Wamendag Jerry Sambuaga Resmikan Factory Outlets Cikarang Trade Center di Jababeka

Oleh : Ridwan | Jumat, 26 Januari 2024 - 20:10 WIB

Wamendag Jerry Sambuaga bersama Pj. Bupati Bekasi Dani Ramdan serta jajaran Direksi PT Jababeka saat membuka Factory Outlets Cikarang Trade Center (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Wamendag Jerry Sambuaga bersama Pj. Bupati Bekasi Dani Ramdan serta jajaran Direksi PT Jababeka saat membuka Factory Outlets Cikarang Trade Center (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga meresmikan Factory Outlets Cikarang Trade Center di Kota Jababeka, Bekasi, Jawa Barat. 

Factory Outlets Cikarang Trade Center digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi dan didukung penuh oleh PT Jababeka Tbk.

Factory Outlets Cikarang Trade Center merupakan pusat kegiatan perdagangan yang mengundang 2.000 tenant industri dari 34 negara di kawasan industri Jababeka hingga pelaku usaha UMKM se-Kabupaten Bekasi, termasuk juga pelaku usaha binaan dari Dinas Perindustrian Pemkab Bekasi yang sudah berorientasi ekspor.

Adapun, tujuan hadirnya Factory Outlets Cikarang Trade Center adalah untuk memberikan peluang bagi para pelaku usaha meningkatkan penjualan, memperluas jaringan bisnis dan membuat masyarakat lebih mengenal produk atau jasa dari perusahaan-perusahaan yang berada di Kabupaten Bekasi.

Wamendag Jerry Sambuaga dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Bekasi atas inisiasinya menghadirkan Factory Outlets Cikarang Trade Center bagi masyarakat Kabupaten Bekasi.

Dirinya juga mengucapkan selamat atas terselenggaranya peresmian Factory Outlets Cikarang Trande Center.

"Kegiatan ini sangat bagus, dan saya yakin dapat membuat masyarakat lebih mengenal produk dan jasa unggulan di Kabupaten Bekasi dan mempercepat pertumbuhan ekonomi," jelas Jerry.

Dalam kesempatan tersebut, Wamendag juga menekankan pentingnya Pemkab Bekasi mendukung pelaku usaha UMKM sebagai kunci ekonomi dalam sebuah kota, kabupaten dan negara. Dimana kontribusi UMKM terhadap PDB nasional sebesar lebih dari 60 persen lebih.

Lebih lanjut, Jerry Sambuaga menyampaikan arahan untuk terus memperkuat kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan UMKM dan pihak swasta, sehingga hadir terobosan baru maupun memperkuat program kerja sama yang sudah ada, termasuk Factory Outlets Cikarang Trade Center diharapkan menjadi event tahunan. 

Dirinya mengaku siap memberikan bantuan jika memang butuhkan, seperti pelatihan dan pendampingan hingga pelaku usaha di Kabupaten Bekasi bisa ekspor.

Sementara itu, Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengaku optimis akan manfaat dari Factory Outlets Cikarang Trade Center. 

Menurutnya, event expo ini efektif dalam mengenalkan produk dari pelaku usaha binaan UMKM dari dinas-dinas Pemkab Bekasi dan perusahaan di Kawasan Industri Jababeka kepada masyarakat yang berada di Kabupaten Bekasi, sehingga mengetahui apa saja produk atau jasa dihasilkan di Kabupaten Bekasi.

“Kenapa (Factory Outlets Cikarang Trade Center) perlu dilaksanakan, menurut pakar negara maju itu dilihat dari bagaimana masyarakatnya berproduksi. Industri di Kabupaten Bekasi telah menjadi pusat industri nasional. Selain itu pertaniannya juga ada, jadi kita sudah kuat fondasinya. Tapi kita ingin (Kabupaten Bekasi) tidak hanya kuat di industrinya, tapi juga perdagangan. Dan kita belum punya pusat perdaganan. Inilah embrio untuk jadi pusat perdagangan. Kita akan terus kembangkan, di mana rencananya akan digelar satu tahun sekali,” papar Dani Ramdan.

Tak lupa, Dirinya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak, yaitu PT Jababeka Tbk, President University, APJI (Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia), Wanita Bekasi Keren, yang terlibat aktif menyukseskan event ini. 

Dirinya berharap pihaknya bisa terus bekerjasama untuk menghadirkan Factory Outlets Cikarang Trade Center lebih meriah di tahun mendatang, yaitu mengajak pelaku usaha dan vendor yang lebih besar. Sehingga dampaknya lebih siginifikan ke masyarakat.

Dalam keterangan tertulsnya, Founder and Chairman PT Jababeka Tbk., Setyono Djuandi Darmono mengatakan, Factory Outlets Cikarang Trade Center hadir sebagai sarana yang tepat untuk mengenalkan dan mempromosikan barang, termasuk pabrik-pabrik di Kawasan Industri Jababeka.

Karena, menurutnya, dengan booth yang didapatkan secara gratis dan rangkaian acara yang telah dibuat menarik, event expo Factory Outlets Cikarang Trade Center bisa mempertemukan pembeli dan konsumen yang bisa meningkatkan ekonomi Kabupaten Bekasi. 

"Saya pikir ini langkah maju bagaimana semua pihak bersatu di satu acara menampilkan pelaku usaha di Kabupaten Bekasi dan bisa mengenalkan produk unggulan mereka ke masyarakat. Karenanya, kami mendukung Factory Outlets Cikarang Trade Center, dan siap berpartisipasi di tahun depan," ujar Darmono.

Factory Outlets Cikarang Trade Center diikuti oleh 50 exhibitor yang menghadirkan jasa maupun produk unggulan dengan harga pabrik, seperti produk otomotif, minuman dan makanan, produk makanan yang dibekukan, agrobisnis, fashion dan kerajinan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.