South Pacific Viscose Rampungkan Pengerukan Sungai Citarum

Oleh : Hariyanto | Selasa, 19 November 2019 - 15:00 WIB

South Pacific Viscose Rampungkan Pengerukan Sungai Citarum
South Pacific Viscose Rampungkan Pengerukan Sungai Citarum

INDUSTRY.co.id - Purwakarta - Produsen serat berbahan dasar dari kayu, PT. South Pacific Viscose (SPV) melakukan penyelesaian pengerukan sedimentasi pada tepi Sungai Citarum di ruas Kampung Sawah, Desa Cilangkap, Kabupaten Purwakarta. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya SPV untuk revitalisasi dan pencegahan pencemaran lingkungan serta menerapkan praktik bisnis yang berkelanjutan. 

Venkatachalam Sundararajan, Direktur  PT. South Pacific Viscose mengatakan aktivitas pengerukan ini merupakan salah satu dari aktivitas corporate social responsibility (CSR) dimana SPV berkomitmen menjadi perusahaan hijau dan ramah lingkungan. Pengerukan dilakukan dengan luas sekitar 1.912 meter persegi, serta ketebalan 3 meter dan volume 5.736 meter kubik.

"Seluruh perkerjaan pengerukan sedimen di Sungai Citarum telah selesai sesuai dengan rencana. Dengan tetap berkomitmen pada lingkungan bersih dan hijau , aktivitas ini hendaknya dilihat bukan dari pemborosan tetapi sebagai suatu kewajiban perusahaan," kata Venkatachalam Sundararajan disela-sela upacara Penyelesaian Pekerjaan Pengerukan Sungai Citarum, yang berlokasi di Dermaga BCL ( Bandar Citarum Lestari ), di Jalan Kampung Sawah, Desa Cilangkap, Kabupaten Purwakarta, Selasa (19/11/2019).

Venkatachalam Sundararajan mengungkapkan, pengerukan sedimen Sungai Citarum tersebut dikerjakan berdasarkan izin dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  dengan Nomor  517 Tahun 2019 yang seluruh pengerjaanya dilakukan oleh kontraktor dari Purwakarta.

Turut hadir dalam acara Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, Bambang Riyanto, dan Duta Besar Austria untuk Indonesia Helene Steinhausl, serta Widi Nugroho Sahib selaku Head of Corporate Affairs - PT. South Pacific Viscose.

"Kami terus proaktif dan inovatif dalam mengimplementasikan dukungan swasta dan masyarakat pada program Citarum Harum dengan karya nyata serta komitmen yang kuat dalam permberdayaan masyarakat sebagai wujud nyata dari praktik bisnis berkelanjutan PT. South Pacific Viscose, sesuai arahan Lenzing AG dari Austria sebagai induk perusahaan kami", ujar Widi.

Selain pengerukan sungai, lanjut Widi, SPV juga melakukan penghijauan pada tepi Sungai Citarum dengan menanam sekitar lebih dari 1.000 pohon Trembesi, pohon Mangga, pohon Kelapa, pohon Nangka, serta pohon Ekaliptus dan rumput Vetiver. Disamping itu, SPV juga membuat 2 lokasi RPTH yaitu singkatan dari Ruang Publik Terbuka Hijau, masing-masing : RPTH Taman Cikarikil dan RPTH Dermaga BCL ( Bandar Citarum Lestari ) yang terbuka untuk umum. 

"Di tahun 2017, perusahaan mendapatkan predikat PROPER Biru selama tiga tahun berturut-turut. Saat ini kami tengah melaksanakan berbagai aktivitas dan kegiatan  untuk mendapatkan PROPER Hijau, salah satunya dengan melakukan program CSR yang berkelanjutan. Kami  tidak ingin sebatas  menjadi perusahaan yang patuh tetapi ingin menjadi standar acuan industri dalam hal sustainability," tambah Widi.

SPV juga berkontribusi aktif melalui  berbagai kegiatan lain seperti revitalisasi lahan negara dari tempat pembuangan sampah warga menjadi kebun buah – buahan, pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Eco Village berupa kegiatan : pengelolaan sampah rumah tangga  (Bank Sampah Mandiri) dan pertanian sayur hidroponik di Kampung Ciasem dan Kampung Ciroyom, pembuatan Biogas sebagai energi terbarukan bagi warga desa. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan Garmin Brand Store ketiga di Indonesia

Rabu, 15 Juli 2020 - 12:15 WIB

Gandeng Erajaya Group, Garmin Buka Toko Ketiganya di Indonesia

Garmin Indonesia hari ini mengumumkan pembukaan Garmin Brand Store ketiga di Indonesia bersama PT. Erafone Artha Retailindo, anak usaha Erajaya Group. Garmin Brand Store yang baru dibuka berlokasi…

CEO Indodax Oscar Darmawan

Rabu, 15 Juli 2020 - 12:01 WIB

Setelah Dogecoin, Kini Giliran Aurora Naik 350 Persen Dalam Sehari

Di market Indodax.com, harga Aurora meningkat dari Rp53 per koin pada 12 Juli 2020. Kemudian, Aurora meningkat menjadi Rp242 pada 13 Juli malam.

Amelia Hapsari Terpilih Sebagai Anggota Terbaru Academy Award

Rabu, 15 Juli 2020 - 12:00 WIB

Amelia Hapsari, Terpilih Sebagai Anggota Terbaru Academy Award

Salah seorang kurator film dokumenter untuk Festival Film Indonesia, Amelia Hapsari terpilih sebagai anggota terbaru Academy Award. Ke depannya beliau berhak memberikan voting untuk menentukan…

POCO F2 Pro

Rabu, 15 Juli 2020 - 11:37 WIB

Wih Xiaomi Hadirkan POCO F2 Pro di Indonesia, Ngegame Bakal Makin Lancar Nih

POCO F2 Pro dibekali dengan Qualcomm® Snapdragon™ 865 -- prosesor Qualcomm yang didukung CPU Kryo™ 585 octa-core dan GPU Adreno™ 650, yang menawarkan peningkatan performa hingga 25% dibandingkan…

Redmi 9

Rabu, 15 Juli 2020 - 11:18 WIB

Incar Segmen Menengah Kebawah, Ini Redmi 9 Generasi Jawara Terbaru dari Xiaomi

Redmi 9 merupakan seri Redmi pertama dengan konfigurasi empat kamera belakang. Konfigurasi ini terdiri dari lensa wide-angle 13MP, lensa ultra-wide angle 8MP, lensa makro 5MP dan depth sensor…