Jababeka Movieland Luncurkan Katalog Set Lokasi Syuting

Oleh : Ridwan | Minggu, 03 Maret 2024 - 12:05 WIB

Salah satu set lokasi syuting di Jababeka Movieland
Salah satu set lokasi syuting di Jababeka Movieland

INDUSTRY.co.id - Cikarang – Menyambut industri film dan televisi (TV) Indonesia yang berkembang pesat, Jababeka Movieland meluncurkan katalog set lokasi syuting, di Mayfair Building, Kota Jababeka, Cikarang.

Adapun peluncuran ditandai dengan pemberian buku katalog Jababeka Movieland dari Chairman of Steering Committee Arief Yahya ke Ketua Badan Perfilman Indonesia Gunawan Paggaru, dan disaksikan langsung oleh Dwi Heriyanto Direktur Utama Perum Produksi Film Negara dan Eric Gunawan Koordinator Jababeka Movieland. 

Setyono Djuandi Darmono founder dan chairman PT Jababeka Tbk, menyebutkan, latar belakang peluncuran katalog set lokasi syuting Jababeka Movieland ini merupakan bagian dari komitmen pihak Jababeka untuk berpartisipasi aktif memajukan industri perfilman Indonesia. 

"Di mana tujuan hadirnya katalog set lokasi syuting adalah mengenalkan berbagai lokasi pengambilan gambar di Jababeka Movieland," katanya.

Selain itu, peluncuran katalog tersebut membuktikan bahwa semua kebutuhan set lokasi syuting untuk film layar lebar, serial, dan beragam program televisi sudah tersedia di Jababeka Movieland. 

Katalog set syuting Jababeka Movieland berisikan informasi lengkap mengenai 30 set lokasi. Sebut saja lokasi perumahan meliputi rumah dari minimalis sampai mewah dengan full furnish, jalan raya perumahan, fasilitas umum seperti lapangan basketball, gazebo, warung.

Lokasi tempat hangout meliputi, pusat makanan, cafe di pinggir jalan, coffee shop yang simpel sampai luas, gathering space untuk acara outdoor, restoran, function room yang bisa dijadikan tempat karaoke, mall, atrium, halte, terminal, taman, kolam rekreasi, fasilitas umum, dan taman atau area bermain.

Lokasi rekreasi meliputi, kolam renang, playground anak, trampoline, pondok bambu, dan performance area untuk pentas seni.

Lokasi perkantoran meliputi, lobi kantor, ruang meeting dengan tipe simpel- open space hingga tipe luas, dan ruang kerja.

Selanjutnya, lokasi layanan kesehatan meliputi lobi utama rumah sakit, IGD dengan tiga tempat tidur pasien dan ambulan, ruang istirahat pasien, ruang resepsionis; 

Dan terakhir yaitu lokasi layanan pendidikan meliputi, kelas, lingkungan  pendidikan dari TK sampai universitas, koridor kelas dengan fasilitas meja diskusi, perpustakaan dengan full furnish, lapangan basket, kantin sekolah, asrama mahasiswa, ruang santai mahasiswa dengan meja dan bangku, ruang tidur mahasiswa baik single bedroom maupun double bedroom dengan full furnish dan masih banyak set lokasi syuting lainnya.

Menurut Darmono, salah satu kendala pekerja film TV dalam menggarap proyeknya ialah tempat syuting yang berjauh-jauhan dan tidak efektif secara waktu. Selama ini mereka harus mengatur tempat lokasi satu per satu, termasuk sisi perizinan dan keamanan. 

"Karenanya, Jababeka Movieland kami merancang katalog set syuting dan menyediakan pelayanan terpadu satu atap. Sehingga, bisa memudahkan para pekerja film dan TV menjalankan proyeknya, entah film, sinetron, dan video komersial. Tidak ada lagi waktu terbuang untuk perizinan dan keamanan,” kata Setyono Djuandi Darmono.

Sementara itu, Arief Yahya menambahkan bahwa katalog set lokasi syuting di Jababeka Movieland sudah dikurasi secara khusus agar menyesuaikan kebutuhan industri perfilman dan TV. Sehingga, pihak PH atau produser tidak perlu takut apakah Jababeka Movieland sudah bisa mengakomodir semua kebutuhan proyek mereka.

“Dan semua set lokasi syuting sudah siap pakai untuk proyek perfilman maupun TV,” kata Arief Yahya.

Dalam kesempatan yang sama, dilakukan peluncuran website Jababeka Movieland, yaitu www.indomovieland.com dan www.jababekamovieland.com. 

