TOP! Kawasan Industri Jababeka Kembali Raih Penghargaan PROPER Hijau KLHK

Oleh : Hariyanto | Kamis, 21 Desember 2023 - 07:46 WIB

Tjahjadi Rahardja, Direktur Utama PT Jababeka Infrastruktur
Tjahjadi Rahardja, Direktur Utama PT Jababeka Infrastruktur

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Jababeka Tbk (KIJA), melalui anak perusahaannya PT. Jababeka Infrastruktur, selaku pengelola Kawasan Industri Jababeka, kembali meraih penganugerahan Penilaian Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Hijau di tahun ini dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

PROPER merupakan program yang dimiliki oleh KLHK dalam pengawasan terhadap industri yang bertujuan mendorong ketaatan industri terhadap peraturan lingkungan hidup. Namun PROPER bukan sebagai pengganti instrumen ketaatan konvensional yang telah berjalan melainkan sebuah komplementer dan bersinergi dengan instrumen penataatan lainnya. Sehingga upaya peningkatan kualitas lingkungan dapat dilaksanakan dengan lebih efisien dan efektif.

Terdapat beberapa jenis penilaian dalam PROPER mulai dari Hitam, Merah, Biru, Hijau, hingga Emas. PROPER Hijau diberikan kepada usaha dan kegiatan yang telah melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan dalam peraturan (beyond compliance), seperti melaksanakan sistem pengelolaan lingkungan dan memanfaatkan sumber daya secara efisien serta melaksanakan tanggung jawab sosial dengan baik. Sedangkan jika pengelolaan lingkungan yang dilakukan hanya sesuai persyaratan, anugerah yang diberikan ialah PROPER Biru.

Adapun penghargaan PROPER tersebut diterima oleh perwakilan dari PT Jababeka Infrastruktur yaitu Tjahjadi Rahardja selaku Direktur Utama PT Jababeka Infrastruktur yang diberikan langsung oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan, Alue Dohong dan Direktur Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan, Sigit Reliantoro di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Menanggapi hal tersebut, Tjahjadi Rahardja selaku Direktur Utama PT Jababeka Infrastruktur, merasa bangga karena penghargaan PROPER Hijau ini merupakan wujud nyata pencapaian PT Jababeka Infrastruktur yang selalu konsisten menerapkan sistem manajemen pengelolaan kawasan industri yang ramah lingkungan serta menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan.

Tjahjadi-sapaan akrabnya, juga mengaku semakin optimis dengan target-target PT Jababeka Infrastruktur kedepannya yang akan terus konsisten menerapkan prinsi-prinsip keberlanjutan yang sudah berjalan dan terus meningkatkannya.

“Kedepannya dalam mempertahankan posisi PROPER Hijau, PT Jababeka akan terus meningkatkan program-program yang dimiliki sehingga bisa meraih PROPER Emas,” pungkasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.