Pendapatan Pelayaran Tamarin Samudra Meningkat 2,94%

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 27 Juni 2019 - 15:56 WIB

RUPST PT Pelayaran Tamarin Samudra Tbk, pada Kamis (27/6/2019 memutuskan pergantian Dewan Komisaris perseroan yaitu Aditya Prathama sebagai Komisaris Independen yang digantikan oleh Alfathia Baharnuradi
RUPST PT Pelayaran Tamarin Samudra Tbk, pada Kamis (27/6/2019 memutuskan pergantian Dewan Komisaris perseroan yaitu Aditya Prathama sebagai Komisaris Independen yang digantikan oleh Alfathia Baharnuradi

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Pelayaran Tamarin Samudra Tbk (TAMU) yang digelar perseroan pada Kamis (27/6/2019,  mencatatkan perseroan pada tahun 2018 mengalami peningkatan pendapatan 2,94% menjadi US$15,27 juta dari capaian tahun sebelumnya US$14,84 juta.

Peningkatan ini terutama diperoleh dari Segmen Usaha Charter Hire, yang merupakan bisnis utama Perseroan. Namun Perseroan membukukan kenaikan rugi komprehensif sebesar 22,18% menjadi sebesar USD3,8 juta disebabkan oleh beban operasional yang mengalami peningkatan.

“Perseroan mengalami rugi disebabkan oleh beban operasional yang mengalami peningkatan,” ungkap Direktur sekaligus Corporate Secretary Perseroan, Leo A. Tangkilisan di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2019).

Leo A. Tangkilisan mengatakan, “Pada tahun 2018 Perseroan berhasil memperpanjang kontrak kapal Petroleum Excelsior hingga tahun 2022”.

Peristiwa penting yang terjadi di tahun 2019 adalah :

• Pendirian 2 Entitas Anak yaitu PT Sentra Samudra Tamarin dan PT Sentra Sukses Gemilang. Tujuan pendirian Entitas Anak tersebut adalah sebagai penunjang kegiatan usaha Perseroan.

• Penyelenggaraan RUPSLB pada tanggal 2 Mei 2019 yang menyetujui perubahan susunan Direksi dan menyetujui pemecahan nilai nominal (Stock Split) dengan rasio 1:10. Pada tanggal 25 Juni 2019 merupakan awal perdagangan saham dengan nilai nominal baru di Pasar Reguler dan Pasar Negosiasi. Dengan demikian jumlah saham tercatat Perseroan adalah 37.500.000.000 (tiga puluh tujuh miliar lima ratus juta) lembar.

• Penjanjian Kerjasama Operasional dengan PT Duta Lintas Transportasi (“DLT”). Perseroan akan melakukan seluruh kegiatan operasional kapal, termasuk penyediaan kru atau awak kapal, sedangkan DLT akan menyediakan kapalnya.

Public Expose ini diselenggarakan setelah penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (“RUPST”). RUPST Perseroan menyetujui 5 (lima) agenda rapat, yaitu menyetujui Laporan Tahunan dan Pengesahan Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2018, menyetujui penetapan honorarium anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan, menyetujui penunjukan Akuntan Publik untuk melakukan audit Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2019, menyetujui perubahan susunan Dewan Komisaris dan menyetujui perubahan Pasal 3 Anggaran Dasar Perseroan untuk disesuaikan dengan KBLI 2017.

Leo A. Tangkilisan, mengatakan, PT Pelayaran Tamarin Samudra Tbk,  memutuskan untuk tidak membagikan dividen atas tahun buku perseroan pada 2018.

Dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) tersebut, perseroan juga memutuskan untuk tidak menebar dividen kepada para pemegang saham.

“Sesuai dengan laporan audit 2018 perseroan masih membukukan rugi, dengan sangat menyesal kami tidak membagikan dividen,” ujar Leo A. Tangkilisan usai RUPST, Kamis (27/6/2019).

Dalam RUPST tersebut, diputuskan juga pergantian Dewan Komisaris perseroan yaitu Aditya Prathama sebagai Komisaris Independen yang digantikan oleh Alfathia Baharnuradi.

Dengan demikian, terhitung sejak ditutupnya RUPST tersebut, susunan Dewan Komisaris dan Dewan Direksi Pelayaran Tamarin Samudra menjadi sebagai berikut:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama.       : Alwie Handoyo

Komisaris                    : Rachmat Hardjadinata

Komisaris Independen: Alfatiha Baharnuradi

Dewan Direksi

Direktur Utama    : Kardja Rahardjo

Direktur                : Leo A. Tangkilisan

Direktur.               : Edi Purwanto

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tokoh Budaya Nasional Ibu Dr. BRA. Mooryati Soedibyo Telah Berpulang

Rabu, 24 April 2024 - 09:11 WIB

Tokoh Budaya Nasional Ibu Dr. BRA. Mooryati Soedibyo Telah Berpulang

Dengan rasa duka cita yang mendalam, kami menyampaikan bahwa salah satu perempuan terbaik Indonesia, Ibu Dr. BRA. Mooryati Soedibyo, telah meninggalkan kita dalam kedamaian pada hari Rabu, jam…

Peran perempuan di sektor parekraf

Rabu, 24 April 2024 - 09:10 WIB

UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism Jadi Momen Perkuat Peran Perempuan di Sektor Parekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, pelaksanaan 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism in Asia and the Pacific di Bali…

Jababeka Residence

Rabu, 24 April 2024 - 08:12 WIB

Jababeka Residence Sukses Bikin Sektor Properti di Timur Jakarta Berkembang Pesat

Pengembangan properti yang dilakukan oleh Jababeka Residence di kota hijau Cikarang telah menjadi barometer industri properti di Timur Jakarta. Selain memiliki fasilitas infrastruktur terlengkap…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Rabu, 24 April 2024 - 06:38 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Rabu, 24 April 2024 - 06:29 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Guna menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan kemampuan menembak Pistol, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi…