TOD Podomoro Golf View Jadi Contoh Solusi Transportasi Masyarakat JaBoDek

Oleh : Ridwan | Rabu, 18 September 2019 - 11:15 WIB

Diskusi bertajuk 'Peran TOD sebagai Solusi Transportasi Masyarakat, Khususnya Jakarta Depok Bogor'
Diskusi bertajuk 'Peran TOD sebagai Solusi Transportasi Masyarakat, Khususnya Jakarta Depok Bogor'

INDUSTRY.co.id - Cimanggis - Pengembangan hunian berbasis Transit Oriented Development (TOD) dinilai mampu memecahkan problematika yang disebabkan oleh kemacetan di Kota Jakarta. 

Dalam pengembangannya, kawasan TOD harus memenuhi 5 (lima) aspek transportasi yaitu konektivitas/keterhubungan, alih moda, angkutan umum, berjalan kaki, dan bersepeda.

Istilah TOD makin massif terdengar. Bahkan beberapa tahun terakhir, pengembangan proyek berbasis TOD mengemuka, menyusul pembangunan beberapa proyek infrastruktur transportasi seperti Mass Rapid Transit (MRT) dan juga Light Rail Transit (LRT).

Kehadiran transportasi massal dinilai sebagai fasilitas yang wajib disediakan untuk kemudahan pergerakan orang-orang yang tinggal di kawasan hunian berbasis TOD.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengatakan, saat ini ada setidaknya 53 titik di Jabodetabek yang potensial dikembangkan menjadi TOD (transit oriented development) yang lokasinya berdekatan atau terkoneksi langsung dengan sarana moda transportasi massal seperti kereta api, LRT, MRT dan transportasi bus Transjabodetabek.

Ke-53 TOD tersebut jika sudah terealisasi seluruhnya, diyakini akan mengubah pola pergerakan orang setiap harinya dari kebiasaan menggunakan kendaraan pribadi dan beralih ke transportasi publik. 

Namun, Bambang mengingatkan untuk membangun 53 titik TOD tersebut cukup berat karena butuh kerjasama dengan banyak pihak. Saat ini, baru sekitar 10 titik TOD yang sudah dan sedang dikembangkan di Jabodetabek.

"Dua tahun lalu pergerakan orang baru mencapai 45 juta, tahun ini sudah mencapai 88 juta. Naik hampir 2 kali lipat. Kalau kita tidak percepat, Jakarta akan mengalami kemacetan," ujar Bambang di acara diskusi bertajuk 'Peran TOD sebagai Solusi Transportasi Masyarakat, Khususnya Jakarta Depok Bogor, di Podomoro Golf View (PGV), Selasa (17/9).

Bambang menyatakan, tugas BPTJ cukup berat, karena itu BPJT tidak bisa kerja sendirian. Kami tidak hanya mengurus pergerakan orang tapi juga angkutan barang.

"BPTJ punya peran mempercepat peralihan perpindahan orang, dengan mengubah gaya orang bepergian dari mengandalkan angkutan pribadi ke angkutan umum. Tantangannya memang cukup berat. Tugas BPTJ adalah bagaimana sinergikan angkutan dengan pengembang. Selama ini mereka autis, jalan sendiri-sendiri," ungkapnya.

Dia mencontohkan, TOD Podomoro Golf View yang saat ini dibangun di kawasan Cimanggis, Gunung Putri, Bogor, ada peran PT PPD bekerja sama dengan pengembang Agung Podomoro mengkoneksikan warga hunian TOD Podomoro Golf View ke Stasiun LRT.

Kawasan Podomoro Golf View sendiri telah diresmikan oleh pemerintah sebagai Kawasan TOD pada 21 April 2018 lalu. "Diharapkan hadirnya TOD Gunung Putri di PGV ini dapat membantu masyarakat sekitar dalam mobilisasi dengan moda yang aman, murah dan mudah dengan mobilisasi tinggi," pungkasnya.

Direktur Agung Podomoro Land, Paul Christian menjelaskan, pengembangan kota baru 
Podomoro Golf View merupakan salah satu cara pihaknya dalam mendukung pemerintah 
mengatasi kemacetan. Di kawasan hunian terpadu yang dibangun terdapat stasiun LRT, park 
and ride serta feeder untuk kendaraan umum. 

"Dengan fasilitas yang ada, baik penghuni 
maupun masyarakat sekitar dapat memanfaatkan dengan baik sehingga bisa mengurangi penggunaan kendaraan pribadi," jelasnya. 

Menurut Paul, adanya perubahan kebiasaan dari mobil pribadi ke transportasi publik pasti akan terjadi di semua kota besar di dunia, dan Indonesia khususnya Jabodetabek sedang menuju ke arah sana secara bertahap namun pasti. 

"Jadi kita sudah mempersiapkan saat ini, nantinya kawasan dengan TOD itu akan jadi pilihan favorit ke depannya," terang Paul.

Upaya lainnya adalah dengan menyediakan seluruh kebutuhan masyarakat di PGV, mulai dari pendidikan, kesehatan, wisata, dan sebagainya, sehingga diharapkan meminimalisir perjalanan 
ke luar kawasan. 

"Jadi kita ajak trend ke depan seperti apa dengan menghadirkan PGV. Dan Kawasan PGV diperkirakan akan dihuni sekitar 60 ribu jiwa," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

Jumat, 26 April 2024 - 14:21 WIB

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan. PGE Area Kamojang berhasil…