Pemerintah Bantah akan Ada Impor Cabai

Oleh : Herry Barus | Senin, 12 Agustus 2019 - 10:00 WIB

Cabai Rawit (ilustrasi)
Cabai Rawit (ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta  - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita membantah informasi adanya rencana impor cabai oleh Kementerian Perdagangan sebagai upaya menurunkan harga cabai.

"Belum ada permohonan, kan kita harus ada rekomendasi dulu," kata Mendag usai menghadiri Seminar Nasional bertajuk "Transformasi Ekonomi untuk Indonesia Maju" di Jakarta, Jumat (9/8/2019)
 

Hal senada disampaikan Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Perdagangan dan Jasa Lasminingsih kepada awak media. Ia menyampaikan bahwa Kemendag tidak akan mengimpor cabai karena bukan komoditas yang tahan lama.

"Masa mau impor cabai, itu kan komoditas yang tidak tahan lama," kata Lasminingsih.

Menurut dia, harga kebutuhan pokok secara nasional relatif stabil. Hanya cabai yang harganya relatif mahal karena ketersediaannya sedikit terganggu.

Ia memperkirakan harga cabai kembali pulih atau normal pada akhir Agustus 2019, karena awal September para petani akan mulai panen cabai, sehingga ketersediaannya di pasaran akan melimpah.

Dalam jangka pendek, Kemendag juga akan melakukan berbagai langkah strategis untuk menekan peningkatan harga cabai di pasaran.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama Bank Muamalat Achmad K Permana dan Blibli.com jalin kerjasama

Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:05 WIB

Bank Muamalat Tebar Hadiah di Muka Bagi Penabung

Jakarta - Bank Muamalat memberikan program hadiah bagi penabung baik yang lama dan yang baru. Uniknya hadiah diberikan diawal saat akan menabung, ini hal yang berbeda dan sangat menarik bagi…

Marmer Batu Aalam

Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:03 WIB

Penjualan Produk Marmer Turun Dampak Lesunya Sektor Properti

Penjualan produk marmer dan batu alam di dalam negeri mengalami penurunan di tahun ini. Penurunan tersebut merupakan imbas dari lesunya sektor properti.

Pelukis Seruni Bodjawati (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 12:00 WIB

Perempuan-Perempuan Menggugat Karya Pelukis Seruni Bodjawati

Ternyata seni lukis juga menjadi catatan sejarah perjalanan perjuangan kaum perempuan. Hak itu dibuktikan oleh pelukis Seruni Bodjawati dalam pameran tunggalnya yang berlangsung mulai 21- 31…

Menteri Pertanian Amran Sulaiman panen jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:59 WIB

Kualitas dan Harga Jagung Lokal Lebih Bagus

Jakarta - Pengamat Ekonomi Politik Pertanian Universitas Trilogi, Muhamad Karim menilai harga jagung lokal lebih bagus dibandingkan harga jagung impor adalah wajar. Pasalnya, saat ini jagung…

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:30 WIB

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mendorong BUMN terus berkontribusi untuk memajukan olahraga di Tanah Air melalui pembinaan atlet-atlet dan berbagai program pemberdayaan.