Kadin Usulkan Upah Pekerja yang Berkualitas Bukan Upah Murah

Oleh : Ridwan | Kamis, 28 November 2019 - 12:30 WIB

Hari Buruh Internasional May Day (Foto Dok Industry.co.id)
Hari Buruh Internasional May Day (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengusulkan upah yang diberikan kepada pekerja bukan upah murah, melainkan upah yang berkualitas.

"Dari dulu begini, Kadin selalu mengusulkan bukan upah murah. Tapi upah berkualitas yang didasari produktivitas," kata Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Industri Johnny Darmawan di Jakarta (27/11).

Ia menilai tidak adil bila membandingkan upah dari segi nilai atau besaran tanpa melihat produktivitas kerja yang dihasilkan.

Dicontohkan Johnny, Malaysia yang memiliki standard gaji lebih besar, tapi dari segi per produktivitas lebih tinggi Indonesia.

 

"Perusahaan membayar itu tetap ada untung karena produktivitas. Kalau produktif enggak tercapai tapi gaji jalan terus, biaya cost naik terus lama-lama tutup," jelasnya.

Adapun imbalan kepada pekerja di Indonesia menurut Johnny terbilang besar jika dibanding dengan produktivitasnya. "Bukan cuma kita [yang menilai] pengamat, investor nilai sangat tinggi. Misalnya nilai pesangon dan lain-lain," kata Johnny.

Pembahasan upah minimum di Indonesia sudah diatur PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan. Namun setiap tahunnya persoalan kenaikan upah selalu menjadi polemik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peduli ODHA, Pegadaian Serahkan Bantuan Sebesar Rp.41 Juta di Sragen

Jumat, 24 Januari 2020 - 21:56 WIB

Peduli ODHA, Pegadaian Serahkan Bantuan Sebesar Rp.41 Juta di Sragen

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Pemimpin Wilayah Pegadaian Semarang Mulyono kepada penerima bantuan berinisial AS.

Bioskop CGV* Cinemas

Jumat, 24 Januari 2020 - 21:37 WIB

Lanjutkan Ekspansi di 2020, CGV Luncurkan Layar Starium di Bogor

Hadir dengan tujuh layar pada debutnya di Sentul Bogor kini CGV* ada di 68 lokasi dengan 396 layar yang tersebar di 35 kota dan 16 Provinsi di Indonesia

 Menkominfo Johnny G Plate mengadakan pertemuan dengan President Qualcomm Cristiano Amon

Jumat, 24 Januari 2020 - 21:18 WIB

Menkominfo Bahas Kerja Sama Pengembangan Teknologi 5G dengan Qualcomm di Davos

Menteri Johnny menyampaikan bahwa Indonesia berpeluang besar dan sedang bersiap untuk menjadi digital hub di kawasan Asia.

Evelina F. Pietruschka selaku Presiden Komisaris WanaArtha Life.

Jumat, 24 Januari 2020 - 18:32 WIB

WanaArtha Life Ambil Bagian di World Economic Forum Annual Meeting 2020

Switzerland-PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau yang lebih dikenal dengan WanaArtha Life kembali ambil bagian di World Economic Forum Annual Meeting 2020 yang ke-50, tanggal 21-24 Januari…

Komoditas Porang

Jumat, 24 Januari 2020 - 17:49 WIB

Kementan Fasilitasi Madiun Bangun Kawasan Porang Genjot Ekspor

Tanaman porang saat ini mulai dilirik untuk dikembangkan secara luas. Pasalnya, produk dari komoditas ini mempunyai manfaat yang luar biasa. Yang paling menarik untuk dijadikan bahan baku kosmetik…