Kemenperin Dorong Percepatan Pembangunan Industri Baja Guna Akselerasi Pengembangan Industri Baja Hulu-Hilir

Oleh : Ridwan | Senin, 29 Mei 2017 - 11:13 WIB

Ilustrasi Industri Baja
Ilustrasi Industri Baja

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Perindustrian terus fokus mengkselerasi pengembangan industri baja di Indonesia dengan mempercepat beberapa proyek pembangunan industri baja yang tersebar di wilayah Indonesia.

"Untuk menjadi negara industri yang maju, keberadaan industri baja mutlak diperlukan sebagai pondasi dasar bagi sektor manufaktur agar dapat tumbuh dan berkembang," ungkap Direktur Industri Logam Kementerian Perindustrian, Doddy Rahadi di Jakarta (29/5/2017).

Doddy melanjutkan, adapun proyek pembangunan industri baja yang akan dipercepat antara lain, pertama adalah proyek 10 juta ton baja di Cilegon, Banten. "Dihatrapkan pembangunan ini bisa memberikan kontribusi terhadap PDB sebesar 0,38 persen," ucapnya.

Proyek yang kedua adalah industri berbasis nikel dan baja tahan karat di Morowali, Sulawesi Tengah. "Ditargetkan dari kawasan industri ini bisa menghasilkan empat juta ton baja stainless stell," ucapnya.

Sementara itu, proyek percepatan pembangunan pabrik baja yang ketiga adalah proyek industri baja di Batulicin, Kalimantan Tengah. "Saat ini sudah ada industri baja disana, namun diperlukan dukungan dari seluruh pihak agar industri baja di kawasan ini dapat tumbuh dan berkembang," imbuhnya.

Seperti diketahui, dalam empat bulan terakhir pasar baja domestik terkena gempuran impor dari Vietnam. Angka produksinya mencapai dua kali lipat dari kebutuhan nasionalnya. Saat ini volume baja Vietnam  mencapai 2,5 juta ton per tahun, sedangkan nilai produksinya mencapai 5 juta ton per tahun.

"Kita akan siapkan regulasi anti dumping dan safeguard demi mencegah berbagai gempuran impor baja. Namum, butuh waktu 2 tahun untuk merampungkan regulasi ini," tambah Doddy.

Berdasarkan Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN), hingga tahun 2024, Indonesia ditergetkan mampu memproduksi baja sebanyak 17 juta ton perb tahun, dengan fokus pada baja-baja bernilai tambah tinggi. Pada tahun 2035, diharapkan industri baja nasional sudah memiliki kapasitas produksi mencapai 25 juta ton per tahun.

"Untuk itu, perlu adanya perbaikan-perbaikan dan harmonisasi regulasi untuk menjamin kapasitas industri baja nasional dapat tumbuh dan berkembang," tutup Doddy.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Beras (Doc: Kementan)

Senin, 23 Mei 2022 - 11:24 WIB

Akademisi UI: 3 Tahun Indonesia Tidak Impor Beras, Pemerintah Buktikan Kinerjanya

Peneliti dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia, Riyanto menilai salah satu keberhasilan Syahrul Yasin Limpo (SYL) sebagai Menteri Pertanian adalah meningkatnya…

Stok beras

Senin, 23 Mei 2022 - 11:20 WIB

Irma Suryani: 3 Tahun Tidak Impor Beras Bukti Mentan SYL Jalankan Perintah Presiden

Pemerhati Pangan, Irma Suryani Chaniago mengapresiasi kerja cerdas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) yang mampu menjalankan semua perintah dan arahan Presiden Joko Widodo.

Orang Utan

Senin, 23 Mei 2022 - 11:00 WIB

Program Konservasi Orangutan TPA Turunkan Potensi Konflik Antara Orangutan-Manusia Hingga 98,5%

Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia atau International Day for Biological Diversity diperingati setiap tahun pada tanggal 22 Mei. Sebagai negara yang dikaruniai alam subur dan memiliki keanekaragaman…

Kementerian Kesehatan Arab Saudi bersama Binawan Merekrut 220 Perawat Indonesia

Senin, 23 Mei 2022 - 10:53 WIB

Kementerian Kesehatan Arab Saudi bersama Binawan Merekrut 220 Perawat Indonesia, Ini Syaratnya

Kementerian Kesehatan Arab Saudi membuka kembali kesempatan untuk perawat Indonesia untuk bisa bekerja di Arab Saudi. Tahun ini Binawan dipercaya kembali untuk menjadi mitra kerja MOH dalam…

Komunitas The Famous Club Laksanakan Senam Bersama

Senin, 23 Mei 2022 - 10:41 WIB

Komunitas The Famous Club Laksanakan Senam Bersama

Senam pagi merupakan suatu aktifitas fisik yang perlu diadakan untuk menjaga kebugaran jasmani. Gerakan-gerakan senam pagi bermanfaat untuk melatih otot-otot pada tubuh, melancarkan peredaran…