TEMAS Bagikan Dividen Tunai Sebesar Rp250 Miliar

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 11 Juni 2021 - 13:06 WIB

Komisaris dan Direktur PT TEMAS Tbk berpose bersama usai RUPST di Jakarta. Dari kiri ke kanan: Faty Khusumo, Direktur Utama; Theo Lekatompessy, Komisaris Independen; Ganny Zheng, Direktur; dan Inge Supatra, Direktur. (Foto: Humas PT TEMAS Tbk)
Komisaris dan Direktur PT TEMAS Tbk berpose bersama usai RUPST di Jakarta. Dari kiri ke kanan: Faty Khusumo, Direktur Utama; Theo Lekatompessy, Komisaris Independen; Ganny Zheng, Direktur; dan Inge Supatra, Direktur. (Foto: Humas PT TEMAS Tbk)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemegang saham perusahaan pelayaran angkutan barang dengan peti kemas, PT TEMAS Tbk (TMAS), dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Jumat (11/06/2021) menyetujui pembagian dividen tunai untuk tahun buku 2020 sebesar Rp250 miliar (Rp43,82 per saham).

“Komposisi dividen tersebut terdiri dari Rp50 miliar yang berasal dari penyisihan laba bersih 2020 dan sisanya Rp200 miliar berasal dari saldo laba yang belum ditentukan penggunaannya pada tahun buku 2020,” ujar Sutikno Khusumo, Direktur Utama TMAS, pada acara paparan publik usai RUPST di Jakarta.

Sutikno mengemukakan, Perseroan pada 2020 fokus memastikan kelangsungan operasional di masa pandemi Covid-19 dengan melakukan pencegahan terhadap penyebaran virus Covid-19, baik untuk karyawan di darat juga untuk crew di atas kapal.

“Di sisi lain secara grup, Perseroan juga mengembangkan bidang usaha Pelabuhan dan Depo Peti Kemas. Tidak hanya itu. Kami juga tetap berpartisipasi dalam Program Tol Laut yang dicanangkan oleh Pemerintah. Tahun lalu kami berpartisipasi di dalam 3 rute Tol Laut yaitu Trayek T-1, T-11, dan T-17,” ujar Sutikno.

Sutikno menuturkan, dari sisi kapasitas angkut armada, tahun lalu manajemen perseroan menambah 6 unit kapal. Dengan penambahan tersebut, maka kapasitas angkut armada Perseroan menjadi 30.395 TEUs atau 445.792 DWT. Penambahan jumlah armada ini bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan segmentasi terkait rute pelayaran untuk pelabuhan kecil dan menengah.

Sementara itu, Ganny Zheng, Direktur Keuangan TMAS, mengungkapkan, volume muatan pada 2020 turun 1,2%  menjadi 426.367 TEUs dibandingkan tahun 2019. Namun demikian Perseroan masih mencatatkan laba bersih Rp52,2 miliar pada 2020, kendati turun 48,11% dibandingkan pada tahun sebelumnya sebesar Rp100,6 miliar.

Di sisi lain Aset perusahaan tahun 2020 naik menjadi Rp 3,84 triliun dari sebelumnya Rp3,27 triliun, ekuitas naik menjadi Rp1,21 triliun dari Rp1,18 triliun di tahun 2019.

“Dengan investasi yang dilakukan pada kuartal IV tahun 2020, maka diharapkan dapat meningkatkan produktivitas serta volume angkut pada tahun ini,” ujarnya dalam acara Paparan Publik usai RUPST & RUPS Luar Biasa Perseroan (11/06/2021).

Ganny menambahkan, “Sepanjang tahun lalu, Perseroan telah melakukan beberapa langkah strategis, diantaranya membentuk satu anak usaha baru di Oktober 2020, yaitu PT Pelabuhan Temas Nusantara yang bergerak di jasa kepelabuhanan.”

Selain itu, secara konsolidasi, PT Temas Shipping - anak usaha Perseroan lainnya, juga membentuk satu anak usaha baru pada Mei 2020, yaitu PT Temas Bulker, yang juga bergerak di bidang usaha angkutan laut dalam dan luar negeri.

RUPST perseroan pada hari ini dilanjutkan dengan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Para pemegang saham pada RUPSLB tersebut menyetujui pengangkatan Faty Khusumo sebagai Direktur Utama perseroan, menggantikan Sutikno Khusumo. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…