center (BCIC) menggelar program "Creative Business Incubator (CBI)".

Andrew Keily Juarai Ajang Herbalife Bali International Triathlon 2018 (Foto Rizki Meirino)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 17:00 WIB

Andrew Keily Juarai Ajang Herbalife Bali International Triathlon 2018

Herbalife Bali International Triathlon 2018 telah selesai digelar di Pantai Mertasari, Sanur, Bali, Minggu (21/10/2018). Dalam kategori Olympic Distance Course Pria, Triatlit asal Amerika Serikat,…

HM Sampoerna Tbk Dukung Pemberdayaan UKM di Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 16:30 WIB

HM Sampoerna Tbk Dukung Pemberdayaan UKM di Indonesia

PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) memiliki komitmen yang besar untuk mendukung upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia.…