Salesforce Meluncurkan Pro Suite, Solusi CRM Terpadu untuk UKM

Oleh : Hariyanto | Senin, 15 April 2024 - 18:50 WIB

Pro Suite
Pro Suite

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Salesforce meluncurkan edisi terbaru Pro Suite yang tersedia di market Indonesia. Sebuah solusi yang fleksibel, terukur, dan lengkap untuk membantu usaha kecil dan menengah (UKM) memulai dan mengembangkan bisnis mereka menggunakan teknologi AI CRM nomor #1. Didukung oleh Platform Einstein 1 dan Data Cloud dari Salesforce, Pro Suite dapat membantu pelanggan meningkatkan operasi bisnis mereka melalui satu solusi yang praktis dan mudah digunakan.

Pelaku UKM mendominasi setidaknya 99% bisnis di Indonesia, dengan total lebih dari 62 juta unit usaha, dan berkontribusi lebih dari 61% terhadap PDB Indonesia. Saat ini, banyak UKM Indonesia yang sangat membutuhkan bantuan untuk meningkatkan skala bisnis mereka melalui digitalisasi. Sebuah studi menunjukkan bahwa 60% UKM di Indonesia telah merasakan manfaat digitalisasi terhadap bisnis mereka, misalnya kemudahan dalam mencari penyedia barang dan jasa serta menjangkau pelanggan. 

"UKM memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, yang berkontribusi secara signifikan terhadap bisnis dan lapangan kerja. UKM biasanya kesulitan untuk meningkatkan skala bisnis mereka ke tahap pertumbuhan lebih lanjut karena keterbatasan sumber daya untuk mengelola proses yang lebih kompleks. Upaya menemukan cara-cara baru guna meningkatkan efisiensi dan melakukan inovasi sangat penting dilakukan untuk menghadapi tantangan dan lanskap bisnis yang semakin kompetitif," ujar Sujith Abraham, Senior Vice President dan General Manager Salesforce ASEAN. 

"Pro Suite membantu UKM untuk mengurai data silos yang menjadi penghambat mereka dalam menggunakan AI dan otomatisasi, serta menciptakan sistem yang terintegrasi untuk data pelanggan dengan Data Cloud. Ini merupakan inti dari terjalinnya hubungan yang lebih dalam dengan pelanggan. Sebagai solusi yang terjangkau, intuitif, dan terukur, Pro Suite menempatkan UKM pada posisi yang tepat untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi, serta menjawab tantangan bisnis di Indonesia saat ini." imbuhnya. 

Dengan menggunakan Pro Suite, UKM dapat melakukan hal-hal berikut:

- Mengidentifikasi data yang terpisah di seluruh sistem teknologi dan departemen, dan menciptakan 360 derajat visibilitas pelanggan dengan Data Cloud. Hal tersebut mendukung CRM, AI, otomatisasi, dan analitik di seluruh proses bisnis.

- Meningkatkan proses menarik calon pelanggan dengan menggunakan format kampanye, personalisasi konten, dan analisis performa untuk menjangkau prospek dengan pesan yang tepat pada waktu yang tepat.

- Mendorong penjualan yang lebih cepat dengan estimasi, penawaran, dan pembayaran online langsung untuk mempermudah perolehan pendapatan.

- Menjawab pertanyaan pelanggan secara cepat dengan kapabilitas berbicara dan memberikan pesan secara langsung yang tersedia pada  website dan aplikasi pelanggan.

- Memaksimalkan keunggulan AI CRM melalui AppExchange salesforce marketplace, tersedia berbagai penyedia solusi cloud perusahaan yang terpercaya, dengan ekosistem yang terdiri dari aplikasi dan tim ahli untuk membantu mendorong kesuksesan di berbagai industri, departemen, atau produk.

Pro Suite mengembangkan kemampuan  Starter Suite oleh Salesforce, aplikasi CRM terpadu yang dilengkapi teknologi kecerdasan buatan (AI) sehingga dapat membantu UKM menjangkau, mendapatkan hingga mempertahankan pelanggan. Salesforce meluncurkan Starter Suite pada tahun 2023 untuk membekali UKM dengan CRM yang sederhana serta berbeda dari yang sudah ada dan dengan fitur yang mudah digunakan.  

Sistem ini memungkinkan karyawan untuk mengerjakan tugas-tugas penting dengan cepat, termasuk melacak prospek penjualan, menangani kasus layanan pelanggan, mengirim email ke pelanggan, mencatat pembayaran langsung, dan masih banyak lagi.

Pro Suite dirancang dengan menggunakan Platform Einstein 1, sebuah platform berskala enterprise yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan UKM untuk mendukung UKM agar dapat menjalankan bisnisnya dengan mudah menggunakan solusi yang sesuai dengan kebutuhan, serta memastikan mereka dapat berkembang dengan lancar. 

Pro Suite menawarkan pertumbuhan tanpa batas dari Starter Suite diperuntukan bagi  bisnis yang sedang berkembang dengan menyediakan perangkat yang dibutuhkan untuk mendukung proses bisnis yang lebih kompleks. 

Selain daripada kapabilitas yang ditawarkan starter suite, Pro Suite menyediakan fitur-fitur canggih dan fitur lain yang lebih banyak, seperti otomatisasi alur kerja dan proses, estimasi dan penawaran penjualan, serta live chat untuk layanan pelanggan. Pro Suite tersedia untuk market indonesia dengan dibanderol dengan harga $100 per pengguna setiap bulannya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mobil listrik

Sabtu, 18 Mei 2024 - 17:57 WIB

Strategi Marketing Dalam Penjualan Kendaraan Listrik atau EV

Dunia transportasi tengah mengalami transformasi besar dengan kemunculan kendaraan listrik (EV) sebagai pemain utama. Hal ini menandakan pergeseran menuju era baru dalam mobilitas manusia, di…

Prescon HI Drone Dragrace 2 di PIK 2

Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:27 WIB

HOGERS Indonesia Gelar Balapan Motor Besar Harley Davidson

HOGERS Indonesia menggelar lomba balapan dan ketangkasan motor Harley terbesar di Indonesia. Event berskala Nasional buatan HOGERS Indonesia Drag Race of National Event 2 (HIDRONE2) ini dilaksanakan…

Implementasi IoT untuk pertanian

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:02 WIB

Jadi Mitra Kemkominfo, MSMB Implementasi Sistem Pintar Berbasis IoT untuk 7 Green House di Temanggung

PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), start up agritech dari Sleman, Yogyakarta, baru-baru ini menjadi mitra layanan implementasi teknologi berbasis IoT (Internet of Things) Kementerian…

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:37 WIB

Telkomsat dan Starlink Tandatangani Kerja Sama Layanan Segmen Enterprise di Indonesia

Telkomsat dan Starlink melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) untuk layanan segmen enterprise berbagai wilayah di Indonesia.

Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), menggelar talkshow Bincang Dekranas yang mengusung tema “Fashion dan Kriya Indonesia Mendunia” dalam rangkaian agenda Perayaan HUT Dekranas ke-44 di Kota Surakarta.

Sabtu, 18 Mei 2024 - 13:31 WIB

Bikin Bangga! Produk Industri Fesyen dan Kriya RI Mampu Bersaing di Pasar Global

Kementerian Perindustrian berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan sektor industri kerajinan dan fesyen di tanah air karena potensi pasarnya yang besar dan diyakini dapat berdaya saing…