Menperin: Masih Banyak Peluang Tingkatkan Industri Mamin Nasional

Oleh : Ridwan | Jumat, 14 Juli 2017 - 21:19 WIB

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto bersama Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), Adhi Lukman saat acara Halal Bihalal anggota GAPMMI
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto bersama Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), Adhi Lukman saat acara Halal Bihalal anggota GAPMMI

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Industri makanan dan minumam (mamin) menjadi salah satu unggulan di Indonesia. Ini terbukti dari pertumbuhan industri mamin selalu tumbuh di atas pertumbuhan ekonomi.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat menghadiri acara Halal Bihalal Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) di Hotel Royal Kuningan, Jakarta (14/7/2017).

"Oleh Karena itu bahan baku dan akses pasar industri makanan dan minuman tidak boleh terganggu," ungkap Arilangga.

Menurutnya, masih banyak peluang untuk meningkatkan industri makanan dan minuman bisa kita lihat lagi konsumsi susu dan kopi meningkiat tiap tahunnya.

Sebelumnya, Ketua Umum GAPMMI Adhi S. Lukman memperkirakan, industri makanan dan minuman tahun ini akan tumbuh 8,2 persen. Proyeksi pertumbuhan tersebut sama dengan pertumbuhan industri tahun lalu.

Seperti diketahui, sumbangan nilai ekspor produk makanan dan minuman termasuk minyak kelapa sawit pada tahun 2016 mencapai USD 26,39 miliar. Sementara itu, impor produk mamin pada periode yang sama sebesar USD 9,64 miliar.

Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (Gapmmi) sebelumnya menargetkan ekspor produk mamin olahan nasional tahun ini tumbuh 16 persen menjadi USD 7 miliar, dari realisasi tahun 2016 lalu sebesar USD 6 miliar.

Dengan pertumbuhan sebesar itu, industri mamin diprediksi bakal menjadi motor pertumbuhan ekspor non migas tahun ini yang dipatok sebesar 5,6% persen. Saat ini, kontribusi produk mamin terhadap ekspor non migas mencapai 35 persen.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Timnas Prancis berhasil menjuarai Piala Dunia usai menumbangkan Kroasia 4-2 dalam laga final Piala Dunia 2018. (FOTO: @FIFAWorldCup /Twitter)

Senin, 16 Juli 2018 - 01:31 WIB

Prancis Juara Piala Dunia 2018 di Rusia

Prancis keluar sebagai juara Piala Dunia 2018 di Rusia. Les Blues menekuk Kroasia 4-2 pada laga final yang digelar di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7).

Suasana Nobar Final Piala Dunia di Kementerian PUPR (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Minggu, 15 Juli 2018 - 22:26 WIB

Nobar Final Piala Dunia, Menteri Basuki Jagokan Tim Kroasia

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar acara nonton bareng atau Nonton Bareng Final Piala bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beserta seluruh jajaran keluarga besar…

Piaggio Indonesia Kembali Hadirkan Pameran Mall to Mall

Minggu, 15 Juli 2018 - 21:52 WIB

Piaggio Indonesia Kembali Hadirkan Pameran Mall to Mall

Sebagai kelanjutan dari Strategi Roadmap Premiumisasi, PT Piaggio Indonesia kembali menghadirkan pameran Mall to Mall di Main Atrium Pondok Indah Mall 2, dari tanggal 9 Juli hingga 15 Juli 2018.…

PLTS Ilustrasi (ist)

Minggu, 15 Juli 2018 - 20:02 WIB

Tingkatkan Pemanfaatan PLTS, Kementerian ESDM Siapkan Regulasi PLTS Atap

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus mendorong peningkatkan pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Ilustrasi Migas (ist)

Minggu, 15 Juli 2018 - 19:30 WIB

Kementerian ESDM: Komitmen Pasti Investasi Migas Senilai US$1 Miliar Lebih Besar Dari Tahun Sebelumnya

Sebanyak 25 kontrak migas gross split yang ada, menghasilkan total komitmen pasti investasi sekitar US$1 miliar atau Rp 14 triliun.