Cegah Banjir, Jababeka Siapkan Team Water Management Siap Tanggap 24 Jam Non-Stop

Oleh : Hariyanto | Rabu, 26 Februari 2020 - 12:59 WIB

Debit air di Kota Jababeka
Debit air di Kota Jababeka

INDUSTRY.co.id - Jababeka - Jabodetabek kembali dilanda banjir hingga 2 hari berturut-turut yakni mulai dari tanggal 24 – 25 Februari 2020. Curah hujan yang sangat tinggi jelas menjadi pemicu utama bencana banjir kembali terjadi di sejumlah tempat di Jabodetabek.

Kejadian tersebut juga mengakibatkan debit air sungai yang bertambah terus menerus di sejumlah bantaran sungai hingga pada akhirnya volume air ini tak lagi dapat tertampung lagi.

Mengutip langsung laporan dari Badan Metreologi , Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bahwa pada tanggal 24-25 Februari 2020, kawasan Jabodetabek tercatat memiliki insensitas hujan yang ekstrem yakni diatas 150 mm per hari  nya.

Keadaan cuaca yang ekstrem ini dipengaruhi oleh dinamika atmosfer skala lokal dimana adanya pertemuan massa udara atau konvergensi yang memanjang dari Jawa Barat hingga NTB.

Musibah banjir serupa juga dialami di beberapa kawasan di kota Jababeka yang merupakan imbas dari intensitas hujan yang tinggi dalam tiga hari belakangan ini.

Namun, Jababeka tak hanya berdiam diri, sejumlah tindakan sigap telah dilakukan team lapangan Jababeka dalam menyikapi musibah banjir yang juga sedang melanda di sejumlah perkotaan besar lainnya.

Adapun tindakan yang dilakukan oleh Jababeka sendiri yakni mengaktifkan sistem pompa air berkapasitas besar (dengan daya sampai dengan 1000 liter / detik ) selama 24 jam non-stop, memberikan jasa storing kendaraan serta evakuasi bagi warga/ karyawan yang terjebak banjir, hingga meyediakan persediaan makanan bagi korban kebanjiran.

Dengan dukungan SDM professional, Jababeka memastikan seluruh pelayanan ini tersedia kapan saja dan bagi siapa saja yang membutuhkan.

Jababeka juga telah membentuk Team Jababeka Water Management yang ditugaskan secara khusus untuk menangani perihal banjir di kota Jababeka dan bekerja sama bersama warga, polisi serta pemerintah Kabupaten Bekasi.

Tim khusus ini telah mempersiapkan langkah-langkah strategis baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang yang nantinya akan diimplementasikan dalam skala mikro dan juga makro dalam mengatasi musibah banjir ini.

"Pada tahun 2020, curah hujan akan semakin meningkat lebih tinggi mulai bulan Januari sampai Maret. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk tetap berwaspada dan sigap dalam menghadapi cuaca ekstrem ini," kata Kepala BMKG – Dwikorita Karnawati.

Sebagai info, bagi warga Jababeka yang membutuhkan bantuan, Team Jababeka Water Management Siap membantu 24 jam Non-Stop dengan menghubungi hotline : 0819-0151-9000 (Industri) & 0878-7647-6805 (Rescomm).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

On Robot

Selasa, 07 April 2020 - 22:25 WIB

OnRobot Soft Gripper Brings Highly Flexible, Food-Grade-Certified Handling to Challenging Pick-and-Place Applications

The new OnRobot food-grade Soft Gripper is able to pick a wide array of irregular shapes and delicate items in food and beverage, cosmetics and pharmaceuticals production, as well as manufacturing…

Atal Depari Ketum PWI

Selasa, 07 April 2020 - 22:15 WIB

Lindungi Wartawan, Ketum PWI Atal Depari: Panduan Peliputan Wabah Covid-19 Berlaku Mulai Rabu 8 April 2020

Wartawan yang akan meliput wabah Covid-19 harus memiliki pengetahuan yang memadai mengenai Covid-19. Selain itu wartawan yang sedang dalam status diduga atau dalam pengawasan penyakit Covid-19…

Prajogo Pangestu

Selasa, 07 April 2020 - 21:36 WIB

Tambah Rp10 miliar, Total Gelontoran Sumbangan Covid-19 Prajogo Pangestu Capai Rp40 miliar

Prajogo Pangestu, Founder dan Chairman Barito Pacific Group kembali menyalurkan bantuan untuk penanganan pandemi COVID-19 sebesar Rp 10 Miliar. Bantuan dikirimkan ke Yayasan BUMN Hadir Untuk…

Kuehne + Nagel

Selasa, 07 April 2020 - 21:05 WIB

Kuehne + Nagel launches eShipAsia to meet the logistics needs of Intra-Asia shippers

Kuehne + Nagel launches eShipAsia – an online logistics platform enabling Intra-Asia shippers to optimise every shipment based on the route, transit time and cost instantly.

Bambang Widjojanto: Aktivis Hak Azasi (Foto Dok Berita Satu)

Selasa, 07 April 2020 - 21:00 WIB

Janji Keadilan untuk Pak Ketua MA Baru

Selamat dan sukses kepada DR. M. Syarifuddin yang sudah terpilih sebagai Ketua MA menggantikan DR M. Hatta Ali yang memasuki usia pensiun.