Bantu Ringankan Beban Pengemudi Ojol, Pemilik Kedai Satay Kato Kopi Berikan Makan & Minum Gratis

Oleh : Ridwan | Sabtu, 28 Maret 2020 - 14:32 WIB

Fuda Fajrin, pemikik Kedai Satay Kopi membagikan makan & minum gratis bagi para ojol (ojek online)
Fuda Fajrin, pemikik Kedai Satay Kopi membagikan makan & minum gratis bagi para ojol (ojek online)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pengemudi atau driver ojek online (ojol) menjadi salah satu korban dari ganasnya wabah COVID-19 alias virus corona. Sejak diterapkan physical distancing dan work from home (WFH) mereka sangat sulit mendapatkan pesanan.

Banyak ojol yang curhat di media sosial dan bahkan diangkat oleh beberapa media. Mereka yang berpenghasilan harian khawatir tak bisa memenuhi kebutuhannya.

Melihat situasi seperti ini, Yuda Fajrin, pemilik Kedai Satay Kato Kopi tergerak hatinya untuk membantu dan meringankan beban para ojek online yang terus berjuang mencari nafkah meskipun dalam situasi pandemi Covid-19.

"Kami memahami, mereka (ojol) sangat terdampak dalam situasi sekarang. Keadaan ini memang sulit untuk mereka, karena itu kami dari Satay Kato Kopi ingin membuat sebuah kegiatan Berjuang bersama teman-teman ojol," kata Yuda kepada Industry.co.id di Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

Awal cerita, terang Yuda, dirinya sebagai pelaku usaha kuliner UMKM beberapa waktu lalu menerima 2 (dua) orderan melalui aplikasi pesanan makanan daring, namun yang datang tiga orang pengemudi ojol. Yuda mengira pengemudi ojol ketiga ingin mengantarkan suatu barang, rupanya hanya pengemudi ojol yang tengah sedih karena belum dapat orderan dan belum makan.

"Sedih banget dengernya," ungkap Yuda.

"Guys, mungkin kita sekarang alhamdulillah bisa merasakan work form home (WFH), tapi bagaimana dengan mereka? Mungkin kita sekarang bisa melindungi diri dari virus corona, namun bagaimana dengan mereka? Mereka tidak punya pilihan, pertaruhkan kesehatan mereka demi memberikan nafkah ke keluarga. Mari berikan semangat kepada mereka dengan berbagi," seru Yuda di sosial media.

Tergerak dari situasi tersebut, Yuda membuat program "Memberikan Makan & Minum Gratis bagi para ojol". Program ini berlangsung dari tanggal 25 - 31 Maret 2020, mulai pukul 12 siang - 9 malam.

Dalam kesempatan ini, Yuda berharap seluruh pengusaha UMKM dapat mendukung program tersebut untuk membantu dan meringankan beban para pengemudi ojol.

"Bagi yang ingin turut menyumbang berupa dana untuk diolah menjadi makanan-minuman-kotak nasi, bisa ditransfer melalui rekaning BCA - 2860079782 atas nama: Marsha Natika," terangnya.

"Kami tau, apa yang kami lakukan ini juga berisiko. Kami akan membuat prosedur keamanan seperti penyemprotan cairan disinfektan, menggunakan masker, menjaga jarak dalam antrian, menggunakan sarung tangan, tidak berkumpul, & selalu menggunakan hand sanitizer untuk menjaga kebersihan. Bismillah, terima kasih atas kebaikan hati teman-teman semua," tutup Yuda.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prof Wiku Adisasmito BNPB

Minggu, 31 Mei 2020 - 09:20 WIB

11 Indikator Kesehatan Daerah Bisa Beraktivitas Normal

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyebutkan terdapat 11 indikator kesehatan masyarakat agar bisa kembali ke aktivitas ekonomi produktif dan aman…

Penelitian Kelalawar (ist)

Minggu, 31 Mei 2020 - 09:02 WIB

Astaga...Peneliti China Buka Suara, Akui Virus Corona Bukan Berasal dari Pasar Hewan di Wuhan!

Peneliti China Mengakui Bahwa Virus Corona Bukan Berasal dari Pasar Tradisional di Wuhan. Pengakuan mengejutkan dunia internasional ini berasal dari seorang peneliti senior yang juga pejabat…

Komisi III DPR RI Sari Yuliati

Minggu, 31 Mei 2020 - 08:38 WIB

Satu Kelas SD Bisa Capai 40 Murid, DPR Cantik Ini Desak Pemerintah Harus Tegas Terapkan Protokol Kesehatan di Sekolah

Pemerintah berencana menerapkan new normal atau tatanan baru di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) di sejumlah sektor, tak terkecuali di sektor pendidikan. Menanggapi rencana tersebut, Anggota…

Ilustrasi Koperasi (ist)

Minggu, 31 Mei 2020 - 08:15 WIB

Kisruh Penindakan 35 Koperasi, DPR: Satgas Investasi Wajib Gesit Tapi juga harus Cermat

Anggota DPR RI Fraksi PKS, Junaidi Auly mengomentari Satgas Waspada Investasi yang keliru telah melakukan penindakan terhadap 35 Koperasi. ā€œSatgas Waspada Investasi memang wajib mewaspadai…

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Minggu, 31 Mei 2020 - 08:00 WIB

Gubernur Jabar Persilahkan 15 Daerah Terapkan New Normal

Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mempersilahkan 15 dari total 27 daerah yang dipimpin bupati dan wali kota untuk membuka aktivitas atau kegiatan masyarakat dalam era kenormalan baru…