Cegah Banjir, Jababeka Siapkan Team Water Management Siap Tanggap 24 Jam Non-Stop

Oleh : Hariyanto | Rabu, 26 Februari 2020 - 12:59 WIB

Debit air di Kota Jababeka
Debit air di Kota Jababeka

INDUSTRY.co.id - Jababeka - Jabodetabek kembali dilanda banjir hingga 2 hari berturut-turut yakni mulai dari tanggal 24 – 25 Februari 2020. Curah hujan yang sangat tinggi jelas menjadi pemicu utama bencana banjir kembali terjadi di sejumlah tempat di Jabodetabek.

Kejadian tersebut juga mengakibatkan debit air sungai yang bertambah terus menerus di sejumlah bantaran sungai hingga pada akhirnya volume air ini tak lagi dapat tertampung lagi.

Mengutip langsung laporan dari Badan Metreologi , Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bahwa pada tanggal 24-25 Februari 2020, kawasan Jabodetabek tercatat memiliki insensitas hujan yang ekstrem yakni diatas 150 mm per hari  nya.

Keadaan cuaca yang ekstrem ini dipengaruhi oleh dinamika atmosfer skala lokal dimana adanya pertemuan massa udara atau konvergensi yang memanjang dari Jawa Barat hingga NTB.

Musibah banjir serupa juga dialami di beberapa kawasan di kota Jababeka yang merupakan imbas dari intensitas hujan yang tinggi dalam tiga hari belakangan ini.

Namun, Jababeka tak hanya berdiam diri, sejumlah tindakan sigap telah dilakukan team lapangan Jababeka dalam menyikapi musibah banjir yang juga sedang melanda di sejumlah perkotaan besar lainnya.

Adapun tindakan yang dilakukan oleh Jababeka sendiri yakni mengaktifkan sistem pompa air berkapasitas besar (dengan daya sampai dengan 1000 liter / detik ) selama 24 jam non-stop, memberikan jasa storing kendaraan serta evakuasi bagi warga/ karyawan yang terjebak banjir, hingga meyediakan persediaan makanan bagi korban kebanjiran.

Dengan dukungan SDM professional, Jababeka memastikan seluruh pelayanan ini tersedia kapan saja dan bagi siapa saja yang membutuhkan.

Jababeka juga telah membentuk Team Jababeka Water Management yang ditugaskan secara khusus untuk menangani perihal banjir di kota Jababeka dan bekerja sama bersama warga, polisi serta pemerintah Kabupaten Bekasi.

Tim khusus ini telah mempersiapkan langkah-langkah strategis baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang yang nantinya akan diimplementasikan dalam skala mikro dan juga makro dalam mengatasi musibah banjir ini.

"Pada tahun 2020, curah hujan akan semakin meningkat lebih tinggi mulai bulan Januari sampai Maret. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk tetap berwaspada dan sigap dalam menghadapi cuaca ekstrem ini," kata Kepala BMKG – Dwikorita Karnawati.

Sebagai info, bagi warga Jababeka yang membutuhkan bantuan, Team Jababeka Water Management Siap membantu 24 jam Non-Stop dengan menghubungi hotline : 0819-0151-9000 (Industri) & 0878-7647-6805 (Rescomm).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.