Pertamina dan Japan Marine United Berhasil Rampungkan Kapal VLCC

Oleh : Hariyanto | Rabu, 10 Februari 2021 - 09:53 WIB

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Japan Marine United (JMU) berhasil menyelesaikan Very Large Crude Carriers (VLCC) Pertamina Pride. Keberhasilan tersebut ditandai dengan Delivery Ceremony The 1st VLCC Pertamina Pride yang diselenggarakan di Gedung Patra Jasa, Jakarta dan disaksikan langsung melalui virtual dari JMU Ariake Shipyard di Jepang, Selasa (9/2/2021). 

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengungkapkan, Pertamina bekerja sama dengan JMU untuk pembangunan kapal dari awal hingga proses akhir, serta pelepasan dan pengiriman ke Pertamina. 

“Setelah uji coba fisik serta legalitas kapal VLCC selesai, Pertamina siap untuk mengambil dan mengelola kapal tersebut. Pengelolaan Kapal Pertamina Pride ini bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan dan keberlanjutan energi di Indonesia,” ungkap Nicke.

Pembangunan kapal VLCC ini bertujuan untuk memperkuat usaha Pertamina dan meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan biaya pengapalan. Dengan meningkatnya permintaan minyak mentah nasional di masa mendatang, membuat VLCC ini memiliki daya saing usaha Pertamina untuk meningkatkan keandalan energi nasional. 

“Hal ini sejalan dengan meningkatnya permintaan minyak mentah nasional akibat adanya proyek strategis yang kami jalankan yaitu GRR (Grass Root Refinery) dan RDMP (Refinery Development Mega Project). Sehingga bisa meningkatkan keandalan dalam penyaluran pasokan, khususnya mengamankan pengiriman minyak mentah untuk Kilang Pertamina,” ujarnya. 

Nicke juga berterima kasih kepada JMU yang telah bekerja sama dan mampu menyelesaikan kapal ini dengan tantangan yang melanda dunia yaitu Covid-19. 

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada perusahaan pelayaran sub-holding, JMU, dan semua pihak yang mendukung dan bekerja sama dalam kurun waktu untuk VLCC Pertamina Pride. Kami tahu ada banyak tantangan di tengah pandemi yang tak terduga, kami sangat bersyukur bisa menawarkan VLCC datang dan menyelesaikan apa yang telah kami mulai,” ujarnya. 

President and CEO Japan Marine United Kotaro Chiba menyebutkan bahwa ada beberapa kesulitan tak terduga saat masa pembangunan kapal seperti angin topan dan wabah COVID-19 yang melanda Jepang. 

“Kami berhasil menyelesaikan proyek ini atas dukungan baik dari Pertamina International Shipping. Kami sangat berharap bahwa hubungan kami akan langgeng dan semakin baik menuju masa depan,” tuturnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tumbler Minuman Edisi Khusus Dengan Tema Wayang

Senin, 12 April 2021 - 13:30 WIB

Tumbler Minuman Edisi Khusus Dengan Tema Wayang Berkolaborasi dengan Ayang Cempaka

Thermos, produsen global dan pelopor produk wadah insulasi vakum inovatif dan berteknologi tinggi, kembali memperkenalkan botol minuman terbarunya dengan tema tokoh Legenda Wayang Indonesia…

Direktur Utama Bank BRI, Sunarso

Senin, 12 April 2021 - 12:55 WIB

Raih 7 Penghargaan dalam Sepekan, Sunarso Dipuji Habis Menteri BUMN RI Pertama: Pencapaian Luar Biasa, CEO Bank BRI Tidak Diragukan Lagi...

Direktur Utama BRI Sunarso diganjar dua penghargaan sekaligus sebagai The Best CEO dan juga sebagai CEO Strategic Orientation Terbaik. Penghargaan diberikan kepada BRI berdasarkan hasil penilaian…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita dan Manfaat Pameran Hannover Messe 2021

Senin, 12 April 2021 - 12:21 WIB

Goks! Menperin Agus Bocorkan Sederet Manfaat Indonesia Jadi Official Partner Country di Hannover Messe 2021

Menteri Perindusterian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menungkapkan sederet manfaat bagi industri dan perekonomian nasional dari partispasi Indonesia dalam official partner country Hannover…

Centara Resort

Senin, 12 April 2021 - 12:00 WIB

Berlibur ke Vietnam, Bisa Kunjungi Centara Mirage Resort Mui Ne

Centara Hotels & Resorts, operator hotel terkemuka di Thailand, memperluas merek resor bertema keluarga yang populer dengan Centara Mirage kedua di dunia, terletak di pantai Vietnam selatan…

Adhi S Lukman-Ketua Asosiasi Gabungan Pengusaha Makanan Dan Minuman Indonesia

Senin, 12 April 2021 - 11:43 WIB

Duh, GAPMMI Beberkan Penyebab Utama Pelaku Industri Mamin Belum Bisa Terapkan Praktik Industri 4.0

Indonesia terus mempersiapkan diri untuk menghadapi era Industri 4.0 sejak diluncurkannya inisiatif “Making Indonesia 4.0” oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin), yang mana industri…