Cegah Banjir, Jababeka Siapkan Team Water Management Siap Tanggap 24 Jam Non-Stop

Oleh : Hariyanto | Rabu, 26 Februari 2020 - 12:59 WIB

Debit air di Kota Jababeka
Debit air di Kota Jababeka

INDUSTRY.co.id - Jababeka - Jabodetabek kembali dilanda banjir hingga 2 hari berturut-turut yakni mulai dari tanggal 24 – 25 Februari 2020. Curah hujan yang sangat tinggi jelas menjadi pemicu utama bencana banjir kembali terjadi di sejumlah tempat di Jabodetabek.

Kejadian tersebut juga mengakibatkan debit air sungai yang bertambah terus menerus di sejumlah bantaran sungai hingga pada akhirnya volume air ini tak lagi dapat tertampung lagi.

Mengutip langsung laporan dari Badan Metreologi , Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bahwa pada tanggal 24-25 Februari 2020, kawasan Jabodetabek tercatat memiliki insensitas hujan yang ekstrem yakni diatas 150 mm per hari  nya.

Keadaan cuaca yang ekstrem ini dipengaruhi oleh dinamika atmosfer skala lokal dimana adanya pertemuan massa udara atau konvergensi yang memanjang dari Jawa Barat hingga NTB.

Musibah banjir serupa juga dialami di beberapa kawasan di kota Jababeka yang merupakan imbas dari intensitas hujan yang tinggi dalam tiga hari belakangan ini.

Namun, Jababeka tak hanya berdiam diri, sejumlah tindakan sigap telah dilakukan team lapangan Jababeka dalam menyikapi musibah banjir yang juga sedang melanda di sejumlah perkotaan besar lainnya.

Adapun tindakan yang dilakukan oleh Jababeka sendiri yakni mengaktifkan sistem pompa air berkapasitas besar (dengan daya sampai dengan 1000 liter / detik ) selama 24 jam non-stop, memberikan jasa storing kendaraan serta evakuasi bagi warga/ karyawan yang terjebak banjir, hingga meyediakan persediaan makanan bagi korban kebanjiran.

Dengan dukungan SDM professional, Jababeka memastikan seluruh pelayanan ini tersedia kapan saja dan bagi siapa saja yang membutuhkan.

Jababeka juga telah membentuk Team Jababeka Water Management yang ditugaskan secara khusus untuk menangani perihal banjir di kota Jababeka dan bekerja sama bersama warga, polisi serta pemerintah Kabupaten Bekasi.

Tim khusus ini telah mempersiapkan langkah-langkah strategis baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang yang nantinya akan diimplementasikan dalam skala mikro dan juga makro dalam mengatasi musibah banjir ini.

"Pada tahun 2020, curah hujan akan semakin meningkat lebih tinggi mulai bulan Januari sampai Maret. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk tetap berwaspada dan sigap dalam menghadapi cuaca ekstrem ini," kata Kepala BMKG – Dwikorita Karnawati.

Sebagai info, bagi warga Jababeka yang membutuhkan bantuan, Team Jababeka Water Management Siap membantu 24 jam Non-Stop dengan menghubungi hotline : 0819-0151-9000 (Industri) & 0878-7647-6805 (Rescomm).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dokter Reisa Tim Komunikasi Covid-19

Sabtu, 19 September 2020 - 12:06 WIB

Tolong Dicatat! Data Kematian Pasien Covid-19 Kemenkes Disoal, Dokter Reisa: Data di RS Online Belum Terkonfirmasi Hasil Lab

Satgas Penanganan Covid-19 meluruskan perdebatan soal terjadinya perbedaan data kematian pasien Covid-19 yang dicatat Kementerian Kesehatan dan Rumah Sakit Online.  Juru Bicara Satgas Penanganan…

Tren Penjualan Produk Kesehatan dan Kecantikan Meningkat 10 Kali Lipat pada Kampanye Belanja Daring

Sabtu, 19 September 2020 - 12:00 WIB

Tren Penjualan Produk Kesehatan dan Kecantikan Meningkat 10 Kali Lipat pada Belanja Daring

Adapun produk kesehatan dan kecantikan yang paling banyak terjual di berbagai platform e-commerce seperti Shopee, Lazada, Akulaku, JD.ID dan Blibli pada periode kampanye belanja daring 9 September…

Dokter Reisa Tim Komunikasi Covid-19

Sabtu, 19 September 2020 - 11:48 WIB

Pecahkan Rekor, Indonesia Cetak 4.088 Pasien Sembuh Perhari, Reisa: Kompak dan Disiplin Yuk Tegakkan 3 M, Kita Bisa!

Indonesia mencatat rekor baru penambahan kasus pasien sembuh harian Covid-19 tertinggi sejak kasus pertama di umumkan Presiden Joko Widodo pada Maret lalu.  "Saat ini angka kesembuhan menembus…

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso

Sabtu, 19 September 2020 - 11:41 WIB

Peran Sektor Jasa Keuangan dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

Ekonomi adalah sektor yang terpukul paling keras. Demi mengurangi dampak, pemerintah membuat program pemulihan ekonomi nasional yang ditetapkan dalam peraturan pemerintah no Peraturan Pemerintah…

Ilustrasi Migas

Sabtu, 19 September 2020 - 11:25 WIB

SKK Migas Sudah Tidak Ideal, Komisi VII Dorong Pertamina Jadi BUMN Khusus Pelaksana Migas  

Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto meminta Pemerintah segera mengkonsolidasikan diri untuk merevisi Undang-Undang (UU) Nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi (Migas).  Mengingat sebelumnya…