Bos Jababeka Percayakan Program Pelatihan dan Bimbingan SDM Industri kepada Kemenperin

Oleh : Ridwan | Jumat, 15 Februari 2019 - 14:05 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Chairman PT. Jabebak Tbk. Setyono Djuandi Darmono berfoto bersama seusai acara HRD Forum Jababeka (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Chairman PT. Jabebak Tbk. Setyono Djuandi Darmono berfoto bersama seusai acara HRD Forum Jababeka (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Cikarang, Chairman PT. Jababeka, Tbk. Setyono Djuandi Darmono mengatakan, pihaknya menginginkan adanya politeknik yang mumpuni di kawasan Industri Jababeka, Cikarang. 

Hal tersebut disampaikan S.D. Darmono saat memberikan sambutan dalam acara "HRD Forum Jababeka" di President Executive Club,  Jababeka, Cikarang, Bekasi, Jumat (15/2).

Menurutnya, politeknik yang canggih sangat diperlukan untuk membina atau melatih anak-anak muda di sekitar Kawasan Industri Jababeka di sektor digital khususnya e-commerce.

"Era industri 4.0 tidak bida dihindari lagi. Oleh karena itu, bimbingan serta pelatihan melalui politeknik yang mumpuni sangat diperlukan untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) di kawasan industri Jababeka khususnya sektor digital," katanya. 

Ditambahkan Darmono, era digitalisasi atau yang sering disebut dengan industri 4.0 akan mendorong suatu kawasan menuju "Smart City" yang menjadi konsep pengembangan Kawasan Industri Jababeka. 

"Dengan digitalisasi akan membantu penjualan produk yang diproduksi di Kawasan Industri Jababeka ke seluruh dunia melalui perdagangan online atau e-commerce," terangnya. 

Dijelaskan Damono, pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memiliki pusat pelatihan ICT (information and communication technology) yang berada di Kawasan Industri Jababeka. Namun, lanjutnya, implementasi-nya masih belum berjalan seperti apa yang diinginkan. 

"Implementasi ICT masih belum berjalan sesuai keinginan. Oleh karenanya, saya ingin kelanjutan bimbingan dan pelatihan ICT diserahkan kepada Kementerian Perindustrian," harap Darmono. 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang turut hadir sebagai pembicara utama seminar "HRD Forum Jababeka" menyambut baik rencana Chairman PT. Jababeka Tbk. Yang ingin menyerahkan kelanjutan pelatihan dan bimbingan ICT di bawah naungan Kemenperin. 

"Mungkin tawaran Bapak Darmono kita akan sambut, lempar saja ke Kemenperin beres semua," ungkap Airlangga yang disambut dengan tepuk tangan meriah dari para peserta seminar. 

Dijelaskan Airlangga, Kementerian Perindustrian telah menjalin hubungan kerja sama dengan Nasional Riset Center di bawah naungan Perdana Menteri Korea Selatan untuk pengembangan riset dan teknologi di Indonesia. 

"Jadi, apapun riset yang ada di Korea bisa dibawa ke Indonesia. Bukan hanya di level tingkat atas saja, di tingkat bawah pun level nya sudah setara," terang Airlangga. 

Airlangga optimis kualitas SDM industri di Kawasan Industri Jababeka yang telah menjadi "The New Economi Indonesia" akan siap berdaya saing secara global. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

Jumat, 26 April 2024 - 14:21 WIB

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan. PGE Area Kamojang berhasil…

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…