Tingkatkan Pasokan BBM Bangka Belitung, Elnusa Petrofin Resmikan Operasional TBBM Tanjung Pandan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 14 Agustus 2019 - 15:20 WIB

Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Haris Syahrudin
Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Haris Syahrudin

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam rangka meningkatkan pasokan BBM Subsidi, BBM NPSO (BBM Non Subsidi) /BBM Industri di wilayah Bangka Belitung, Pertamina (Persero) menunjuk PT  Elnusa Petrofin  untuk mengelola dan mengoperasikan TBBM Tanjung Pandan.

Acara seremonial yang menandai dimulainya operasional TBBM tersebut secara resmi pada selasa (13/8/2019) siang dengan disambut dengan tarian sambutan tradisional belitung, penyerahan sekapur sirih untuk para undangan dan doa bersama.

Dalam peresmian, turut hadir Direktur Logistik, Supply Chain, dan Infrastruktur (LSCI) PT Pertamina (Persero) Bapak Gandhi Sriwidodo, VP Suppy & Distribution PT Pertamina (Persero) Fariz Asiz, GM MOR II Sumbagsel Primarini, Direktur SDM & Umum RM. Happy Paringhadi, Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Haris Syahrudin, dan Direktur Operasional & Marketing PT Elnusa Petrofin Nur Kholis. sementara dari Pihak pemerintahan Belitung di hadiri oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan. Drs. H. Jasagung Hariyadi, M.Si. beserta tim Muspida Kabupaten Belitung.

Dalam Sambutannya, Gandhi Swiridodo mengatakan bahwa peresmian ini merupakan penyambutan atas kembalinya Jobber Belitung ke Pangkuan Pertamina melalui PT Elnusa Petrofin (EPN).

“Semoga dengan pengelolaan yang dioperasikan oleh EPN pasokan BBM semakin lebih baik, seiring dengan UU 22 Tahun 2001 dimana salah satunya fungsi kita untuk untuk mendistribusikan BBM ke seluruh pelosok daerah untuk menjunjung keadilan energi,” kata Gandhi melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Rabu (14/8/2019).

Sementara, Haris Syahrudin mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk melakukan berbagai macam pengembangan tersebut dengan melakukan revitalisasi agar TBBM Tanjung Pandan menjadi lebih baik.

"Selain itu, diharapkan agar pengelolaan ini bisa meningkatkan dan menjaga ketahanan stok untuk kebutuhan BBM di wilayah Bangka Belitung sehingga kehadiran kami membawa manfaat baik untuk masyarakat”, ujar Haris Syahrudin.

Peresmian ini ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Haris Syahrudin  selaku Direktur Utama PT. Elnusa Petrofin dan Gandhi Sriwidodo selaku Direktur Logistik, Supply Chain, dan Infrastruktur (LSCI) PT Pertamina (Persero). Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan pita dikawasan 0 TBBM Tanjung Pandan oleh Nur Kholis dan RM. Happy Paringhadi disaksikan oleh tamu undangan beserta Muspida Kabupaten Belitung.

Pemerintah Kabupaten Belitung menyambut baik atas peresmian TBBM hari ini. Harapannya, untuk dapat melakukan koordinasi yang baik antar pemerintah dan pengelola TBBM. Hal ini dikarenakan BBM merupakan komoditas paling vital di wilayah belitung mengikuti perkembangan perekonomian Belitung yang mengalami peningkatan sebanyak 600%.

“Kedepannya, kami akan melakukan pengembangan tangki avtur demi mensupport penerbangan domestik dan Internasional. selain itu, kami juga berharap kedepannya untuk bisa mengembangkan Fasilitas LPG berupa terminal sebagai implementasi konvensi kebijakan pemerintah. Sehingga, kehadiran Elnusa Petrofin memberikan banyak manfaat seluas-luasnya baik disekitar TBBM maupun wilayah Bangka Belitung”, tutup Haris Syahrudin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 05 Juni 2020 - 12:43 WIB

Menteri PUPR Ajak REI dan Perbankan Tingkatkan Transaksi Digital Bidang Perumahan

Kementerian PUPR sendiri melalui Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan telah meluncurkan Aplikasi…

Peternakan sapi perah

Jumat, 05 Juni 2020 - 12:36 WIB

Sentra Susu Cipageran, Bukti Sukses Wirausaha Muda

Belakangan ini pengembangan usaha peternakan yang berorientasi bisnis sekaligus meningkatkan pendapatan peternak banyak ditemui. Hal tersebut pun menjadi nyata ditangan seorang Rina Rosdianawati,…

Let Jen Doni Monardo, Ketua Gugus Tugas Penanganan Cofid 19

Jumat, 05 Juni 2020 - 12:08 WIB

Ketua Gugas Cofid 19 Sampaikan Akan Buka 9 Sektor Ekonomi di 102 Kab/Kota

Pemerintah telah memulai tahapan rencana pembukaan sembilan sektor ekonomi dan penetapan 102 Kabupaten/Kota untuk pelaksanaan program masyarakat produktif dan aman Covid-19. Kesembilan sektor…

Blibli Dukung Industri Pariwisata Memasuki New Normal Melalui Teknologi

Jumat, 05 Juni 2020 - 12:05 WIB

Blibli Dukung Industri Pariwisata Memasuki New Normal Melalui Teknologi

Sejak COVID-19 merebak di Indonesia, Blibli telah menjalankan berbagai inisiatif untuk menopang beragam industri di tanah air agar pelaku usaha dapat mempertahankan laju bisnis mereka. Memasuki…

Musisi Ote Abadi ( kiri), Profesor Djoko gunawan (akademisi), Gus Nuh (Pelukis), Al Hakim Al Hadhy, SSR,ME (akademisi) dan Koko (GSUI)

Jumat, 05 Juni 2020 - 12:03 WIB

Lewat GSUI, Pelukis, Musisi dan Akademisi Sumbang Karya Demi Atasi Dampak Pandemi Cofid19

Semakin hari dampak pandemi Cofid19 semakin dirasakan oleh masyarakat. Banyak yang kehilangan penghasilan karena harus mengalami PHK, banyak juga yang penghasilannya berkurang jauh karena bekerja…