Generasi Milenial Topang Penerapan Ekonomi Digital

Oleh : Ridwan | Jumat, 17 Mei 2019 - 21:50 WIB

Ilustrasi Pekerja Milenial
Ilustrasi Pekerja Milenial

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) dalam memasuki era revolusi industri 4.0. 

Program berupa reskilling (pelatihan kemampuan baru) dan upskilling (peningkatan kemampuan) menjadi kunci pengembangan SDM yang berkualitas dalam mengimplementasikan ekonomi digital.

"Karena itu, pemerintah fokus memacu agar anak-anak muda yang termasuk generasi milenial di Tanah Air paham terhadap dunia digital," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, Jumat (17/5).

Menperin menilai, generasi milenial sangat berperan penting dalam menerapkan industri 4.0. Apalagi, Indonesia akan menikmati masa bonus demografi hingga tahun 2030. Artinya, sebanyak 130 juta jiwa yang berusia produktif dapat mengambil kesempatan baru untuk mengembangkan bisnis di era digital.

"Jadi reskilling dan upskilling itu diperlukan karena digitalisasi ekonomi membutuhkan skill set yang berbeda dengan ekonomi sebelumnya. Jadi, anak-anak muda kita perlu paham atau literasi terhadap dunia digital," jelasnya.

Dalam menyongsong era industri digital, pemerintah juga menargetkan terciptanya 1.000 technopreneur pada tahun 2020, dengan valuasi bisnis mencapai USD100 miliar dan total nilai e-commerce sebesar USD130 miliar. 

"Saat ini, Indonesia sudah punya empat unicorn, dan mereka semuanya tumbuh bukan bagian dari konglomerasi sehingga membentuk wirausaha baru yang kuat," ungkapnya.

Namun demikian, menurut Airlangga, minimal ada tiga pengetahuan yang harus dikuasai oleh generasi milenial, yakni bahasa Inggris, coding, dan statistik. 

"Dalam industri digital, bahasanya yang digunakan adalah coding, baik itu dalam ekosistem Android maupun IoS. Kemudian juga digunakan dalam internet of things  dan artificial intelligence," imbuhnya.

Sementara itu, ilmu statistik menjadi penting karena untuk memahami pengetahuan terhadap data. Apalagi, dalam era ekonomi digital, big data bagian yang tak pernah terpisahkan. 

"Pengetahuan-pengetahuan ini wajib dikuasai oleh anak-anak muda kita, sehingga mereka bisa masuk dalam ekonomi digital yang besar," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO Indodax - Oscar Darmawan

Kamis, 17 Juni 2021 - 14:47 WIB

Harga Bitcoin Naik Kembali ke Level USD40.000, Pertama Kali Dalam Satu Bulan Terakhir

Harga Bitcoin kembali ke level USD40.000 atau sekitar Rp570 jutaan untuk pertama kalinya dalam satu bulan terakhir. Salah satu penyebabnya adalah Elon Musk telah menyatakan Tesla akan kembali…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 17 Juni 2021 - 14:45 WIB

Lindungi Industri Keramik, Menperin Agus: Pemerintah Akan Perpanjang Safeguard Ubin Keramik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memastikan akan memperpanjang safeguard ubin keramik yang masa berlakunya berakhir pada Oktober 2021.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melihat buah Porang

Kamis, 17 Juni 2021 - 14:39 WIB

Komisi IV Apresiasi Kementan dan Mendorong Jawa Timur Jadi Produsen Utama Porang

Anggota Komisi IV DPR RI, Ema Umiyyatul Chusnah mendorong budidaya tanaman porang di Provinsi Jawa Timur semakin menggeliat. Menurut Ema, tanaman porang adalah komoditas prospektif yang bisa…

Menteri Keuangan Sri Mulyani (dok Kemenkeu)

Kamis, 17 Juni 2021 - 14:18 WIB

Alhamdulillah! Sri Mulyani Berikan Kabar Gembira Buat Jutaan Perempuan Indonesia

Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Webinar Platform for Collaboration on Tax (PCT)Tax & SDGs Event Series: Tax and Gender Workshop⁣ di Jakarta, mengungkapkan sebuah kabar baik dimana menurutnya,…

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Memperkuat Kerjasama Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Iran (Dok: Kemenparekraf)

Kamis, 17 Juni 2021 - 14:15 WIB

Indonesia dan Iran Jalin Kerjasama Sektor Parekraf

Sebagai upaya mendorong pariwisata dan budaya, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memperkuat kerjasama sektor pariwisata…