Semangat Bhakti Adhyaksa Membangun Integritas Pemberantasan Korupsi di Indonesia

Oleh : Firli Bahuri | Kamis, 23 Juli 2020 - 07:00 WIB

H. Firli Bahuri: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI)
H. Firli Bahuri: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI)

INDUSTRY.co.id - Rabu 22 Juli 2020, kita segenap bangsa Indonesia khususnya insan Adhyaksa, kembali memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-60.

'Terus Bergerak dan Berkarya' yang menjadi Tema peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-60 tahun ini sangat tepat, bukan hanya menginspirasi, melainkan juga menjadi momentum dan pelecut semangat kita semua agar tidak pernah berhenti memberikan sumbangsih terbaik bagi negara ini dalam situasi dan kondisi apa pun, termasuk pada masa pandemi Covid-19.

Di usia lebih dari setengah abad, Korps Adhyaksa telah menunjukkan eksisitensi dan dedikasinya sebagai lembaga pemerintah yang melaksanakan kekuasaan negara dalam bidang penuntutan serta kewenangan lain, berdasarkan undang-undang.

Kejaksaan sebagai pengendali proses perkara (Dominus Litis), mempunyai kedudukan sentral dalam penegakan hukum, karena hanya institusi Kejaksaan yang dapat menentukan apakah suatu kasus dapat diajukan ke pengadilan atau tidak berdasarkan alat bukti yang sah menurut Hukum Acara Pidana.

Kejaksaan juga merupakan satu-satunya instansi pelaksana putusan pidana (executive ambtenaar).

Syukur Alhamdulillah, sejak awal KPK berdiri dan hingga saat ini, Kejaksaan Agung Republik Indonesia telah mengirimkan putera puteri terbaik Korp Adhyaksa, jaksa-jaksa yang memiliki jiwa dan semangat Trapsila Adhyaksa, untuk membantu KPK dalam upaya memberantas korupsi yang telah berurat akar di negeri ini.

 Beberapa waktu lalu, saya melantik enam jaksa penuntut umum KPK yang baru untuk memperkuat fungsi penuntutan. Dari penambahan tersebut, total jaksa penuntut umum yang menjadi bagian dalam KPK sebanyak 80 orang.

Saya sangat yakin, jiwa Satya (kesetiaan bersumber pada kejujuran), Adi (kesempurnaan dalam bertugas) dan Wicaksana (bijaksana) sebagai cerminan dari Trapsila Adhyaksa, terpatri dalam hati sanubari setiap insan Adhyaksa termasuk Jaksa Penuntut Umum KPK, sehingga warga Korps Adhyaksa memiliki integritas tinggi serta terbiasa bekerja secara profesional di manapun mereka ditempatkan dan bertugas, para insan Adhiyaksa membawa semangat penegakkan hukum yang profesional , adil dan pasti dengan  pedang keadilan.

Hari adhiyaksa di KPK dilaksanakan dengan sangat sederhana tapi penuh semangat kekeluargaan serta pengabdian.

Hari inipun ditunjukkan pemberantasan korupsi terus membara dimana hari ini  para jaksa sudah menghadap tugas untuk menangani perkara terhadap 11 orang eks Anggota DPRD Sumatera Utara yang menjadi tersangka dan langsung dilakukan penahanan oleh KPK malam ini.

Kami sangat yakin Jaksa Penuntut Umum yang nantinya bertugas dalam kasus tersebut, akan mengedepankan nilai-nilai Trapsila Adhyaksa, sehingga hukuman yang akan diterima para tersangka akan adil dan memenuhi rasa keadilan baik bagi pelaku maupun rakyat Indonesia.

Hari Adhyaksa seyogianya juga diisi dengan aksi pemberantasan korupsi, sebagai bentuk pengabdian diri kepada Ibu Pertiwi. Semoga Hari Bhakti Adhyaksa 'Terus Bergerak dan Berkarya' mengabdi tanpa henti untuk NKRI dengan semangat antikorupsi, selalu mewarnai tatanan kehidupan berbangsa di negeri ini.

Terakhir izinkan saya berpantun..

"Hidup Mulia, Bukan Karena Emas, Intan, atau Permata, Hidup Mulia Karena Perilaku Jujur, Adil, dan bersahaja.

Terus Bergerak dan Berkarya Dengan Semangat Anti Korupsi Demi Kemajuan Bangsa, Sesuai Tema Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa."

Dirgahayu Kejaksaan Republik Indonesia. Terima kasih atas seluruh pengabdian.

Selamat merayakan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-60

H. Firli Bahuri: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…

Presiden Direktur Dharma Polimetal, Irianto Santoso

Kamis, 25 April 2024 - 11:26 WIB

Konsisten Bagikan Dividen, DRMA Incar Pertumbuhan Dobel Digit di 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.