Berdayakan Masyarakat, Jababeka Infrastruktur Gelar Pelatihan Kerajinan di Desa Pasir Sari

Oleh : Hariyanto | Kamis, 30 Maret 2017 - 16:10 WIB

Pelatihan Kerajinan Tangan di Pasirsari (INDUSTRY.co.id / dok)
Pelatihan Kerajinan Tangan di Pasirsari (INDUSTRY.co.id / dok)

INDUSTRY.co.id - Cikarang,  PT Jababeka Infrastruktur kembali menggelar pelatihan kerajinan dengan memanfaatkan limbah bahan koran bekas kepada masyarakat Cikarang, di Desa Pasir Sari, Rabu (29/3/2017). Pelatihan tersebut menghadirkan Diane Damayanti selaku Advisor dari Jababeka sekaligus Praktisi Pemberdayaan Masyarakat.

Pelatihan pemanfaatan limbah kertas koran tersebut menghasilkan beberapa jenis barang seperti piring dan tempat tisu, yang akhirnya limbah tersebut menjadi barang yang bernilai ekonomis dan menjadi sumber penghasilan tambahan.

Turut hadir dalam pelatihan tersebut Camat Cikarang Selatan H. Enop Chan, Msi serta Kepala Desa Pasir Sari Lamjah Hertansyah dan diikuti oleh 30 peserta dari PKK dan ibu-ibu warga masyarakat Pasirsari.

”Peserta pelatihan yaitu dari ibu-ibu warga Pasirsari, semua yang saya terapkan ke peserta itu tidak ada keluhan, rata-rata mereka (peserta) cepat tanggap dan langsung bisa memperaktikannya,” tutur Diane disela-sela pelatihan di Aula Desa Pasirsari.

Diane menuturkan, pelatihan tersebut dilaksanakan selama tiga hari. Dengan pelatihan tersebut, Diane berharap agar para ibu-ibu dan masyarakat dapat memiliki keterampilan tambahan yang bisa mengisi waktu dan juga menambah penghasilan.

”Pelatihan pemanfaatan limbah kertas koran ini dilaksanakan selama tiga hari, alat yang diperlukan juga mudah, seperti pipa, lem fox, stick kayu, pisau kater dan finisingnya menggunakan politur, untuk bahannya yaitu limbah kertas koran yang memang mudah dan harganya murah, baru sehari saja ibu-ibu sudah bisa,” ujarnya.

Diane Damayanti berharap, kedepan kerajinan ini bisa terus berlanjut hingga bisa menjadi hal bermanfaat dan memiliki nilai yang positif buat masyarakat.

”Saya dan Lembaga Pemberdayaan dan Pelayanan Masyarakat (LPPM) Jababeka berharap setelah pelatihan ini, bisa terus berlanjut hingga bisa mendapatkan penghasilan yang memuaskan,” harapnya.

Sementara, Camat Cikarang Selatan H. Enop Chan menyambut gembira adanya kegiatan pelatihan tersebut.  Ia berharap pelatihan tersebut dapat terus berlanjut sehingga memberi manfaat dan dampak positif bagi masyarakat.

 “Saya sangat senang sekali ada acara pelatihan ini, saya juga berharap agar acara ini dapat terus dilanjutkan dan hasilnya dapat dimanfaatkan untuk masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Pasir Sari Lamjah Hertansyah menuturkan akan membawa hasil karya tersebut dalam acara pemilihan Desa terbaik tingkat nasional pada 4 April ini.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…