Eric Gunawan Koordinator Jababeka Movieland menjelaskan bahwa website yang dihadirkan bukan hanya sekedar berisi profil tentang Jababeka Movieland, tapi menginformasikan semua layanan jasa pihaknya kepada para produser PH, termasuk meng-unduh katalog set lokasi syuting Jababeka Movieland yang telah diluncurkan.

“Jadi, untuk melihat-lihat jasa apa saja yang kami sediakan, maupun mau meng-download katalog set lokasi syuting Jababeka Movieland bisa akses website kami,” kata pria yang merupakan praktisi, asesor, dan dosen akademi perfilman di President University ini.

Lebih dari itu, Eric Gunawan optimis, bahwa lokasi-lokasi syuting Jababeka Movieland tak akan membuat pekerja film dan TV atau produser PH kecewa. 

"Dengan harga sewa set lokasi yang relatif terjangkau, kemudahan perizinan, set lokasi syuting yang lengkap, tim keamanan, sudah ada dedicate team dan tersedia tempat menginap untuk crew dengan beragam fasilitas akomodasi dan pilihan kuliner, mampu mengurangi budget produksi cukup signifikan, bahkan hingga 50%," terangnya.

Eric Gunawan pun berharap peluncuran katalog set lokasi syuting bisa membuat Jababeka Movieland cukup dipertimbangkan sebagai pilihan para pelaku industri Film dan TV menjalankan proyek.

“Semoga acara tur set lokasi syuting mampu memberi pengalaman lengkap dalam mengenal Jababeka Movieland, bahwa kami menyediakan semua kebutuhan industri perfilman dan TV dalam satu tempat. All in one place,” kata Eric Gunawan.

Sementara itu, Ketua Badan Perfilman Indonesia Gunawan Paggaru menyampaikan apresiasi kepada Jababeka Movieland terhadap peluncuran katalog set lokasi syuting. 

Menurutnya, hal tersebut merupakan langkah penting dalam mengembangkan Jababeka Movieland sebagai pusat industri film dan televisi terintegrasi.

Pasalnya, ekosistem perfilman yang belum terintegrasi menjadi kendala industri perfilman-TV, dan dengan hadirnya katalog set lokasi syuting ini jadi jadi modal untuk industri film-TV lebih baik serta memudahkan pihak Jababeka Movieland melakukan penjajakan kolaborasi dengan pemerintah pusat dan stake holder, terutama para PH dalam membuat proyek film atau televisi.

"Kami juga akan membantu (mempromosikan) katalog set lokasi syuting Jababeka Movieland dengan menampilkan satu halaman khusus di website kami. Untuk para (stake holder BPI) melihat dan mengakses," kata Gunawan Pagarru.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mobil listrik

Sabtu, 18 Mei 2024 - 17:57 WIB

Strategi Marketing Dalam Penjualan Kendaraan Listrik atau EV

Dunia transportasi tengah mengalami transformasi besar dengan kemunculan kendaraan listrik (EV) sebagai pemain utama. Hal ini menandakan pergeseran menuju era baru dalam mobilitas manusia, di…

Prescon HI Drone Dragrace 2 di PIK 2

Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:27 WIB

HOGERS Indonesia Gelar Balapan Motor Besar Harley Davidson

HOGERS Indonesia menggelar lomba balapan dan ketangkasan motor Harley terbesar di Indonesia. Event berskala Nasional buatan HOGERS Indonesia Drag Race of National Event 2 (HIDRONE2) ini dilaksanakan…

Implementasi IoT untuk pertanian

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:02 WIB

Jadi Mitra Kemkominfo, MSMB Implementasi Sistem Pintar Berbasis IoT untuk 7 Green House di Temanggung

PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), start up agritech dari Sleman, Yogyakarta, baru-baru ini menjadi mitra layanan implementasi teknologi berbasis IoT (Internet of Things) Kementerian…

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:37 WIB

Telkomsat dan Starlink Tandatangani Kerja Sama Layanan Segmen Enterprise di Indonesia

Telkomsat dan Starlink melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) untuk layanan segmen enterprise berbagai wilayah di Indonesia.

SUPER AIR JET Buka Rute Baru

Sabtu, 18 Mei 2024 - 13:39 WIB

Dukung IKN, SUPER AIR JET Buka Rute Baru!

SUPER AIR JET mulai 6 Juni 2024 perkenalkan penerbangan non-stop pertama dari Bandar Udara Dhoho, Kediri, Jawa Timur ke Bandar Udara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur,…