Bendung Katulampa Dilengkapi Internet of Thing

Oleh : Wiyanto | Rabu, 06 Maret 2019 - 15:01 WIB

 EGM Reseller Mitratel, Eko Santoso dan Kepala Bidang Bina Manfaat, Boy Iman Nugraha mewakili Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat (kiri ke kanan)
EGM Reseller Mitratel, Eko Santoso dan Kepala Bidang Bina Manfaat, Boy Iman Nugraha mewakili Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat (kiri ke kanan)

INDUSTRY.co.id

Bogor - Mitratel bersama Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat menandatangani perjanjian kerjasama dalam rangka pemasangan alat sensor pengukur level air di Bendung Katulampa.

Acara yang digelar di Bogor tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Bina Manfaat, Boy Iman Nugraha mewakili Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat dan EGM Reseller Mitratel, Eko Santoso.

Kerjasama ini dilakukan dalam upaya untuk penanggulangan banjir dengan memaksimalkan teknologi sebagai peringatan dini bencana.

Eko Santoso mengatakan, bahwa teknologi internet of thing dapat dimanfaatkan di hampir semua bidang termasuk dalam memonitor dan memberikan peringatan dini terhadap datangnya bencana. Saat ini Mitratel sebagai bagian dari Telkom Group telah mendesign salah satu system penanganan potensi bencana.

"Kami salah satu perusahaan penyedia infrastruktur, yang selanjutnya dengan tools IT dapat mendigitalisasi hal-hal yang selama ini dilakukan secara manual. Dengan data hasil pembacaan sensor ini akan dikirim melalui GPS ke server dan selanjutnya ditampilkan melalui web display yang dapat diakses melalui laptop dan smartphone kapan dan dimana saja. Sehingga memberikan value bagi petugas dan masyarakat sekitar untuk meningkatkan kewaspadaan," katanya di Bogor, Rabu (6/3/2019).

Ia katakan, sensor yang dipasang mampu memaksimalkan antisipasi potensi banjir yang akan melanda Jakarta. Sebabnya Bendung Katulampa menjadi salah satu indikator utama peringan dini banjir yang melanda Jakarta.

Alat sensor ini, merupakan salah satu tools yang diciptakan untuk peringatan dini bencana. Sebelumnya Mitratel telah menciptakan Elamos (early warning system stunami), sebuah tools yang dapat dipasang di tempat- tempat dan pusat keramaian yang terhubung langsung dengan dasboard system yang dimiliki boleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PLN Hentikan 11 Proyek Pembangkit Listrik Kapasitas 147 MW

Jumat, 24 Mei 2019 - 13:27 WIB

Libur Lebaran, PLN Matikan 20 Pembangkit Listrik

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero akan mematikan 20 pembangkit listrik miliknya menyusul adanya potensi penurunan daya listrik di Hari Raya Lebaran.

Saleh Husin Ketua Majelis Wali Amanat UI (MWA UI) (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 13:00 WIB

Jelang Pemilihan Rektor UI, Majelis Wali Amanat Bentuk Panitia Penjaringan Kandidat

Guna menjaring kandidat terbaik dalam pemilihan rektor, Panitia Khusus Pemilihan Rektor Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia telah membentuk Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor…

BGR Logistics Jalin Kerjasama dengan PTP

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:58 WIB

Perkuat Layanan dan Bisnis Logistik, BGR Logistics Jalin Kerjasama dengan PTP

Nota kesepahaman tersebut berisikan tentang pelayanan kegiatan bongkar muat dan integrasi sistem logistik.

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:30 WIB

Sesalkan Aksi Pembakaran Mapolsek Tambelangan, Khofifah Dukung Polri Usut Tuntas

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyesalkan aksi pembakaran Mapolsek Tambelangan, Sampang, Jawa Timur. Khofifah mendorong Polisi segera memproses hukum siapapun pelaku dan provokator…

BCA (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:00 WIB

Digelar BCA Autoshow Padang 2019, Pelayanan Kebutuhan pada Kendaraan Bermotor

Inisiatif PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam memberikan pelayanan kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan bermotor kembali diwujudnyatakan dalam gelaran BCA Autoshow 2019 pada tanggal 21 Mei…